Cara Mengolah Talas Menjadi Keripik yang Lezat & Tidak Bikin Gatal

Umbi talas (sumber: prota4u.org) Umbi talas (sumber: prota4u.org)

Talas termasuk salah satu jenis umbi-umbian yang bisa diolah dan dikreasikan menjadi aneka makanan, salah satunya keripik. Namun, saat hendak mengolah talas menjadi keripik rupanya perlu memperhatikan carapenanganan yang benar agar tidak gatal dan hasilnya ketika digoreng benar-benar menggugah selera.

Dilansir dari Wikipedia, talas, keladi, atau seratah (Colocasia esculenta L.) adalah tumbuhan penghasil umbi-umbian yang cukup penting. Tanaman ini berasal dari suku talas-talasan atau Araceae. Diduga asli berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan, talas diperkirakan telah dibudidayakan manusia sejak zaman purba, bahkan pada zaman sebelum padi ditanam orang.

Kini talas telah menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk India, Tiongkok, Afrika Barat dan Utara, dan Hindia Barat. Talas merupakan makanan pokok, selain sukun, di beberapa kepulauan di Oseania. Di Indonesia, talas populer ditanam di hampir semua daerah.

Keripik talas merupakan salah satu jenis snack yang banyak diproduksi di daerah pegunungan. Di Bogor dan Malang jenis snack ini seringkali menjadi oleh-oleh. Talas jika di daerah Jawa Timur disebut bentul, merupakan jenis umbi-umbian yang banyak tumbuh di dataran tinggi. Warnanya sedikit keunguan. Salah satu olahan yang terkenal adalah keripik talas yang diiris tipis memanjang seperti batang korek api. Diberi warna sedikit kuning keripik ini terlihat begitu menarik. Rasanya gurih dan khas umbi talas.[1]

Baca juga:  Cara Membuat Bika Ubi dengan Resep yang Sederhana

Nah, agar lebih paham, simak ulasan lengkap mengenai cara mengolah talas menjadi keripik dan resep keripik talas berikut ini!

Cara Mengolah Talas Menjadi Keripik

  • Jemur talas. Agar talas tidak menyebabkan gatal, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menjemurnya. Sinar matahari diyakini bisa membantu menyebabkan senyawa penyebab gatal pada talas menguap. Sebelum dijemur, kupas dulu talas yang akan diolah, lalu jemur sekitar 2 jam. Tekstur talas mungkin akan kering dan kurang sedap apabila dijemur terlalu lama.
  • Cuci talas beberapa kali. Tips berikutnya untuk mengolah talas menjadi keripik adalah dengan mencucinya terlebih dahulu di air mengalir. Caranya, gosok pelan permukaan talas yang sudah dikupas sampai getahnya benar-benar hilang bersama air. Cuci beberapa kali sampai air rendaman talas bening.
  • Rendam dengan air garam. Cara mudah berikutnya adalah dengan merendam talas di air hangat dan garam selama 30 menit hingga 1 jam. Garam yang mengandung natrium disebut bisa mengangkat kalsium oksalat pada talas dan menambah rasa gurih ketika talas digoreng.
  • Rebus talas. Agar tidak menyebabkan gatal, Anda juga bisa merebus talas sebentar saja selama 15 menit.
Keripik talas (instagram: @lowtoxlife)

Keripik talas (instagram: @lowtoxlife)

Jika sudah paham cara mengolah dan membersihkan talas, berikut resep keripik talas yang mudah dan sederhana untuk dipraktikkan di rumah.

Baca juga:  Pereda Nyeri, Apakah Semua Obat Asetaminofen Aman untuk Ibu Hamil?

Resep Keripik Talas

Bahan Keripik Talas

  • 1 kg talas
  • 1 bungkus kaldu ayam bubuk (contohnya Masako kemasan sachet)
  • 1/2 sdm (sendok makan) margarin
  • Secukupnya air
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Keripik Talas

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Kupas talas, lalu cuci bersih. Iris tipis talas menggunakan pisau atau parutan. Lakukan sampai selesai. Usahakan ketebalannya seragam.
  2. Cuci talas yang diiris tadi hingga benar-benar bersih dan tidak berlendir. Anda bisa mencucinya hingga 6 kali, tujuannya agar getahnya hilang sehingga tidak gatal dan ketika digoreng menghasilkan warna yang cantik tidak kecokelatan.
  3. Larutkan secukupnya air matang dan beri kaldu ayam bubuk. Aduk sampai kaldu bubuk larut. Ambil secukupnya talas, lalu rendam selama 5-10 menit.
  4. Panaskan minyak goreng dan beri sedikit margarine, tunggu minyak benar-benar panas dan margarin tercampur. Masukkan talas yang sudah direndam tadi, goreng dan biarkan sampai tekstur talas kuat, baru diaduk.
  5. Goreng talas sampai kering dan matang (minyak tidak berbuih), angkat dan tiriskan. Simpan keripik talas dalam toples atau wadah kedap udara. Keripik talas pun siap disajikan sebagai camilan kapan saja.
Baca juga:  Tak Cuma Bikin Sushi Makin Nikmat, Telur Ikan Terbang Ternyata Simpan Beragam Manfaat

Jika ingin keripik talas yang lebih gurih dan variatif, Anda juga bisa menambahkan bubuk cabe atau bumbu bubuk rasa lainnya seperti barbeque, rumput laut, jagung bakar, atau masih banyak lagi.

[1]Alamsyah, Y. 2010. 30 Resep & Peluang Usaha Snack Kering Dalam Kemasan. Petra AB, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 44.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*