Sudah Tahu Belum? Ini Manfaat & Cara Mengolah Kacang Macadamia

Jenis Kacang Macadamia - www.chandrafoods.comJenis Kacang Macadamia - www.chandrafoods.com

Anda sudah pernah mencicipi kacang macadamia? Kacang satu ini disebut-sebut sebagai salah satu kacang termahal di dunia karena harga per kilogramnya yang bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Untuk memakan kacang ini pun butuh usaha yang tidak mudah karena macadamia memiliki kulit atau cangkang yang cukup keras, sehingga untuk mengolah kacang macadamia pun butuh teknik khusus.

Makadamia adalah pohon dengan batang berkulit licin berwarna cokelat terang, yang bisa tumbuh sampai setinggi 20 m. Bentuk tajuk makadamia tak beraturan. Bentuk tajuk ini dipengaruhi oleh bentuk percabangannya yang juga tidak beraturan. Daun macadamia berwarna hijau gelap, dengan permukaan licin mengilap. Bentuk daun lanset seperti gada kecil. Bagian ujung daun membulat, lebih lebar dari bagian pangkalnya. Panjang daun 15 cm, dengan lebar 5 cm.

Bunga makadamia berbentuk seperti sikat halus sepanjang 15 cm, dengan warna mulai dari putih, pink, purple, dan bertepal empat. Bunga keluar dari salah satu ketiak daun pada ranting-ranting yang kecil. Buah makadamia tumbuh pada tangkai bunga berupa dompolan. Ukuran dan bentuk buah makadamia, mirip dengan duku, hanya tangkai makadamia lebih panjang, dan warna kulitnya hijau gelap.

Baca juga:  Selain Mempunyai Buah Besar yang Segar, Lengkeng Hawai Mengandung Zat Anti Depresan

Bagian lunak dari kulit makadamia sangat tipis, selanjutnya berupa tempurung yang sangat keras, meskipun tebalnya hanya sekitar 1 mm. Di dalam tempurung inilah terdapat “kacang makadamia” berbentuk bulat, berdiameter 3 cm berwarna putih kekuningan, lunak, dan rasanya gurih. Makadamia memang merupakan salah satu tumbuhan penting penghasil kacang (nut).

Manfaat Kacang Macadamia - www.sunnylandfarms.com

Manfaat Kacang Macadamia – www.sunnylandfarms.com

Selain menghendaki agroklimat yang kering, makadamia juga perlu lahan yang berdrainase baik. Sebab meskipun menghendaki iklim kering, makadamia tetap perlu air tanah banyak, namun tidak sampai tergenang. Tanah vulkanis yang gembur lebih disukai makadamia. Makadamia hanya bisa tumbuh baik pada elevasi di atas 1.000 mdpl. Karena dia memerlukan suhu pada malam hari di bawah 15°C, dan pada siang hari di atas 25°C. Namun makadamia tidak tahan pada suhu udara di bawah 10°C.

Dataran tinggi di kawasan NTT yang kering dan dingin, sangat cocok untuk budidaya makadamia secara komersial. Makadamia mengandung Omega-3, Omega-6, dan Omega-9, dan vitamin E sebagai antioksidan kuat dan mengandung serat tinggi.

Baca juga:  Sulit Cari Alkohol? Begini Cara Membuat Hand Sanitizer Tanpa Alkohol

Manfaat Macadamia

Macadamia merupakan tanaman penghasil kacang yang rasanya lezat, enak, halus getas, berwarna putih kekuningan dan beraroma sedap dengan sentuhan sedikit manis. Kacang macadamia banyak dipergunakan dalam industri makanan seperti kue kering, es krim, dan permen cokelat.

Kacangnya dihasilkan dari buah yang bentuknya bundar dengan dilapisi batok atau tempurung biji yang keras. Khasiat lain untuk obat adalah pemulihan kecanduan alkohol, memulihkan gangguan hati/liver, mengatasi anemia, meningkatkan kesehatan secara umum dengan memperbaiki sistem kekebalan tubuh, dan mengatur kadar glukosa darah.[1]

Mengolah Kacang Macadamia

Cara Membuka Kacang Macadamia dari Kulitnya

Kacang macadamia memiliki kulit yang sangat keras untuk dipecahkan, bahkan setelah direbus atau dipanggang terlebih dahulu. Cara memecahkan kulit macadamia agar kacang yang lembut di dalamnya tidak hancur bisa menggunakan alat pemecah macadamia yang khusus tersedia di toko-toko.

Cara Mengolah Kacang Macadamia - isinginthekitchen.files.wordpress.com

Cara Mengolah Kacang Macadamia – isinginthekitchen.files.wordpress.com

Jika tidak memiliki alat pemecah kacang macadamia, Anda bisa menggunakan bantuan alat pertukangan seperti tang grip dan palu. Anda bisa memukulkan palu ke atas kacang. Anda dapat mencoba menempatkan tekanan palu di celah cangkang kacang agar terbuka dengan baik. Angkat palu ketika cangkang kacang mulai terbuka.

Baca juga:  Hal Seputar Retinol & Cara Penggunaannya Pada Kulit Sensitif

Cara Memanggang Kacang Macadamia

  1. Letakkan biji-biji kering kacang macadamia dalam loyang secara rapi dan rata.
  2. Kemudian oven kacang macadamia pada suhu 135 derajat celsius selama 20-30 menit.
  3. Bolak-balikkan kacang macadamia supaya matang secara merata.
  4. Angkat kacang macadamia jika warnanya sudah berubah menjadi kuning keemasan.
  5. Kacang macadamia panggang pun siap untuk dikonsumsi.

Kacang macadamia yang dimasak dengan cara dipanggang menggunakan oven memiliki cita rasa yang gurih. Anda bisa mencoba metode mengolah kacang macadamia dengan cara dipanggang lalu dimakan begitu saja atau dicampur dalam sajian kue/cake, cokelat, dan sebagainya.

[1]Ulung, G dkk. 2014. Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Berkhasiat Obat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: