Penyebab dan Cara Ampuh Obati Selangkangan Lecet

Ilustrasi: penari balet meregangkan kakiIlustrasi: penari balet meregangkan kaki

Banyak orang yang mungkin tidak memedulikan kulit di bagian selangkangan atau paha dalam. Tak jarang mereka juga sering memakai celana ketat berbahan nilon, padahal berbahaya bagi kesehatan kulit. Gesekan antara kain atau benda-benda dengan permukaan kasar, dapat menyebabkan lecet atau iritasi. Meskipun begitu, ada banyak cara untuk mengobati selangkangan lecet atau iritasi yang bisa Anda lakukan.

Penyebab Kulit Selangkangan Lecet

Dilansir dari allure, kulit paha bagian dalam memiliki tekstur yang lebih lembut dan tipis dibanding kulit bagian tubuh lainnya. Hal ini yang membuat selangkangan lebih rawan terhadap luka lecet atau iritasi kulit. Selain itu, kulit paha bagian dalam memiliki risiko yang tinggi terhadap peradangan.

Ada banyak faktor yang membuat kulit paha bagian dalam mengalami lecet dan iritasi. Kulit bisa iritasi jika terkena bahan iritan, seperti kain baju, logam, dan bahan kimia berbahaya.[1] Tingkat risiko lecet dan iritasi pada kulit selangkangan bisa meningkat dua kali lipat saat udara terlalu panas atau terlalu dingin.

Pada musim panas dengan suhu udara di atas rata-rata, maka udara cenderung lembap. Jika Anda kurang memperhatikan pakaian yang Anda pakai, saat Anda memakai celana panjang ketat berbahan nylon atau kain yang tidak memiliki daya serap tinggi, maka kulit di bagian paha dalam akan lembap.

Baca juga:  Rekomendasi Lulur Pemutih Badan Alami Dan Permanen
Ilustrasi: paha kaki

Ilustrasi: paha kaki

Kelembapan yang berlebihan dan tidak segera diatasi, dapat mengiritasi kulit Anda. Apalagi jika Anda memiliki kondisi berkeringat lebih. Keringat yang tidak segera diserap kain akan mengendap di bagian kulit dan membuat kulit menjadi sarang bakteri. Sementara itu, gesekan kain pada kulit yang lembap mampu membuat kulit lecet.

Selain Anda akan merasa nyeri akibat luka lecet yang dihasilkan, bakteri yang mengendap di kulit mampu memperparah luka Anda. Secara umum, iritasi yang terjadi pada kulit paha bagian dalam ditandai dengan warna kemerahan, peradangan, rasa gatal, hingga sensasi panas yang datang secara berselang-seling.

Sementara itu, luka lecet dan iritasi akibat udara dingin berbeda dengan udara panas. Pada saat udara sedang dingin, maka sebagian besar kulit di tubuh Anda akan kekurangan air dan cenderung mengering. Kekeringan kulit tidak hanya terjadi di bagian bibir atau wajah, begitu juga dengan kulit selangkangan.

Baca juga:  Beberapa Referensi Produk Wardah Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Jika kekeringan kulit terus dibiarkan, kulit paha bagian dalam bisa bersisik, kasar, dan pecah-pecah. Hal ini akan lebih fatal jika Anda memakai baju atau celana panjang yang ketat. Permukaan kain yang bergesekan dengan kulit selangkangan yang kering dapat membuat kulit lecet dan perih. Kulit selangkangan juga bisa iritasi jika Anda memiliki alergi terhadap bahan pakaian atau celana yang Anda kenakan.

Cara Mengobati Kulit Selangkangan Lecet

Sementara ada banyak faktor penyebab iritasi dan lecet pada kulit selangkangan, lalu bagaimana cara mengobatinya? Cara mengobati kulit selangkangan yang lecet dan iritasi bisa disesuaikan dengan tingkat keparahannya. Bagi Anda yang mengalami gejala lecet dan iritasi ringan, bisa mengoleskan minyak kayu putih atau salep yang dijual bebas di apotek.

Ilustrasi: mengoleskan salep ke jari (sumber: tellerreport.com)

Ilustrasi: mengoleskan salep ke jari (sumber: tellerreport.com)

Sementara, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan mengalami gejala lecet atau iritasi parah, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter kulit. Dokter akan memberikan resep berupa obat topikal sekaligus obat anti-inflamasi yang akan menyembuhkan gangguan kulit tersebut. Namun, jika iritasi sudah sangat parah, biasanya dokter juga akan membuatkan resep obat telan.

Baca juga:  ‘Snapchat Dysmorphia’, Kaum Milenial Lakukan Operasi Agar Mirip Filter di Media Sosial

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi vitamin C dan E secara rutin. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C dan E akan membantu kulit memperbaiki diri dengan cepat, membantu proses regenerasi sel, dan membantu menghilangkan bekas lecet pada kulit.

Sebenarnya, daripada mengobati, akan lebih baik jika Anda melakukan pencegahan. Untuk mencegah terjadinya lecet dan iritasi pada kulit paha bagian dalam tidaklah sulit. Pakailah celana atau bawahan yang longgar berbahan katun saat musim panas maupun musim dingin. Ini akan membantu menjaga kondisi kulit agar tidak terlalu kering atau lembap.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan skincare untuk merawat kulit selangkangan. Untuk skincare yang bagus, gunakan produk yang mengandung petroleum atau minyak nabati saat udara sedang dalam kondisi dingin dan kering. Sementara, saat udara sedang lembap dan panas, Anda bisa memakai produk bersifat waterbase.

[1] Rachmasari, Nonic. 2013. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Dermatitis Kontak Iritan pada Pengrajin Logam di Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol 2(1): 1-10.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: