Cara Medis Mengobati Kulit Kapalan dan Mata Ikan (Clavus)

Kapalan, jagung, kaki, tangan, keras, callus, penyebab, cara, mengobati, pengobatan, mencegah, sepatu, alas kaki, kaus kaki, high heels, ukuran, kebutuhan, pelindung, gesekan, konsultasi, kalus, apotek, batu apung, peeling, ahli, asam, spesialis, jenis, jaringan, lemak, aktivitas, kelainan, bentuk, tulang, mata ikan, clavusIlustrasi: munculnya callus telapak tangan (sumber: tibs.com)

Kapalan dan mata ikan adalah area kulit yang keras, kadang-kadang kekuningan di kaki. Mereka terbentuk di titik-titik tekanan atau di sekitar area tulang. Kapalan biasanya muncul di bagian bawah kaki dan mata ikan di atas, biasanya di sekitar jari-jari kaki.

Penyebab Kapalan

Meskipun mereka belum tentu diterima, kapalan dan jagung atau mata ikan berkembang untuk melindungi kaki dari kerusakan lebih lanjut. Penyebabnya adalah sepatu yang sering tidak pas, tetapi bagaimana Anda berjalan (gaya berjalan) atau struktur tulang kaki Anda dapat membuat Anda lebih rentan terhadap masalah kaki ini.

Kapalan atau callus bisa muncul ketika berat badan menekan secara berlebihan salah satu area kaki. Kulit pada area kaki yang kelebihan tekanan tersebut akan menebal untuk melindungi jaringan di bawahnya. Reaksi alami tubuh inilah yang menyebabkan kapalan terbentuk.

Semua aktivitas yang menyebabkan tekanan berulang pada suatu area tubuh bisa menjadi penyebab munculnya kapalan. Jenis kulit yang kering dapat mempermudah terjadi kapalan, demikian juga pada lansia di mana jaringan lemak pada kulit sudah berkurang. Selain itu, kapalan juga bisa menjadi tanda adanya kelainan bentuk tulang.

Berikut beberapa penyebab yang umum menyebabkan munculnya kapalan seperti dilansir Alodokter:

  • Terlalu sering memainkan alat musik atau menggunakan peralatan tangan. Menggunakan peralatan tangan, memainkan instrumen musik, atau bahkan menulis terlalu sering bisa menyebabkan munculnya kapalan.
  • Menggunakan sepatu yang tidak nyaman. Sepatu sempit atau yang memiliki hak tinggi bisa menekan sebagian kaki. Sebaliknya, ketika mengenakan sepatu terlalu longgar, kaki akan lebih sering bergesekan dengan bagian dalam sepatu.
  • Tidak mengenakan kaus kaki. Tanpa kaus kaki, gesekan akan langsung terjadi pada kulit kaki Anda. Kaus kaki yang ukurannya tidak sesuai juga bisa menjadi penyebab munculnya kapalan.

Ilustrasi: memakai sepatu yang kurang nyaman

Hal-hal yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kapalan, di antaranya:

  • Tidak menggunakan sarung tangan. Menggunakan alat kerja terlalu lama tanpa mengenakan sarung tangan akan mengakibatkan kulit tangan bergesekan dengan alat kerja. Semakin lama durasinya, semakin besar risiko kulit tangan terkena kapalan.
  • Hammertoe. Perubahan pada jari kaki, dimana sendi jari kaki membengkok ke bawah seperti cakar, bisa memicu terbentuknya kapalan.
  • Bunion. Bunion adalah benjolan pada sendi pangkal jempol kaki yang terbentuk dari tulang. Bunion juga mampu memicu kulit kaki membentuk kapalan.
  • Perubahan fisik kaki lainnya. Beberapa perubahan fisik kaki, seperti terbentuknya perkapuran, bisa menyebabkan suatu bagian pada kaki bergesekan dengan alas kaki lebih sering.

Cara Mengobati Kapalan

Penanganan untuk kapalan mencakup juga anjuran dokter kepada pasien untuk menghindari aktivitas rutin yang menyebabkan kapalan muncul. Penderita kapalan di kaki mungkin akan disarankan untuk tidak mengenakan sepatu hak tinggi dan menggunakan alas kaki dengan sol rata. Jika kapalan berada pada kulit tangan, maka umumnya dokter akan menyarankan penggunaan sarung tangan ketika beraktivitas.

Berikut ini adalah beberapa metode pengobatan kapalan yang umum dilakukan oleh dokter:

  • Pemotongan kulit yang berlebih. Dokter ahli kulit akan memotong sebagian kapalan yang menebal dan mengeras agar menurunkan tekanan pada jaringan di bawah kulit keras tersebut.
  • Salep atau krim. Dokter mungkin akan memberikan salep atau krim yang mengandung asam salisilat. Hati-hati penggunaan asam salisilat pada penderita diabetes karena dapat mengiritasi kulit dan memicu infeksi.
  • Menggunakan produk perawatan kaki. Penderita kapalan dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit dalam memilih produk perawatan kaki yang sesuai dengan kondisi kaki.
  • Sol sepatu khusus. Jika penderita kapalan memiliki kelainan bentuk kaki, dokter mungkin akan memberikan sol khusus untuk ditambahkan ke sepatu agar kaki terhindar dari gesekan yang menimbulkan kapalan.
  • Operasi. Meskipun kemungkinannya sangat kecil, dokter bisa saja menganjurkan tindakan operasi untuk memperbaiki kelainan fisik tubuh, misalnya tulang, agar kembali normal dan tidak memicu timbulnya kapalan.

Ilustrasi: salah satu metode dokter memberantas kaki kapalan (sumber: medicalnewstoday.com)

Jika Anda mengalami kondisi jagung atau kapalan, tempelkan area yang terkena dengan moleskin, kapas, atau wol domba untuk mengurangi tekanan. Banyak apotek menjual produk yang dijual bebas untuk mengobati mata ikan dan kapalan, yang mungkin berguna bagi Anda. Sisipan sepatu khusus yang mendistribusikan berat badan Anda dan mengambil tekanan dari area yang terkena adalah pilihan lain.

Sepatu yang lebih pas akan mengurangi iritasi yang menyebabkan masalah, dan seiring waktu, jagung atau kapalan akan menyusut dengan sendirinya. Tapi jangan berharap hasil semalam; prosesnya bisa memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Untuk menyingkirkan mata ikan dan kapalan lebih cepat, Anda bisa menggunakan batu apung, yang dengan lembut akan mengangkat lapisan atas kulit. Rendam kaki Anda dengan air hangat terlebih dahulu, untuk melunakkan jagung atau kalus. Keringkan kaki Anda, lalu gosokkan batu apung dengan lembut di atas jagung atau kalus. Setelah itu, lembapkan area dengan lotion kulit. Kata kuncinya adalah lembut.

Jangan berlebihan, atau Anda bisa melukai kulit Anda. Apotek menjual berbagai chemical peeling dan acid disks, tetapi gunakan produk tersebut dengan hati-hati. Sebagian besar mengandung asam salisilat, yang dapat merusak jaringan sehat kecuali Anda mengikuti petunjuknya dengan tepat. Beberapa spesialis perawatan kaki menyarankan untuk tidak menggunakan produk ini sama sekali.

Untuk mata ikan dan kapalan yang lebih besar, konsultasikan dengan spesialis perawatan kaki. Meskipun beberapa pedicurists mungkin menawarkan untuk menghilangkan mata ikan dan kapalan, lebih aman untuk mencari bantuan dari spesialis medis yang terlatih, seperti ahli penyakit kaki.

Cara Mencegah Kapalan

Kapalan, jagung, kaki, tangan, keras, callus, penyebab, cara, mengobati, pengobatan, mencegah, sepatu, alas kaki, kaus kaki, high heels, ukuran, kebutuhan, pelindung, gesekan, konsultasi, kalus, apotek, batu apung, peeling, ahli, asam, spesialis, jenis, jaringan, lemak, aktivitas, kelainan, bentuk, tulang, mata ikan, clavus

Ilustrasi: memakai kaos kaki untuk mencegah timbulnya callus

Sebenarnya, gangguan kulit ini bisa dicegah dengan cara yang relatif mudah. Melindungi telapak tangan dan telapak kaki adalah cara termudah untuk menghindari kapalan. Sebagaimana kita ketahui, keduanya adalah bagian tubuh yang paling sering mengalami gangguan tersebut.

Selalu gunakan pelindung tangan dan kaki yang sesuai ukuran. Ukuran yang terlalu kecil bisa menimbulkan gesekan yang mempercepat tumbuhnya kapalan. Jika bisa, hindari memakai sepatu hak tinggi atau high heels. Meski terlihat elegan, sepatu jenis ini akan memfokuskan beban pada kaki bagian depan. Semakin tinggi beban yang diterima, semakin besar kemungkinan telapak kaki kapalan. Pilih sepatu yang nyaman dengan ukuran yang pas sesuai kebutuhan Anda.

Selain sepatu yang nyaman, hindari memakai kaos kaki yang lembap karena bisa menjadi sarang bakteri. Demikian juga dengan sarung tangan yang digunakan, usahakan selalu higienis sehingga memperkecil peluang menjadi sarang kuman. Jika Anda selalu memakai perkakas dalam bekerja, pastikan perkakas tersebut bisa digenggam dengan nyaman. Makin nyaman perkakas Anda, makin sedikit gesekan yang terjadi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: