Rimpang Kaya Khasiat, Begini Cara Mengkonsumsi Kunyit Putih untuk Kesehatan

Kunyit putih kering (sumber: wildturmeric.com)Kunyit putih kering (sumber: wildturmeric.com)

Kunir putih (Curcuma zedoaria) atau white turmeric, biasa digunakan sebagai bumbu dapur bersama jahe (Zingiber officinale) dan kunir (Curcuma domestica) untuk membuat kari atau kare oleh masyarakat Asia. Namun karena dan warnanya yang khas juga digunakan sebagai parfum, pewarna makanan, dan campuran obat.

Kunir putih (Curcuma zedoaria) merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang digunakan masyarakat luas untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan, seperti digunakan untuk obat nyeri haid (dismenorea) dan menstabilkan siklus menstruasi oleh masyarakat China dan Jepang.

Kunir putih (Curcuma zedoaria) disebut pula dengan kunyit putih sudah sejak berabad-abad yang lalu digunakan tidak hanya untuk meredam peradangan, demam, mengobati bisul, memar dan keseleo, atau mempercepat penyembuhan luka tapi juga sebagai obat antikanker oleh masyarakat Asia terbukti dengan tercantumnya pada buku Farmakope Herbal Indonesia, Traditional Chinese Medicine, dan Ayurveda.

Karakteristik Kunir Putih (Curcuma zedoaria)

Kunir putih (Curcuma zedoaria) tumbuh di daerah hutan tropis dan subtropis. Tumbuhan harum berbunga kuning dengan mahkota bunga tambahan berwarna merah dan hijau. Sebagian batang ada di dalam tanah, rimpang, besar dan berbonggol dengan banyak cabang.

Baca juga:  Grafik Pertumbuhan Bayi, Penting untuk Pantau Kesehatan Anak Anda
Bunga kunir putih (sumber: mercadolivre.com)

Bunga kunir putih (sumber: mercadolivre.com)

Tunas daun kunir putih (Curcuma zedoaria) yang besar dapat mencapai tinggi 1,5 meter. Rimpangnya jika dibelah terlihat berwarna ungu sehingga disebut pula murazaki ukon (kunir ungu) oleh orang Jepang. Merupakan salah satu tanaman dari genus Curcuma, rimpangnya mengandung minyak atsiri dan banyak senyawa aktif. Curcumin merupakan senyawa yang dianggap memiliki khasiat sebagai antikanker, namun senyawa lain yang terkandung di dalam ekstrak etanol mendukung efektivitasnya sehingga tidak bisa dipisahkan.

Kegunaan Kunir Putih (Curcuma zedoaria)

Kunir putih (Curcuma zedoaria) mengandung banyak dan beragam senyawa aktif yang diisolasi sebagai minyak atsiri dan curcuminoids termasuk curcumin dilaporkan memiliki khasiat yang sama, yaitu untuk antioksidan, antiinflamasi, antitumor, dan beberapa khasiat lainnya yang terbukti secara klinis, namun dosis yang dibutuhkan lebih besar jika dibandingkan dengan persentase yang didapat dari ekstraknya karena masing-masing senyawa bekerja secara sinergis.[1]

Kunyit putih dikenal sebagai rempah yang kaya akan anti-oksidan yang tak hanya dipercaya baik untuk menangkal kanker, tetapi juga bisa menyehatkan pencernaan, mengurangi peradangan, mencegah perkembangan bakteri dan jamur, hingga bermanfaat sebagai penawar racun saat Anda terkena bisa ular atau racun hewan lain.

Baca juga:  Manfaat dan Harga Inlacta DHA Bagi Ibu Hamil & Menyusui

Cara Mengkonsumsi Kunyit Putih

Kunyit putih (sumber: aimil.eu)

Kunyit putih (sumber: aimil.eu)

Untuk Masalah Pencernaan

Anda bisa membersihkan 2 rimpang kunyit putih, kemudian potong-potong. Rebus kunyit putih tersebut dengan 2 gelas air (sekitar 500 ml) sampai air tinggal setengahnya. Selanjutnya, saring air rebusan dan dinginkan sebentar. Minum air rebusan kunyit putih tersebut selagi hangat dengan ditambahkan madu supaya tidak terasa pahit.

Untuk Pengobatan Kanker

Siapkan sekitar 3 ruas kunyit putih. Parut kunyit putih sampai agak halus, tambahkan air lalu peras. Tuangkan perasan kunyit tersebut dalam gelas dan minum sebanyak 2 kali sehari untuk merasakan hasil yang maksimal. Pengobatan alternatif dengan mengonsumsi kunyit putih ini sebaiknya dilakukan setelah Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Untuk Melangsingkan Tubuh

Cara untuk mengurangi timbunan lemak, yaitu mengatur pola makan dan olahraga yang teratur. Selain itu, dapat juga meminum ramuan kunyit putih. Bahan yang diperlukan: rimpang kunyit putih 50 g dan asam 25 g. Cara pembuatan: rimpang yang diperoleh dicuci dahulu sampai bersih, kemudian diparut halus. Tambahkan air sedikit dan kemudian peras sampai keluar airnya. Cara pemakaian: air perasan itu sudah dapat dipergunakan. Apabila ingin rasanya lebih enak, dapat juga ditambah dengan asam sedikit. Minuman segar ini diminum sehari satu gelas.

Baca juga:  Faktor Yang Memengaruhi Kadar Vitamin D Dalam Tubuh

Diolah Jadi Teh Kunyit

Salah satu cara mendapatkan manfaat sehat dari kunyit adalah meminum teh kunyit. Mudah membuatnya dan rasanya lezat bila ditambah madu atau lemon. Bahan: 4 cangkir air, 1 sendok teh bubuk kunyit giling, lemon (bila suka), madu (bila suka). Cara membuat: rebus air sampai mendidih. Kecilkan apinya dan tambahkan bubuk kunyit. Aduk-aduk selama 10 menit. Tuang ke dalam cangkir yang sudah diberi saringan di atasnya. Tambahkan madu atau lemon supaya rasanya lebih lezat.[2]

[1] Hadisaputri, YE dkk. 2020. Kunir Putih (Curcuma Zedoaria) Untuk Pencegahan Dan Pengobatan Kanker (hlm 1-4). Yogyakarta: Deepublish.

[2] Pangkalan Ide. 2011. Health Secret of Turmeric (Kunyit). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: