Jangan Asal Pasang Harga, Begini Cara Menghitung Harga Laundry Kiloan

Ilustrasi: layanan laundry (sumber: rjkool.com)Ilustrasi: layanan laundry (sumber: rjkool.com)

Laundry bisa dibilang sebagai salah satu jenis bisnis jasa yang menguntungkan. Selain karena merupakan kebutuhan, laundry juga tergolong bisnis yang hampir tidak surut oleh zaman. Tetapi, agar bisa jadi bisnis jangka panjang yang membawa keuntungan, Anda perlu tahu cara menghitung harga laundry kiloan atau satuan.

Laundry dapat diartikan sebagai suatu tempat untuk mencuci dan mengeringkan pakaian, baik yang dilakukan di rumah, hotel, maupun fasilitas khusus. Usaha laundry sendiri dapat dibagi ke dalam beberapa jenis sebagai berikut.

Jenis-jenis Usaha Laundry

  • Laundry komersial. Beroperasi di sektor swasta dengan melayani cucian seperti hotel, rumah makan, pengiriman dan pengangkutan, domestik atau umum, panti jompo/rumah sakit/klinik. Produk yang dilayani meliputi seprai dan sarung bantal, alas kasur, handuk, selimut, rolling towel, taplak meja, napkin, pakaian pribadi.
  • Laundry industrial. Beroperasi di sektor swasta dan tekstil yang menangani cucian seperti pabrik-pabrik dan sumber industri lain, kantor, supermarket, toko eceran, pusat pelayanan. Produk yang dilayani meliputi pakaian pelindung (seperti baju kerja, celemek, seragam, sarung tangan), barang keselamatan yang mencakup sarung tangan, helm, kain tetesan pelukis, lapisan tempat duduk, kain lap/kain untuk pengepelan lantai.
  • Laundry rumah sakit. Melayani cucian yang meliputi rumah sakit, klinik, jasa mengenai gigi, jasa perawatan anak, panti jompo, institusi kesehatan mental, pusat pelayanan kesehatan umum. Produk yang dilayani umumnya meliputi berbagai material yang mencakup linen bangsal umum, seragam operasi, kebutuhan rumah sakit yang bersifat khusus, pakaian pasien.
  • Laundry kelembagaan Beroperasi di area seperti institusi sistem, tahanan rumah dan institusi kesehatan mental. Produk yang dilayani mirip dengan laundry komersil dan rumah sakit.
  • Laundry on-premises (instansi pribadi). Umumnya beroperasi di hotel tersendiri, industri, rumah merawat/menyusu, rumah sakit pribadi dan industri pabrik. Jasa yang disediakan digunakan untuk keperluan internal.
  • Laundry koin. Umumnya dijalankan oleh perorangan atau instansi kecil seperti apartemen, rumah susun.[1]
Baca juga:  Cara Membuat Mirin Halal untuk Masakan Jepang

Pada kebanyakan usaha laundry, harga jual jasa laundry ditetapkan berdasarkan harga pasar, tanpa mengetahui biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan usaha tersebut. Dalam menetapkan labanya, dan untuk keberlanjutan usahanya, perusahaan harus mengetahui berapa biaya yang dikeluarkan untuk jasa yang dihasilkannya.

Ilustrasi: bisnis laundry (sumber: optimoroute.com)

Ilustrasi: bisnis laundry (sumber: optimoroute.com)

Dalam menghitung biaya jasa yang akurat dibutuhkan suatu sistem biaya yang tepat yang dapat membebankan biaya langsung dan biaya tidak langsung yang dikeluarkan perusahaan kepada jasa yang dihasilkan. Dengan informasi biaya yang memadai, perusahaan akan dapat menentukan keputusan yang akan diambil dengan lebih tepat, menetapkan harga jual dengan lebih tepat, serta dapat menentukan perencanaan dan pengendalian biaya atau mengefisienkan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.[2]

Cara Menentukan Harga Laundry Kiloan

Harga untuk bisnis laundry kiloan biasanya tidak terlalu berbeda jauh. Harga yang dipatok berkisar antara Rp3.000-Rp4.000 per kg tanpa disetrika. Khusus untuk jasa setrika, hampir semua jasa laundry menetapkan harga Rp2.000 per kg. Jadi, total harga untuk pelayanan cuci dan setrika berkisar Rp5.000-Rp6.000 per kg.

Baca juga:  Pengertian dan Tujuan Pap Smear Untuk Cegah Risiko Kanker Serviks

Harga laundry per potong sangat bervariasi tergantung jenis kainnya. Untuk jenis ini, harganya berkisar Rp2.000 sampai Rp50.000 per potongnya. Ada juga yang dihitung per meter, seperti karpet dengan variasi harga Rp5.000-Rp25.000 per meternya. Setiap wilayah biasanya memiliki daftar harga yang berbeda-beda.[3]

Untuk menentukan harga laundry kiloan, Anda juga perlu menghitung biaya produksi, harga kompetisi, dan tujuan jangka panjang dari bisnis laundry Anda. Biaya tetap yang harus dikeluarkan setiap bulan biasanya terdiri dari biaya produksi, gaji karyawan, dan juga sewa tempat. Apabila sudah mengetahui biaya produksi untuk tiap kilo atau tiap potong baju/pakaian, misalnya saja Rp3.000 per kilo, kemudian Anda ingin margin keuntungan Rp4.000 per kg, maka Anda tinggal menjumlahkan keduanya. Maka, harga laundry kiloan di lapak Anda berkisar Rp7.000 per kilogram.

Baca juga:  Adalah Makanan Kaya Serat, Ini Karakteristik Agar-agar Plain

Namun, pertimbangkan juga harga yang dipatok oleh para kompetitor di sekitar Anda. Jika tidak ada pesaing, Anda mungkin masih bisa memainkan harga. Tetapi, jika punya pesaing, sebaiknya pasang harga yang tidak terpaut terlalu jauh, tentunya dengan ditambah promo menarik dan layanan yang berkualitas untuk pelanggan.

[1]Kosasih, E dkk. 2015. Penyusunan Model Perhitungan Harga Pokok JasaLaundry Skala Mikro Dan Kecil Di Daerah Bandung. Jurnal UNPAR. Vol 2. 1-35.

[2]Ibid.

[3]Aswi, B. 2009. Bisnis Laundry Kiloan. Depok: Penebar Plus, hlm 50.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: