Penyebab Bibir Pecah-Pecah dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi: bibir pecah-pecah (sumber: honestdocs.id)Ilustrasi: bibir pecah-pecah (sumber: honestdocs.id)

Bibir pecah-pecah dapat diderita oleh siapapun, mulai dari anak-anak hingga lansia. Kondisi ini tidak hanya menjadi salah satu gejala penyakit, seperti flu, demam, atau panas dalam, tetapi juga karena cuaca. Terlebih ketika cuaca sangat dingin, pastinya akan berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk pada kondisi kulit Anda. Untungnya, ada beberapa cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi bibir pecah-pecah.

Penyebab Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah akan membuat bibir Anda terasa kasar. Jika Anda tidak segera mengatasinya, tak jarang bibir akan mengalami iritasi dan luka. Kondisi bibir yang luka menyebabkan rasa nyeri dan bisa menyebabkan sariawan. Dijelaskan Erum Ilyas, seorang dokter kulit di Pennsylvania, bibir pecah-pecah juga dikenal sebagai cheilitis yang memiliki banyak pemicu. “Ketika Anda mendengar bibir pecah-pecah, kebanyakan orang berpikir tentang cheilitis sicca. Ini bibir pecah-pecah akibat kekeringan yang berlebihan,” katanya.

“Kulit pada bibir adalah salah satu area yang paling sensitif dan terbuka,” timpal Joshua Zeichner, dokter kulit dan direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi di New York City. “Kulit bibir tidak memiliki konsentrasi kelenjar minyak yang sama dengan kulit pada bagian tubuh lainnya. Kulit bibir juga lebih sering terkena kosmetik dan terpapar cuaca panas serta dingin. Semua faktor ini dapat mengeringkan kulit, menyebabkan iritasi, peradangan, dan mengelupas.”

Kesensitifan dan kerapuhan kulit di bagian bibir dapat diamati. Ketika cuaca semakin dingin dan kering, kulit tipis di bibir cenderung mengering lebih cepat daripada bagian kulit lainnya. “Hal ini dapat membuat bibir terlihat retak, terkelupas, dan kasar di beberapa daerah”, jelas dr. Ilyas.

Baca juga:  Memberikan Hasil Akhir Matte, Inilah Beberapa Pilihan Foundation Dari Oriflame Untuk Kulit Berminyak

Cuaca tidak selalu menjadi penyebab bibir Anda kering, Anda pun bisa mengalami hal serupa ketika alergi atau iritasi dengan produk perawatan bibir atau kosmetik. Reaksi alergi ini biasanya disebabkan oleh pigmen pada lipstik, wewangian, dan zat penyedap dalam makanan. Untuk mengetahui apakah Anda memiliki alergi terhadap suatu produk kosmetik atau zat penyedap makanan, Anda bisa mencoba memeriksakan diri ke dokter. Ini akan membantu Anda sebagai langkah pencegahan terhadap bibir kering dan pecah-pecah akibat alergi.

Cara Mencegah dan Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Gunakan Lip Balm

Ilustrasi: wanita memakai lip balm (sumber: thehealthy.com)

Ilustrasi: wanita memakai lip balm (sumber: thehealthy.com)

Salah satu cara praktis dan mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah maupun mengatasi bibir pecah-pecah adalah menggunakan lip balm. Dalam kasus-kasus ringan, kulit pada bibir mungkin dapat memperbaiki dirinya sendiri. “Namun, dalam kasus iritasi yang signifikan, bibir mungkin memerlukan bantuan dari luar untuk memperbaiki kulit yang rusak,” kata Zeichner.

Untuk menjaga bibir tetap lembap sepanjang hari dan mencegah pecah-pecah pada bibir, Anda bisa mengoleskan lip balm. Jika bibir sudah pecah-pecah, Anda bisa mengoleskan lip balm lebih intens dan banyak. Ini akan membantu kulit pada bibir lebih lembap dan mengatasi bibir pecah-pecah. Jika Anda memiliki alergi terhadap sebuah produk, ada baiknya Anda memilih lip balm original tanpa parfum atau rasa.

Baca juga:  Cara Medis Mengobati Kulit Kapalan dan Mata Ikan (Clavus)

Perbanyak Minum Air Putih

Ilustrasi: mengonsumsi air putih (sumber: businessinsider.com)

Ilustrasi: mengonsumsi air putih (sumber: businessinsider.com)

Cara paling mudah dan efektif untuk melembapkan kulit, termasuk kulit bibir untuk mencegah dan mengatasi pecah-pecah, yaitu minum air putih. Minimal, Anda harus minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari. Ini akan membantu kulit terhidrasi dengan baik dan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh Anda. Anda bisa menambahkan kadar air harian Anda jika bibir masih saja pecah-pecah.

Air adalah salah satu pelembap alami, sekaligus untuk membantu tubuh mengeluarkan racun atau zat yang dapat merusak tubuh. Anda bisa mengonsumsi air putih setiap tiga jam sekali agar tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Lebih baik lagi jika Anda minum air hangat di pagi dan malam hari sebelum tidur. Ini membantu kulit lebih cepat terhidrasi dan terhindar dari pecah-pecah.

Menggunakan Tabir Surya untuk Bibir

Ilustrasi: wanita memakai tabir surya untuk bibir (sumber: amazingwellnessmag.com)

Ilustrasi: wanita memakai tabir surya untuk bibir (sumber: amazingwellnessmag.com)

“Sangat penting untuk menggunakan produk lip balm atau tabir surya khusus untuk bibir dengan SPF tambahan jika kulit bibir Anda pecah-pecah. Apalagi ketika Anda berada di luar ruang dengan kondisi cuaca panas,” papar dr. Ilyas. “Jika kulit bibir Anda yang kering dan pecah-pecah dipengaruhi oleh matahari, ia dapat terbakar dengan mudah dan bisa menyebabkan kondisi kulit bibir yang melepuh.”

Baca juga:  Rekomendasi Produk Sleeping Mask yang Bagus untuk Berbagai Jenis Kulit

Saat ini sudah banyak produk tabir surya khusus bibir, yang bentuknya tidak hanya berupa lip balm. Anda bisa menggunakan krim khusus bibir dengan kandungan SPF rendah atau menggunakan produk berbahan gel. Produk-produk seperti ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran, mulai dari toko kosmetik hingga pusat perbelanjaan. Anda bahkan bisa mendapatkannya secara khusus di dokter kecantikan atau dokter kulit.

Memakai Masker Bibir

Aplikasi Laneige Lip Sleeping Mask (sumber: kosamebeauty.com)

Aplikasi masker bibir (sumber: kosamebeauty.com)

Masker bibir merupakan salah satu produk yang sedang populer di kalangan remaja saat ini. Ini digunakan untuk membuat bibir menjadi lebih lembap, lembut, halus, dan menghilangkan noda hitam di bibir. Bagi Anda yang ingin mencegah bibir pecah-pecah, Anda bisa menggunakan masker bibir setiap tiga hingga lima hari sekali. Ini akan membantu menjaga kelembapan kulit bibir Anda.

Untuk mengobati bibir pecah-pecah, gunakanlah masker bibir setiap dua hari sekali. Anda juga bisa menggunakannya setiap hari, jika kondisi bibir Anda lebih parah. Produk seperti ini memiliki banyak varian. Anda bisa memilih masker dengan bentuk cream, gel, sheet mask, hingga berbentuk kolagen. Setiap varian tentu memiliki manfaat lain selain melembapkan bibir Anda, dengan kandungan berbeda-beda. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kulit bibir Anda.

Masih ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, seperti mengatasi dan mengobatinya dengan serum dan minyak nabati. Jika Anda menggunakan kedua bahan tersebut, pilihlah produk yang memiliki kandungan vitamin E tinggi. Ini membantu memperbaiki kulit dan melembapkan kulit bibir Anda dengan baik.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: