Tips & Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju yang Sudah Lama

Menghilangkan noda minyak di baju (sumber: apartmenttherapy)Menghilangkan noda minyak di baju (sumber: apartmenttherapy)

Baju atau jilbab kesayangan Anda tak sengaja terkena noda minyak? Tidak usah panik, jika noda minyak itu masih baru, maka Anda bisa mencoba menghilangkan noda tersebut dengan berbagai cara. Namun, jika noda minyak tersebut suda lama, mungkin Anda perlu usaha lebih untuk menghilangkannya.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan noda oli/minyak pada pakaian. Cara pertama adalah dengan menaburi bedak, kapur, atau baking soda di permukaan pakaian yang terkena oli agar noda tersebut dapat diserap dan mudah dibersihkan. Cara lainnya adalah dengan mengoleskan mentega pada noda oli. Namun, kalau cara ini belum dapat menyerap noda oli sepenuhnya, cara terakhir adalah dengan menggunakan aseton atau cairan pembersih kuku dibantu dengan tisu atau lap pakaian untuk menarik sisa oli yang masih menempel pada pakaian. Jangan lupa untuk tetap mencuci pakaian setelahnya.[1]

Menurut Laura Goodman, ilmuwan senior di Procter & Gamble, sebagian besar minyak dan oli berbentuk semi padat atau padat pada suhu kamar, yang berarti penghilangan memerlukan air hangat atau panas. Itu juga tergantung pada kainnya.

Baca juga:  Hati-hati, Ini Deretan Produk yang Mengandung Hidrogen Peroksida

“Serat sintetis seperti poliester sangat sulit untuk dirawat, karena lemak dan minyak tertarik padanya. Dan karena serat sintetis menjadi semakin populer, Anda mungkin lebih sering berkutat dengan noda yang mengganggu ini,” kata Goodman, seperti dilansir dari Apartmenttherapy.

Namun, menghilangkan noda minyak dari pakaian jelas bukan hal yang mustahil jika Anda mengatur waktu dengan tepat. “Kuncinya adalah bertindak secepat mungkin—idealnya, segera setelah noda terjadi. Setelah mengering atau mengeras, noda minyak yang mengganggu itu akan jauh lebih sulit untuk dihilangkan,” imbuh Goodman.

Jika Anda berencana untuk menghilangkan noda berminyak dari pakaian Anda—baik yang baru atau sudah mengeras—inilah semua yang perlu Anda ketahui, menurut pakar laundry.

Menghilangkan noda minyak di baju (sumber: thespruce)

Menghilangkan noda minyak di baju (sumber: thespruce)

Cara Menghilangkan Noda Minyak di Baju

Baking Soda

Ahli binatu Patric Richardson, pemilik butik Mona Williams yang berbasis di Minneapolis, mengatakan soda kue bekerja dengan menarik minyak keluar dari kain dan masuk ke dalam dirinya sendiri. Jika Anda tidak dapat mencuci sesuatu—seperti mantel tebal atau perabot—Richardson merekomendasikan penggunaan soda kue sebagai garis pertahanan pertama sebelum Anda menangani noda.

Baca juga:  Dijual Seharga Rp 800 Ribuan, Marine Omega 3 NuSkin Dianggap Miliki Manfaat Untuk Kesehatan

Caranya, hapus minyak berlebih dengan handuk kertas atau kain.Taburkan baking soda pada kain yang terkena dan biarkan selama 24 jam.Setelah satu hari berlalu, vakum atau sikat soda kue.Semprotkan area yang terkena dengan larutan cuka dan air.Gosok dengan sabun dan sikat, lalu bilas.Ulangi prosesnya jika noda tetap ada.

Kapur

Richardson menambahkan, kapur secara teknis juga mampu menghilangkan minyak dari pakaian dengan cara yang sama seperti soda kue (baking soda). Tapi dia tidak merekomendasikan kapur untuk noda besar atau noda yang menempel. Sebagai gantinya, coba trik ini pada percikan minyak kecil, seperti jika Anda sedang memasak dan titik minyak terciprat ke baju Anda.

Caranya, hapus sisa makanan dan minyak dari pakaian dengan handuk kertas (paper towel) bersih.Tutupi seluruh area dengan kapur, biarkan beberapa menit agar minyak benar-benar menyerap.Cuci pakaian yang kotor sesegera mungkin setelah noda muncul.

Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring cair efektif menghilangkan lemak atau minyak pada pakaian, seperti halnya pada piring Anda. Sebagai pra-perawatan, oleskan beberapa tetes sabun cuci piring cair ke noda dan biarkan meresap, gosok perlahan dengan jari, sikat gigi yang bersih dan berbulu lembut, atau kain untuk membantu menghilangkannya. Biarkan sabun cuci piring meresap selama sekitar 5 menit, lalu bilas dengan air hangat. Cuci pakaian dalam air panas dengan detergen biasa ditambah pemutih (untuk pakaian putih) atau pembersih noda pakaian yang aman untuk warna (misalnya Vanish, Proclin, dan lain-lain).

Baca juga:  Cara Membuat Minyak Kelapa & Pemanfaatannya untuk Kecantikan Wajah

Karena noda minyak sulit terlihat pada pakaian basah, Goodman merekomendasikan menunggu pakaian kering sampai Anda yakin noda tersebut benar-benar hilang. Jika ada noda yang tersisa setelah pengeringan, ulangi perawatan dengan sabun cuci piring dan cuci lagi dengan air panas. Jangan mengeringkan baju Anda dengan mesin karena suhu tinggi dapat menyebabkan noda, membuatnya semakin sulit untuk dihilangkan.

[1]Gulfira, N. 2015. The Art of Thrifting. Yogyakarta: B First, hlm 12.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: