Jangan Galau, Ternyata Ada Cara Mudah untuk Membersihkan Bulu Bebek dan Ayam

Membersihkan Bulu Ayam - gofflepoultry.comMembersihkan Bulu Ayam - gofflepoultry.com

Di Indonesia terdapat beberapa jenis unggas yang banyak dikonsumsi, di antaranya adalah ayam dan bebek. Kedua jenis unggas ini dikenal memiliki daging yang gurih dan lezat saat diolah menjadi beraneka masakan. Pada dasarnya cara mengolah atau memasak daging ayam maupun bebek cukup mudah, apalagi jika Anda mendapatkan ayam dan bebek potong dalam kondisi sudah bersih dan siap olah.

Lantas bagaimana jika Anda memperoleh ayam atau bebek dalam kondisi yang masih hidup atau utuh dengan bulu-bulunya? Tentu akan sangat merepotkan bukan? Tapi tenang saja, ada beberapa cara mudah untuk membersihkan bulu bebek dan ayam.

Menurut Ganie & Sidharta (2008), setidaknya ada dua cara untuk membersihkan bebek, yakni dengan menggunakan cara tradisional dan cara barat. Cara tersebut juga kerap dipakai untuk membersihkan jenis unggas lainnya seperti ayam. Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Membersihkan Bulu Bebek dan Ayam

Cara Tradisional
Setelah bebek disembelih, masukkan ke dalam air mendidih selama lebih kurang 10-15 menit agar bulunya mudah dicabuti. Untuk membersihkan bulu-bulu halus dilakukan dengan cara membakar bebek di atas bara selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bebek disikat dengan sabun supaya bau amis hilang, lalu dicuci dengan air hangat sampai bersih. Setelah bersih maka bebek siap untuk diolah

Cara Barat
Setelah bebek disembelih dan dicabuti bulunya maka seluruh permukaan kulit ditusuk-tusuk dengan garpu supaya lemak yang berada di bawah kulit hancur. Dengan demikian akan mengurangi bau amis. Agar lemak benar-benar hancur (lumer) maka bebek kemudian akan disiram lagi dengan air mendidih. Bila bebek akan dipanggang, sebaiknya di sekitar dada ditutup dengan kertas yang diminyaki (diberi mentega) terlebih dulu supaya tidak gosong.

Saat mencabut bulu ayam atau bebek, sebaiknya direndam dulu ke dalam air yang tidak terlalu panas. Sebab jika airnya terlalu panas justru akan membuat daging menjadi overcook ketika dimasak serta tak lagi ‘juicy’ dan teksturnya pun akan cenderung keras.

Cara Mudah untuk Membersihkan Bulu Bebek - www.wildmeat.co.uk

Cara Mudah untuk Membersihkan Bulu Bebek – www.wildmeat.co.uk

Tips Mencabut Bulu Bebek

Nah, berbeda dengan ayam, bulu bebek cenderung lebih tebal dan licin, sehingga terkadang air panas sulit untuk meresap ke dalam kulit bebek. Supaya air panas lebih cepat meresap sampai ke kulit bebek, rupanya ada tips yang bisa Anda coba supaya proses pencabutan bulu lebih mudah.

Adapun caranya dengan mencelupkan bebek terlebih dahulu dalam air sabun layaknya mencuci pakaian. Saat dicelupkan dalam air sabun, Anda bisa sambil meremas atau mengurus bagian bulu bebek supaya air sabun benar-benar meresap. Jika sudah benar-benar basah dengan air sabun, Anda bisa memasukkan bebek ke dalam air panas. Dengan cara ini, proses mencabut bulu kabarnya jadi lebih mudah dan efisien.

Hal lain yang juga cukup “mengganggu” dan merepotkan dari proses mencabuti bulu bebek adalah tersisanya bulu-bulu halus pada karkas bebek. Bulu halus ini biasanya tersisa cukup banyak di bagian ekor atau brutu. Tapi tak usah khawatir, sebab ada beberapa cara untuk menghilangkan bulu-bulus halus pada bebek. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Menghilangkan Bulu Halus pada Bebek

Memakai Lilin Batik/Malam
Usahakan karkas bebek dalam kondisi kering, lalu celupkan sekujur tubuhnya dalam lilin batik/malam yang panas. Langsung angkat dan celupkan dalam air biasa. Lalu kupas bersih sisa malam yang menempel di karkas dan daging bebek pun bersih dari sisa-sisa bulu halus serta siap untuk diolah.

Garang di Atas Kompor
Cara lain yang tak kalah mudah adalah dengan menggarang bebek di atas api kompor hingga bulu halusnya habis terbakar dan kulitnya sedikit kering. Kemudian cabuti bulu halus yang masih ada dengan menggunakan pinset.

Cara Mudah untuk Membersihkan Bulu Ayam - joyce-farms.com

Cara Mudah untuk Membersihkan Bulu Ayam – joyce-farms.com

Bakar di Atas Api
Selain kompor, Anda bisa membakar bebek di atas api sembari mencabuti sisa-sisa bulu halus yang masih menempel di badannya. Kemudian cuci lagi bebek dengan air bersih sambil menggunakan sabut kelapa. Jika menggunakan teknik dibakar menggunakan arang atau alat bakar ini kabarnya aroma daging bebek jadi lebih wangi dan lezat.

Selain cara-cara di atas, banyak juga orang yang menggunakan cairan arpus atau obat perontok bulu agar proses membersihkan bulu bebek dan ayam lebih mudah.

Referensi:

Baca juga:  Manfaat & Cara Membuat Virgin Coconut Oil (VCO) dengan Mixer

Ganie, Suryatini N, Myra S. 2008. Dapur Naga Di Indonesia Aneka Resep Hidangan Lezat Paduan Kuliner Tionghoa dan Indonesia. Hardiman I, editor. Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: