Cara Menghilangkan Komedo Dengan Putih Telur Dan Produk Lainnya

cara, menghilangkan, komedo, dengan, putih, telur, pore, strips, kandungan, produk, kandungan, BHA, turunan, salicylic, acid, wajah, hitam, putih, terbuka, tertutup, alergi, mangkuk, tisu Ilustrasi: gangguan jerawat di wajah (sumber: telegraph.co.uk)

Kulit wajah tanpa adanya komedo memang menarik perhatian. Namun, belum tentu tampilan wajah bersih tanpa komedo itu dimiliki oleh semua orang. Ada beberapa orang yang masih harus berusaha bebas dari komedo.

Apa Itu Komedo?

Komedo bisa jadi sesuatu yang mengganggu penampilan, terlebih kalau warnanya menjadi hitam. Komedo sendiri merupakan benjolan (papula) kecil pada permukaan kulit. Komedo merupakan jenis jerawat yang tergolong ringan. Selain di wajah, komedo sebenarnya ada juga di bagian tubuh lain seperti leher, dada, bahu, punggung, dan lengan.

Tampilan komedo yang mengganggu itu biasanya memang berwarna hitam. Dan, itu merupakan komedo terbuka. Bukan hanya berwarna hitam, komedo juga ada yang berwarna putih atau tergolong komedo tertutup, di mana folikel rambut sepenuhnya tersumbat.

Selain komedo putih dan hitam, ada pula mikrokomedo yang merupakan komedo sangat kecil yang bahkan tidak tampak oleh mata. Ada juga makrokomedo yang merupakan komedo putih dengan diameter 2-3 mm.

Selanjutnya, ada komedo raksasa, ini merupakan sejenis kista di mana terdapat ujung terbuka berwarna hitam di atasnya. Terakhir, komedo solar, yang sering dijumpai di daerah pipi dan dagu pada lansia dan paparan sinar matahari.

Komedo dipercaya karena ada penumpukan sel kulit mati di pori-pori. Belum lagi kalau ditambah minyak berlebih dan sisa makeup atau kotoran yang belum terangkat dari kulit. Kombinasi ini adalah penyebab utama terjadinya komedo. Penumpukan minyak dan sel kulit mati ini kemudian dapat menyumbat pori-pori dan teroksidasi udara, sehingga berubah warna menjadi hitam. Inilah alasan komedo ada yang berwarna hitam.

Apabila Anda raba, komedo mungkin akan terasa kasar. Hal itu mungkin bisa menyebabkan rasa tidak nyaman atau ketidakpercayaan diri seseorang. Oleh sebab itu, sebagian besar orang mencoba untuk menghilangkannya dengan berbagai cara. Salah satu yang paling umum adalah memencet komedo. Mungkin akan ada beberapa komedo yang terangkat, namun belum tentu semuanya hilang.

Cara Menghilangkan Komedo

cara, menghilangkan, komedo, dengan, putih, telur, pore, strips, kandungan, produk, kandungan, BHA, turunan, salicylic, acid, wajah, hitam, putih, terbuka, tertutup, alergi, mangkuk, tisu

Ilustrasi: membersihkan komedo dengan spatula (sumber: allure.com)

Eksfoliasi

Baca juga:  Manfaat Produk Sariayu Putih Langsat Krem Penghalus Wajah & Varian Lainnya

Sebenarnya, komedo itu bisa hilang, caranya dengan eksfoliasi rutin. Anda merasa setiap hari sudah rutin membersihkan wajah, tetapi komedo masih saja muncul? Hal itu mungkin karena cara Anda membersihkan kurang tepat sehingga masih ada kotoran yang menempel di wajah.  

Komedo diakibatkan produksi minyak berlebih serta penumpukan sel kulit mati. Untuk mengatasinya, Anda harus mengurangi minyak pada wajah terlebih dahulu. Disarankan menggunakan perawatan wajah yang sesuai jenis kulit, bisa untuk jenis kulit berminyak atau kombinasi. Apabila bepergian, bisa dengan membawa blotting paper untuk menyerap minyak di wajah. Sementara, untuk mengatasi penumpukan sel kulit mati, caranya dengan eksfoliasi rutin, bisa dengan scrubbing, peeling, atau memakai toner.

Memakai Produk Dengan Kandungan BHA

Selain rutin eksfoliasi dan membersihkan wajah, komedo anti dengan produk yang ada kandungan BHA (Beta Hydroxy Acid). Formula tersebut bisa membantu mengikis sel kulit mati dan dinilai cocok untuk kulit berminyak dan bisa ditemukan di dalam produk chemical exfoliant atau produk treatment. Salah satu turunan dari BHA yang paling sering digunakan adalah salicylic acid.  

Anda bisa mencari produk yang berbahan BHA atau salicylic acid yang memiliki tekstur gel atau lotion cair ringan sebagai pelembap. Jika Anda kulitnya berminyak, sebaiknya tidak menggunakan produk bertekstur krim karena bisa menyebabkan pori-pori tersumbat.

Pore Strips

Baca juga:  Berapa Kali Anda Harus Mencuci Muka Dalam Sehari?

Cara paling praktis mengangkat komedo adalah menggunakan pore strips. Produk pore strips itu bisa mudah ditemukan dan dibeli. Pore strips itu tipis dan ada dua bagian, di mana satu bagiannya ditujukan untuk menempel di kulit dan bisa mengangkat komedo. Sebelum menempelkan pore strips, Anda biasanya disarankan untuk membasahi dengan sedikit air di area hidung.

Ternyata, pore strips belum bisa dijadikan solusi efektif dalam mengangkat komedo. Produk itu hanya mencabut komedo di permukaan kulit, belum sampai ke dalam pori-pori. Anda pun bisa menggunakan produk lain seperti comedo extractor sesuai dengan instruksi yang tertera pada produk. Jika ingin cara lebih aman, Anda bisa mengunjungi klinik kecantikan untuk menjalani prosedur yang khusus menghilangkan komedo.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Putih Telur

cara, menghilangkan, komedo, dengan, putih, telur, pore, strips, kandungan, produk, kandungan, BHA, turunan, salicylic, acid, wajah, hitam, putih, terbuka, tertutup, alergi, mangkuk, tisu

Ilustrasi: putih telur bisa digunakan untuk mengatasi komedo

Tidak hanya menggunakan produk yang bisa dibeli di supermarket, atau di Indomaret, Anda bisa memanfaatkan bahan alami seperti telur. Lebih tepatnya lagi bahan yang digunakan adalah putih telur. Putih telur itu jika diaplikasikan pada kulit, terasa lengket sehingga dinilai bisa untuk mengangkat komedo.

Caranya, siapkan peralatan seperti telur, mangkuk, garpu, kuas, dan tisu. Siapkan telur dan pisahkan kuning dan putih telurnya. Kocok putih telur di dalam mangkuk menggunakan pengocok atau garpu hingga berbuih. Anda bisa menambahkan bahan seperti jus lemon, madu, atau baking soda, kocok jadi satu dengan putih telur. Tetapi, bahan-bahan itu bersifat opsional.

Setelah adonan putih telur itu jadi, Anda bisa mengoleskan ke wajah memakai kuas. Oleskan ke daerah hidung atau daerah yang ada komedonya. Setelah mengoleskan wajah dengan putih telur, pisahkan dua lapisan tisu menjadi satu. Lapisan tisu itu tempelkan ke wajah yang masih basah oleh putih telur. Tempelkan lagi lapisan tisu hingga memenuhi wajah, kecuali bagian kedua bola mata dan bibir.

Setelah menempelkan tisu ke wajah, Anda bisa mengoleskan lagi putih telur ke area yang telah diberi tisu. Lalu, tempelkan lagi lapisan tisu di atas lapisan tisu yang telah tertempel di wajah. Tunggu hingga masker mengering secara keseluruhan.

Jika masker sudah terasa keras, kering, dan ketat, itu tandanya Anda sudah bisa membersihkan wajah. Bilas wajah dengan air secara perlahan hingga tisu dan putih telur hilang. Namun, cara ini mungkin tidak bisa diterapkan pada semua orang. Bisa jadi, ada beberapa orang yang alergi dengan putih telur.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: