Ternyata Harus Tepat, Begini Cara Menggunakan Sendok Takar dalam Resep

Pakai sendok takar (sumber: alibaba)Pakai sendok takar (sumber: alibaba)

Saat memasak atau membuat kue dengan mempraktikkan resep tertentu, Anda disarankan untuk mengikuti takaran yang ada pada resep agar hasil masakan sempurna. Nah, untuk memastikan takaran bumbu atau bahan-bahan sudah pas, Anda dianjurkan untuk menggunakan bantuan timbangan maupun sendok takar. Cara menggunakan sendok takar juga tidak terlalu sulit. Sendok takar dapat dibeli dengan mudah di sejumlah toko peralatan rumah tangga atau toko bahan kue.

Sendok takar diperlukan karena ukuran sendok takar berbeda dengan ukuran sendok sehari-hari.[1]Sendok takar terbuat dari bahan metal atau plastik. Sendok takar digunakan untuk mengukur jumlah yang kecil pada bahan berbentuk cair dan bubuk.[2]

Beberapa resep masakan memerlukan takaran menggunakan sendok. Gunakan sendok takar supaya Anda lebih mudah saat harus menakar bahan dengan jumlah sedikit. Sendok takar warna-warni ini takarannya setara dengan ukuran sendok makan hingga sendok teh, bahkan lebih kecil lagi. Biasanya, sendok takar ini digunakan untuk menakar bahan-bahan yang penggunaannya sedikit, misalnya baking powder, vanili, garam, pewarna makanan, dan sebagainya.[3]

Baca juga:  Sebelum Staycation, Pahami Dulu Yuk Perbedaan Jacuzzi dan Bathtub!

Cara Menggunakan Sendok Takar

Sendok ukur atau sendok takar biasanya dijual satu set yang terdiri dari beberapa sendok dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran besar sampai kecil. Tiap sendok takar tersebut mewakili ukuran tertentu yang perlu Anda perhatikan. Di masing-masing sendok takar biasanya sudah tertera keterangan ukurannya, sehingga Anda tinggal mencocokkan sendok takar dengan takaran resep yang dibutuhkan.

Sendok takar berbagai ukuran (sumber: alibaba)

Sendok takar berbagai ukuran (sumber: alibaba)

Sebagai informasi, 1 set sendok takar biasanya terdiri dari 5 atau 6 ukuran sendok takar. Misalnya saja untuk sendok takar yang paling kecil umumnya tertera keterangan 1/8 sendok teh (kerap disingkat tsp = teaspoon) yang setara dengan 0,63 ml, kemudian ada 1/4 sendok teh setara dengan 1,25 ml, 1/2 sendok teh setara dengan 2,5 ml, 1 sendok teh (1 tsp) setara dengan 5 ml, 1/2 sendok makan (kerap disingkat tbs = table spoon) setara dengan 7,5 ml, serta yang paling besar ukuran 1 sendok makan atau setara dengan 15 ml. Satuan ml pada sendok takar tersebut juga setara dengan gram, sehingga 1 sendok makan = 15 ml atau 15 gr. Anda bisa menyesuaikan penggunaan sendok takar dengan resep.

Baca juga:  Tips & Cara Memanggang Croissant Agar Hasilnya Mekar Sempurna

Lantas, bagaimana cara menggunakan sendok takar yang benar? Perlu diperhatikan bahwa saat menggunakan sendok takar, sebaiknya bahan yang disendok harus dalam kondisi “peres” atau rata, tidak boleh munjung. Dengan cara tersebut, takaran bahan yang Anda sendok akan lebih akurat sesuai dengan resep.

Untuk memastikan bahwa bahan yang Anda ambil dengan sendok takar dalam keadaan peres, Anda bisa meratakannya menggunakan bantuan jari tangan Anda. Namun, pastikan jari tangan Anda dalam kondisi bersih dan kering saat meratakan bahan di sendok takar supaya tidak merusak kualitas bahan. Selain dengan jari, Anda juga bisa memanfaatkan karet gelang yang dikaretkan pada toples bahan-bahan tertentu. Jadi, saat Anda menyendok suatu bahan, Anda bisa langsung meratakannya dengan karet.

Lantas, mengapa Anda tidak dianjurkan menggunakan sendok makan atau sendok teh biasa saat menakar bumbu atau bahan-bahan lain? Seperti diketahui, sendok makan yang ada di setiap rumah bisa jadi memiliki bentuk, ukuran, dan tingkat cekungan yang berbeda-beda. Hal itu pula yang dapat menyebabkan takaran bahan Anda jadi tidak sesuai dengan resep.

Baca juga:  Apakah Sarapan Mampu Menurunkan Berat Badan?

Jika memang Anda masih belum memiliki sendok takar di rumah, sebagai gantinya Anda bisa menakar dengan timbangan. Anda bisa mengonversi terlebih dahulu ukuran sendok dalam resep ke dalam satuan gram. Misalnya untuk 1 sendok makan tepung bisa dikonversi menjadi 15 gram tepung. Anda bisa mengalikan sisanya. Demikian pula jika Anda belum punya timbangan, Anda bisa mengonversi satuan gram ke sendok makan maupun sendok teh.

[1] Ananto, DS. 2009. Buku Pintar Membuat Cake. Ayu K, editor. Jakarta: DeMedia, hlm 13.

[2] Ko, S. 2012. Rahasia Membuat Roti Sehat & Lezat dengan Ragi Alami. Monica R, editor. Yogyakarta: Indonesia Tera, hlm 5.

[3] Muyassaroh & Devi I. 2021. Cooking with Kids: Memasak Seru Bersama Si Kecil. Herlina PD, editor. Yogyakarta: Stiletto Book, hlm 12.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: