Manfaat & Cara Menggunakan Minyak Urang Aring untuk Perawatan Rambut

Tanaman urang aring (sumber: Rison Thumboor)Tanaman urang aring (sumber: Rison Thumboor)

Urang aring sudah lama dikenal sebagai tumbuhan herbal yang menyimpan banyak manfaat untuk rambut. Tak heran jika kemudian bahan satu ini kerap ditambahkan dalam berbagai produk perawatan rambut. Bahkan, ada juga yang mengolahnya ke dalam wujud minyak urang-aring agar bisa digunakan dengan cara yang lebih praktis.

Urang-aring merupakan tumbuhan liar yang bisa ditemukan di tempat terbuka, seperti di tepi jalan, tanah lapang, dan pinggir selokan. Tanaman ini dapat tumbuh dari tepi pantai sampai ketinggian 1.500 m dpl.

Terna, bertangkai banyak, tegak, kadang bagian pangkalnya berbaring, tinggi bisa mencapai 80 cm. Batang bulat, berwarna hijau kecokelatan, berambut putih yang agak kasar. Daun tunggal, bertangkai pendek. Helaian daun berbentuk bulat telur memanjang, ujung dan pangkal runcing, tepi bergerigi halus atau hampir rata, pertulangan menyirip. Kedua permukaan daun berambut, perabaan agak kasar, panjang 2-3,5 cm, lebar 5-10 cm, berwarna hijau. Bunga majemuk, berbentuk bongkol, berwarna putih, kecil-kecil. Buah memanjang, pipih, keras, dan berambut.

Urang-aring merupakan tumbuhan obat penting, baik pada pengobatan Ayurvedic maupun Chinese herbal medicine untuk tonik pada ginjal dan hati. Daun bisa dimakan sebagai sayuran.[1]

Baca juga:  Bagian Buah Pohon Ketapang Ternyata Simpan Beragam Manfaat Menakjubkan

Kandungan minyak pada urang-aring dapat menyuburkan rambut serta membuatnya semakin hitam berkilau. Pada bayi, minyak urang-aring dipercaya pula dapat mempercepat penumbuhan rambut dan melebatkannya. Tak hanya itu, bahan alami ini juga dapat mencegah kerontokan rambut dan munculnya ketombe. Hebat, bukan? Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup mengoleskan minyak urang-aring pada kulit kepala rambut secara teratur.[2]

Daun urang-aring yang kaya akan saponin, alkaloida, dan flavonoida sangat berkhasiat untuk perawatan kecantikan rambut, yaitu menyuburkan dan menghitamkan rambut. Berikut cara menggunakan minyak urang-aring untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut.

Cara Menggunakan Urang-Aring untuk Menyuburkan dan Menghitamkan Rambut

  1. Ambil segenggam urang-aring lalu giling sampai halus.
  2. Bahan tersebut remas-remaslah dengan air matang sebanyak dua gelas, kemudian peras dan disaring airnya.
  3. Hasil air saringannya diembunkan semalam.
  4. Gunakan atau oleskan air tersebut pada kulit kepala dan rambut setiap hari, sambil memijat kepala.[3]

Selain untuk menghitamkan atau menyuburkan rambut, urang-aring pun banyak dipakai untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Berikut caranya.

Pakai minyak rambut (sumber: bp-guide.id)

Pakai minyak rambut (sumber: bp-guide.id)

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Urang-Aring

  1. Ambil segenggam daun urang aring, cuci hingga bersih.
  2. Remas-remas daun urang aring, lalu rendam dalam air.
  3. Gunakan rendaman air daun urang-aring itu untuk keramas, kemudian bilas dengan sampo. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal seminggu sekali.[4]
Baca juga:  Manfaat & Dampak Negatif Minyak Bunga Matahari untuk Menggoreng

Jika sulit untuk menemukan urang-aring dalam wujud segar, Anda juga bisa membeli minyak urang-aring yang sudah jadi dan siap pakai. Begini cara penggunaannya seperti dilansir dari SehatQ.

Cara Menggunakan Minyak Urang-Aring

  1. Oleskan minyak urang aring secukupnya pada kulit kepala sambil memijatnya secara perlahan menggunakan jari dengan gerakan memutar searah jarum jam.
  2. Anda bisa lanjut mengoleskan minyak urang aring pada helaian rambut secara merata.
  3. Apabila sudah, bungkus rambut dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat atau shower cap. Diamkan selama 1 jam.
  4. Cuci rambut hingga bersih menggunakan shampoo dan kondisioner.
  5. Jika rambut masih terasa berminyak, gunakan sampo kembali.

Untuk perawatan rambut yang lebih maksimal, Anda juga bisa mencampurkan minyak urang-aring dengan minyak pelarut lain, seperti minyak kelapa. Menurut sebuah penelitian, pemakaian minyak urang aring dan minyak kelapa bisa mengurangi kerusakan rambut dan melindungi rambut dari paparan sinar ultraviolet. Selain itu, penggunaan minyak urang aring dan minyak kelapa secara teratur diklaim dapat mengatasi rambut berubah.

Baca juga:  Rekomendasi Merk Suplemen Vitamin D3 yang Bagus

Caranya juga mudah, campurkan 1 sendok makan minyak urang-aring dengan 1 sendok makan minyak kelapa. Hangatkan campuran kedua minyak itu sekitar 30 detik, lalu oleskan pada kulit kepala sambil dipijat perlahan dengan gerakan memutar selama 15 menit. Diamkan rambut Anda selama 30-60 menit. Lalu, keramas seperti biasa dan keringkan rambut Anda. Untuk merasakan khasiat yang maksimal, Anda bisa melakukan perawatan tersebut sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

[1] Dalimartha, S. 2006. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Depok: Puspa Swara, hlm 109.

[2]Go Dok. 2019. Beautyclopedia: 110 Rahasia Cantik Alami. Jakarta: Grasindo, hlm 104.

[3] Putriyanti, D dkk. 2013. 100% Cantik Rahasia di Balik Buah dan Sayur. Yogyakarta: Best Publisher, hlm 96.

[4] Novita, W. 2010. Buku Pintar Merawat Kecantikan Di Rumah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 112.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: