Cara Menggunakan Masker Madu untuk Hilangkan Jerawat Parah

Ilustrasi: wanita memakai masker madu (youtube: holistichabits)Ilustrasi: wanita memakai masker madu (youtube: holistichabits)

Bagi Anda penggemar skincare, pastinya sudah tidak asing dengan masker madu. Sudah banyak produk masker madu yang beredar di pasaran, dengan berbagai merek. Meskipun begitu, produk tersebut rata-rata terbilang mahal dan kebanyakan hanya bisa digunakan dalam sekali pakai. Sebagai solusi hemat, Anda bisa membuat masker madu sendiri di rumah, dengan aplikasi yang mudah dan praktis.

Masker madu organik buatan sendiri, selain dinilai lebih ekonomis dan hemat, juga tidak memiliki efek samping. Ini karena masker tidak menggunakan bahan campuran kimia, seperti pengawet atau parfum. Bagi Anda yang sudah penasaran dengan cara membuat masker madu, serta cara menggunakannya, berikut ulasannya.

Cara Membuat Masker Madu

Sebelum membuat masker, Anda harus menyiapkan peralatan dan bahan yang digunakan. Untuk bahan utama, Anda perlu menyiapkan madu murni. Pastikan bahwa madu tersebut tidak tercampur dengan glukosa atau gula, dan tidak memiliki bahan pengawet. Sebagai bahan tambahan, Anda bisa menyiapkan jeruk nipis, kopi, atau putih telur.

Untuk peralatannya, siapkan mangkuk plastik kecil dan sendok, sebagai alat pengaduk sekaligus alat takar, serta kuas masker. Jika Anda tidak memiliki kuas masker, Anda bisa menggunakan aplikator lainnya, seperti stik kayu.

Setelah semua siap, masukkan 2 sendok teh madu ke dalam mangkuk plastik. Potong buah jeruk nipis dan peras airnya, lalu campur dengan madu. Aduk hingga tekstur madu tidak terlalu kental. Apabila tekstur masker terlalu cair, Anda bisa menambahkan sedikit madu lagi ke dalam mangkuk.

Jika Anda tidak memiliki jeruk nipis, Anda bisa menggunakan kopi atau putih telur. Cara membuat masker dengan bahan pendamping kopi dan putih telur sama seperti membuat masker madu dan jeruk nipis. Anda hanya tinggal mencampur semua bahan menjadi satu hingga menjadi pasta yang tidak terlalu kental.

Cara Menggunakan Masker Madu

Setelah masker jadi, Anda harus segera menggunakannya agar kandungan vitamin dan mineral tidak teroksidasi. Oleskan masker ke seluruh permukaan wajah Anda hingga merata. Setelah itu, tunggu hingga 15 menit dan bilas menggunakan sabun wajah dan air hingga bersih.

Ilustrasi: wanita memakai masker madu (sumber: jasminehemsley.com)

Ilustrasi: wanita memakai masker madu (sumber: jasminehemsley.com)

Masker madu tersebut tidak hanya bisa digunakan secara langsung. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat sheet mask dari madu, juga bisa. Caranya, ambil beberapa helai kapas, akan lebih praktis jika Anda membeli tisu kain dan membentuknya menyerupai sheet mask. Setelah itu, celupkan kapas atau tisu kain ke dalam cairan masker madu hingga basah. Tempelkan kapas atau tisu kain ke wajah Anda dan usahakan tidak ada udara yang masuk ke dalam kapas. Diamkan sheet mask selama 30 menit hingga sheet mask sedikit kering. Setelah itu, bilas wajah dengan air dan sabun wajah hingga bersih.

Ketika Anda membilas masker, usahakan untuk tidak menggunakan air panas atau air dengan suhu di atas normal. Ini dapat membuat pori-pori di kulit menjadi terbuka dan melebar. Sebelum menggunakan masker madu, Anda juga harus membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun wajah. Ini bertujuan agar nutrisi dapat meresap dengan baik karena kulit tidak tertutup kotoran.

Masker madu buatan sendiri ini selain praktis dan hemat, juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Madu yang mengandung banyak mineral serta vitamin memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat pada kulit wajah. Madu akan membantu kulit memperbaiki diri sendiri dengan cepat dan mengurangi radang atau kemerahan akibat jerawat jenis acne vulgaris. 

Selain itu, madu juga bermanfaat untuk menutrisi kulit dan menjaga kesehatan kulit wajah. Bagi Anda yang memiliki kondisi kulit kering dan kusam, juga bisa menggunakan masker madu untuk mengatasinya. Dengan kandungan nutrisi dan mineral pada madu, kulit wajah akan terasa lebih lembap dan cerah.

Bagi Anda yang membuat masker madu dengan campuran ekstrak jeruk nipis, masker tersebut juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan jerawat. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C sebagai antioksidan dan asam. Ekstrak jeruk nipis akan menstabilkan pH kulit yang tidak seimbang.

pH kulit yang terlalu basa menyebabkan bakteri penyebab jerawat mudah berkembang biak, sehingga kulit mudah berjerawat. Untuk mengatasinya, dibutuhkan asam yang terdapat pada ekstrak jeruk nipis. Zat asam akan membuat pH kulit lebih asam, sehingga bakteri penyebab jerawat tidak dapat bertahan hidup. Selain dapat menyembuhkan jerawat, vitamin C yang memiliki ikatan L dalam setiap molekulnya dapat mencerahkan warna kulit dan meregenerasi kulit dengan cepat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: