Cara Menggunakan Lipstik Matte Agar Tahan Lama

Cara Menggunakan Lipstik Matte - (YouTube: That GLAM COUPLE)Cara Menggunakan Lipstik Matte - (YouTube: That GLAM COUPLE)

Pastinya Anda sudah familiar dengan gincu. Sahabat wanita yang satu ini selalu menemani hari-hari mereka agar bibir terlihat merona. Lipstik sendiri ada banyak varian, mulai dari varian glossy hingga matte. Banyak orang yang suka menggunakan pemerah bibir varian matte. Untuk membuat warnanya tahan lama, kadang mereka juga melakukan berbagai macam cara.

Lipstik sendiri merupakan salah satu kosmetik dekoratif yang digunakan untuk memperindah bibir dengan warna yang menarik. Selain itu, beberapa varian lipstik juga berfungsi untuk melindungi bibir agar tidak kering, serta menyamarkan kekurangan pada bentuk bibir.[1]

Sebagian besar gincu yang beredar di pasaran mengandung pewarna sintetis untuk mengubah warna bibir, termasuk jenis lipstik matte. Sayangnya, tidak semua produk mampu mempertahankan warnanya selama pemakaian. Nah, untuk itu, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan agar lipstik matte tidak mudah hilang.

Menggunakan Lip Primer

Sebelum menggunakan pemerah bibir, sebaiknya Anda menggunakan lip primer, terutama bagi Anda yang memiliki warna bibir cenderung gelap. Lip primer diklaim dapat membuat tekstur bibir menjadi lebih lembut dan cerah, sehingga lipstik mudah menempel dengan warna yang lebih menawan.

Baca juga:  Apakah Benar Cahaya Biru Dari Perangkat Digital Berpengaruh Buruk Terhadap Kulit?

Selain itu, lip primer juga diklaim dapat mengatur kelembapan kulit bibir. Kulit bibir yang terlalu kering akan membuat lipstik matte sulit diratakan, sementara kulit bibir yang terlalu lembap membuat warna lipstik tidak tahan lama. Inilah alasan lip primer juga mampu membuat lipstik matte bertahan seharian di bibir Anda.

Salah satu produk Lipstik Matte - www.thehappysloths.com

Salah satu produk Lipstik Matte – www.thehappysloths.com

Hindari Lipstik Glossy

Kebanyakan wanita melapisi bibir mereka dengan lipstik glossy setelah atau sebelum menggunakan lipstik matte. Sebisa mungkin hindari pemakaian lipstik glossy, karena akan membuat bibir lebih lembap dan berminyak. Pasalnya, kebanyakan produk lipstik glossy berbahan dasar minyak nabati. Kondisi bibir yang berminyak dan terlalu lembap akan membuat lipstik matte mudah bergeser dan hilang.

Jika Anda ingin membuat tampilan lipstik matte yang berkilau tanpa khawatir ketahanannya, Anda bisa mencoba menggunakan glitter. Glitter serbuk diklaim cocok bagi Anda yang menggunakan lipstik matte sepanjang hari.

Gunakan Lipstik Berlapis

Kebanyakan lipstik matte tidak akan berubah warna meskipun Anda mengoleskannya lebih dari sekali. Sebagai tips agar lipstik matte tahan seharian, Anda bisa mengaplikasikannya lebih dari sekali. Cara ini diklaim cocok bagi Anda yang memiliki bibir lembap atau berminyak.

Baca juga:  Cara Pemakaian Revlon Highlighter Photoready Insta-Fix Stick Untuk Tampilan Flawless

Sebaliknya, bagi Anda yang memiliki kondisi bibir kering, tidak disarankan untuk mencoba trik ini. Hal ini karena beberapa produk gincu varian matte terkadang memiliki daya serap tinggi. Sehingga, kulit bibir yang kering akan semakin kehilangan kelembapannya.

Menggunakan Bedak Bayi

Trik menggunakan bedak bayi agar lipstik matte tidak mudah pudar, tampaknya sudah populer di kalangan remaja sejak dulu. Bedak bayi yang memiliki daya serap tinggi serta dapat mengatur kelembapan pada kulit, diklaim dapat membuat warna lipstik matte bertahan lama.

Setelah Anda mengaplikasikan lipstik di bibir, oleskan sedikit bedak bayi untuk menyerap kandungan air atau minyak berlebih pada bibir. Bibir yang kering akan menyerap sedikit warna dari lipstik, sehingga warna bisa menempel dengan baik. Selain menggunakan bedak bayi, Anda bisa menggunakan berbagai macam varian bedak tabur lainnya yang memiliki daya serap bagus.

Menggunakan Lipstik Matte di Rumah - www.bustle.com

Menggunakan Lipstik Matte di Rumah – www.bustle.com

Menggunakan Lip Foundation

Salah satu cara agar lipstik matte Anda mampu bertahan lama di bibir, yaitu menggunakan lip foundation. Cara ini tampaknya juga sudah diterapkan oleh banyak MUA (make up artist), apalagi saat ini sudah ada banyak varian lip foundation yang bisa Anda coba. Lip foundation, selain menetralkan warna bibir untuk memunculkan warna asli gincu, juga mengontrol kelembapan kulit.

Baca juga:  Penyebab dan Pengobatan Penyakit Herpes Genital

Kadar minyak dan air yang tidak berlebihan akan membuat warna lipstik menjadi semakin menempel di kulit bibir Anda. Sehingga, lipstik akan aman, meskipun Anda minum atau makan di acara hajatan. Cocok untuk Anda yang ingin tampil menawan di acara-acara tertentu dalam waktu yang lama.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda terapkan untuk membuat lipstik matte menjadi lebih tahan lama. Pastikan sebelum mengoleskan pemerah bibir, Anda membersihkan kulit bibir Anda terlebih dahulu. Kulit yang bersih akan mempermudah Anda meratakan warna lipstik di bibir.

[1] Nurhabibah. 2016. Formulation of Liquid Lipstick from Tumeric (Curcuma Longa L.) and Cinnamon (Cinnamomum burmannii) Extract. Jurnal Ilmiah Farmako Bahari, Vol. 8(1): 41-52.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: