Cara Mengetahui Berapa Takaran Susu yang Tepat untuk Bayi Usia 3 Bulan

Takaran Susu - www.momjunction.com Takaran Susu - www.momjunction.com

Sebaik-baiknya formula, masih belum ada yang mampu menandingi kandungan pada air susu ibu (ASI). Oleh sebab itu yang baru lahir biasanya sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ASI eksklusif hingga 6 bulan. Akan tetapi, beberapa ibu yang kesulitan mengeluarkan ASI atau pada kondisi tertentu biasanya memutuskan untuk memberikan susu formula pada sang buah hati. Takaran susu untuk ini bisa berbeda-beda tergantung dari bayi itu sendiri.

Takaran susu bayi yang tepat dalam sehari bisa dihitung dengan 2 cara, yakni meninjau dari berat badan bayi atau berdasarkan usia. Jika ingin menghitung takaran susu bayi berdasarkan berat badannya, Anda perlu memahami takaran susu dalam oz (ounce) dan satuan berat dalam pound. Untuk mengetahui berapa takarannya, Anda tinggal mengalikan berat badan bayi (dalam pound) dengan 2, dan bagi dengan berapa kali frekuensi Anda memberikan sufor dalam sehari. Itulah takaran yang didapat dalam oz.

Sedangkan untuk mendapatkan hasilnya dalam mililiter, Anda bisa menggunakan rumus: berat bayi (dalam kilogram) x 2,2 x 2 x 30 ml. Hasil yang didapat merupakan kebutuhan total dalam 1 hari. Nah, jika ingin menghitung takaran susu per sekali minum, Anda tinggal membagi perhitungan yang didapat tadi dengan berapa kali Anda memberikan susu pada bayi dalam 1 hari.

Takaran Susu - www.sheknows.com

Takaran Susu – www.sheknows.com

Cara yang kedua adalah dengan menghitung takaran susu dari umur sang bayi. Bayi yang baru lahir biasanya membutuhkan 30 ml sufor dalam sehari. Kemudian bayi usia 1-2 bulan umumnya membutuhkan 30-60 ml susu sekali minum, bayi usia 2-6 bulan membutuhkan 60-90 ml susu, dan bayi berumur 6 bulan atau lebih biasanya membutuhkan 90 ml sufor atau lebih.

Adapun untuk bayi berusia 3 bulan bisa ditambahkan konsumsi makanan padat sebagai pelengkap nutrisi. Takaran 60-90 ml bagi bayi 3 bulan ini bukanlah ukuran baku, tetapi bisa disesuaikan dengan kondisi bayi Anda. Apabila bayi Anda masih menangis karena lapar atau membutuhkan lebih, Anda bisa memberikan 30-60 ml susu formula sebagai tambahan.

Selain menghitung takaran susu berdasarkan berat badan dan usia bayi, Anda juga bisa memperhatikan takaran yang tertera dalam kemasan susu formula. Tiap merk susu formula biasanya memiliki ukuran sendok takar yang tidak berbeda terlalu jauh. Pada kemasan sufor Anda akan mendapatkan informasi yang lengkap terkait takaran susu berdasarkan golongan usia serta cara penyajian yang tepat.

Apabila Anda masih bingung atau ragu, maka langkah yang paling tepat tentu saja dengan berkonsultasi ke . Pastikan kebutuhan nutrisi bayi Anda tidak kurang dan tidak berlebihan, dengan demikian maka proses tumbuh kembang buah hati Anda pun tidak akan terganggu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: