Cara Mengembalikan Kolagen Alami Untuk Wajah Tetap Awet Muda

Kolagen, alami, untuk, wajah, awet, muda, keriput, jerawat, collagen, produk, kosmetik, usia, cara, meningkatkan, makanan, perangsang, produksi, kulit, mengembalikan, merangsang, buah, mengandung, masker, vitamin, konsumsi, sayuran, Kulit kencang dan awet muda

Saat ini, kolagen menjadi salah satu istilah yang populer dalam dunia khususnya pada produk-produk wajah. Beragam jenis produk beramai-ramai menggunakan kata kolagen pada kemasan produk mereka.

Kolagen merupakan protein utama dalam , tulang, tendon, tulang rawan, dan jaringan ikat kita. Berkat kolagen, tubuh dapat tersambung dan terikat satu sama lain hingga kuat, elastis, dan terstruktur. Kolagen juga membantu mengganti dan memulihkan sel-sel mati, membentuk jaringan fibrosa agar sel-sel baru dapat tumbuh, hingga melindungi organ-organ dalam tubuh seperti ginjal.

Kolagen bisa dipecah dan diasimilasi oleh tubuh, memiliki beragam fungsi, dan bersifat . Ini membuat kolagen dapat digunakan dalam berbagai kegiatan medis, terutama yang berasal dari manusia dan ternak misalnya sapi, babi dan domba (ovine). Kolagen tersebut bisa dimasukkan dalam produk kecantikan, dijadikan suplemen, disuntik, dan lain-lain.

Banyak produk kecantikan berbentuk krim mengklaim diri dapat meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh untuk merevitalisasi kulit. Sayangnya, molekul kolagen yang ada dalam produk tersebut terlalu besar untuk diserap ke dalam tubuh. Berdasarkan salah satu penelitian juga menemukan bahwa suplemen kolagen hidrolisat membantu mengurangi gejala nyeri osteoarthritis secara signifikan dan meningkatkan fungsi sendi.

Seorang ahli dermatologi, dr. Indrawati Wijaya, SpKK menjelaskan bahwa sumber kolagen memang banyak diterapkan pada beberapa atau pelembab wajah. Produk produk tersebut kemungkinan memang efektif dalam memberikan manfaat, akan tetapi kolagen yang didapat dari luar, atau bukan dari sumber makanan yang kita konsumsi biasanya tidak bisa diserap ke dalam tubuh karena strukturnya.

Kolagen, alami, untuk, wajah, awet, muda, keriput, jerawat, collagen, produk, kosmetik, usia, cara, meningkatkan, makanan, perangsang, produksi, kulit, mengembalikan, merangsang, buah, mengandung, masker, vitamin, konsumsi, sayuran,

Penggunaan lotion perawatan wajah

Adanya kandungan kolagen, juga diyakini mampu membantu memberikan perawatan lebih terhadap kulit. Produk kecantikan yang mengandung kolagen memang bisa bermanfaat, tapi manfaat maksimal kolagen hanya bisa didapat jika kolagen itu benar-benar ada di dalam tubuh. Cara yang paling terkenal untuk mendapatkan kolagen dan memasukkannya ke dalam tubuh adalah dengan metode suntik.

Namun bagi beberapa orang yang khawatir terhadap bahaya metode suntik, pemilihan produk krim atau pelembap yang memiliki kandungan kolagen masih sering dilakukan. Meski sebenarnya kandungan kolagen juga dapat bersumber dari makanan. Selama makanan itu diolah dengan baik maka bisa membuat kebutuhan tubuh akan asam amino tercukupi. Asam amino merupakan zat pembentuk kolagen. Dengan disertai asupan vitamin dan mineral, maka asam amino akan membentuk struktur protein dalam tubuh, tak terkecuali kolagen.

Makanan Untuk Merangsang Produksi Kolagen Pada

Produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia, dan itu tidak bisa dicegah. Namun selain usia, ada juga faktor lain yang bisa menguras kadar kolagen seperti penyakit autoimun, sinar ultraviolet matahari, merokok, dan mengonsumsi banyak gula. Produksi kolagen alami dalam tubuh umumnya akan menurun seiring dengan bertambahnya usia, dimulai dari sekitar usia 40 tahunan. Jika sudah seperti itu, kulit pun menjadi kendur, garis-garis dan kerutan bermunculan, dan tulang rawan pada sendi menjadi lemah.

Jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang halus, lembut, mulus, kencang, kenyal, dan terlihat awet muda, maka perbanyak konsumsi makanan sehat, utamanya jenis makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, tembaga, anthocyanidins, dan proline. Berbagai nutrisi tersebut dipercaya dapat merangsang pembentukan kolagen dalam tubuh.

Kolagen, alami, untuk, wajah, awet, muda, keriput, jerawat, collagen, produk, kosmetik, usia, cara, meningkatkan, makanan, perangsang, produksi, kulit, mengembalikan, merangsang, buah, mengandung, masker, vitamin, konsumsi, sayuran,

Bahan makanan mengandung vitamin A

Vitamin A misalnya, bisa didapat dengan mengonsumsi telur, susu, hati, ubi, wortel, bayam, aprikot, keju, minyak ikan, ikan berlemak , yoghurt, paprika merah, mangga, pepaya, brokoli, zukini, dan lain sebagainya. Sedangkan, Vitamin C bisa ditemukan pada melon, jeruk, brokoli, kubis merah, paprika merah, paprika hijau, kiwi, tomat, stroberi, kentang, cabai, jambu biji merah, peterseli, kembang kol, pepaya, lemon, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, makanan yang mengandung tembaga antara lain adalah coklat hitam, kacang almond, kacang lentil, kacang mede, jamur, kepiting, tiram, hati sapi, biji bunga matahari, gandum utuh, sayuran hijau, kentang, dan kacang-kacangan. Prolin, didapat dari kubis, kacang kedelai, susu, daging sapi, dan putih telur. Anthocyanidins, ditemukan di ceri, raspberry, blackberry, dan blueberry.

Kemudian, Alpha-hydroxy acids (AHAs), yang merupakan kelompok asam alami yang ditemukan dalam makanan, termasuk asam sitrat (ditemukan dalam buah jeruk), asam malat (ditemukan dalam apel), asam tartarat (ditemukan dalam anggur), asam glikolat (ditemukan dalam tebu), asam laktat (ditemukan dalam susu asam), dan lain-lain.

Air putih sangat diperlukan untuk pertumbuhan kulit yang sehat. Setidaknya minum 8 gelas air putih setiap hari untuk mendapatkan kulit yang sehat. Selain itu jangan lupa untuk menggunakan tabir surya. Pasalnya, kulit yang tidak menggunakan tabir surya akan cepat rusak terpapar sinar matahari. Kulit yang rusak tidak dapat menghasilkan kolagen, sehingga melindungi kulit dari efek berbahaya matahari akan menjaga kulit sehat dan meningkatkan pertumbuhan. Selain rutin mengonsumsi jenis makanan tersebut, jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup sehat.

Kolagen, alami, untuk, wajah, awet, muda, keriput, jerawat, collagen, produk, kosmetik, usia, cara, meningkatkan, makanan, perangsang, produksi, kulit, mengembalikan, merangsang, buah, mengandung, masker, vitamin, konsumsi, sayuran,

Perawatan menggunakan masker

Cara lainnya untuk meningkatkan kadar kolagen adalah dengan perawatan masker kolagen. Masker kolagen dipercaya dapat membantu mengencangkan kulit serta dapat meregenerasi kulit sehingga tampak awet muda. Akan tetapi, harga masker kolagen ini relatif mahal dibandingkan dengan masker jenis lainnya. Untuk mengakalinya, Anda bisa membuat ramuan masker dengan bahan-bahan alami di rumah.

Masker buah delima dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang membuat kulit lebih halus dan mulus. Selain itu, buah delima mengandung vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan kolagen, sehingga membuat kulit cerah dan bercahaya. Anda dapat meraciknya sendiri dengan cara ambil 3 sendok biji delima, tambahkan dua sendok gandum (oat) dan 2 sendok susu. Aduk semua bahan bersamaan dan oleskan pada wajah. Tunggulah beberapa saat dan basuh dengan air dingin.

Anda pun bisa membuat masker dari campuran oatmeal dan madu, dan pijatkan pada wajah. Diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air dingin. Masker ini sangat bermanfaat bagi kulit bisa dipakai secara teratur, antara lain membantu mengelupaskan kulit dan mencegah sel kulit mati, meningkatkan produksi kolagen, membuat kulit tampak lebih muda. Gunakan masker ini paling tidak lima kali seminggu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: