Bagaimana Cara Mengecilkan Payudara dengan Olahraga?

Ilustrasi: olahraga untuk mengecilkan payudaraIlustrasi: olahraga untuk mengecilkan payudara

Bagi wanita yang baru saja menyusui atau melahirkan, memiliki berat badan berlebih adalah hal yang normal. Namun, tetap saja ini mengganggu penampilan dan biasanya akan mengubah struktur tubuh bagian atas, termasuk payudara. Untungnya, payudara yang terlalu besar akibat berat badan berlebih, bisa diatasi dengan cara olahraga. Cara mengecilkan payudara seperti ini memang cukup efektif dan aman.

Cara Mengecilkan Payudara

Wanita yang baru saja melahirkan atau sedang menyusui, biasanya memiliki ukuran payudara yang cenderung besar dan montok, karena kandungan air dan lemak yang meningkat di area tersebut. Selain itu, kebanyakan ibu juga melakukan perawatan pada payudaranya untuk memperlancar ASI dan sirkulasi darah. Perawatan yang dimaksud bisa berupa mengonsumsi suplemen, memijat, dan mengonsumsi makanan berserat tinggi. ASI yang semakin lancar dan banyak, membuat payudara menjadi lebih berisi.[1]

Ibu menyusui bayi (sumber: lagizi.com)

Ibu menyusui bayi (sumber: lagizi.com)

Setelah menyusui, ada wanita yang payudaranya berubah ke ukuran semula dan ada yang tidak. Penyusutan ukuran payudara bisa disebabkan oleh kandungan air dan lemak yang berkurang. Kondisi ukuran payudara yang tidak berubah setelah menyusui, biasanya membuat sebagian wanita merasa kurang nyaman dan sering mengalami sesak napas.

Baca juga:  Mengenal Keratosis Pilaris dan Cara Mengatasinya

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan ukuran payudara menjadi lebih proporsional. Beberapa orang mencoba diet, dengan mengganti makanan yang cenderung berlemak menjadi berserat. Sebagai contoh, jika pada waktu hamil Anda lebih suka mengonsumsi daging, setelah menyusui, Anda bisa menggantinya dengan sayuran atau kacang-kacangan.

Beberapa orang juga berhenti mengonsumsi susu untuk mengurangi ukuran payudara. Susu sapi yang mengandung lemak tinggi, apalagi susu ibu hamil dan menyusui, biasanya bisa membesarkan payudara. Ini karena kandungan nutrisi pada produk yang membantu melancarkan ASI dan membuat kandungan air serta lemak di payudara meningkat.

Selain itu, ada juga cara yang efektif dan mudah, yakni dengan olahraga secara teratur. Dilansir dari Okezone Lifestyle, payudara yang sebagian besar terdiri dari jaringan lemak, bisa dikecilkan dengan olahraga secara teratur. Olahraga dengan tepat akan membantu membakar lemak di bagian dada dan memperkuat otot di bagian bawah payudara untuk memperkecil ukurannya. Lalu, olahraga seperti apa yang bisa Anda lakukan?

Olahraga untuk Mengecilkan Payudara

Ilustrasi: olahraga untuk mengecilkan payudara

Ilustrasi: olahraga untuk mengecilkan payudara

  • Dilansir dari glitzmedia.co, Anda bisa melakukan gerakan yang disebut tree pose untuk mengecilkan payudara. Berdirilah secara tegak dengan mengangkat satu kaki kiri hingga menyentuh paha bagian dalam. Lipat kedua tangan di bagian tengah dada dan atur pernapasan dengan ritme yang cepat. Gerakan ini terbilang ampuh untuk mengencangkan otot-otot bagian payudara. Selain itu, keseimbangan dan kekuatan pada bahu dalam gerakan ini bermanfaat untuk memperkuat tulang punggung, sehingga postur tubuh akan lebih tegap dan ideal.
  • Lakukan cobra pose seperti dalam gerakan yoga. Cara ini konon ampuh untuk mengembalikan ukuran payudara tanpa efek samping. Selain itu, gerakan ini bermanfaat untuk memperkuat otot bagian dada dan meningkatkan aliran oksigen dalam paru-paru. Untuk melakukan cobra pose, berbaringlah di matras dengan posisi tangan di depan bahu, mirip ketika Anda sedang push up. Dorong kepala hingga pinggang ke arah atas dengan lutut menempel di matras.
  • Warrior pose juga salah satu gerakan yoga yang patut Anda coba supaya ukuran payudara kembali proporsional. Cara mengecilkan payudara memakai pose tersebut terbilang cukup simpel. Anda hanya perlu berdiri dengan kuda-kuda dan tekuk bagian kaki kanan ke depan dengan kaki kiri tegak condong ke belakang. Rentangkan tangan Anda dalam posisi sejajar dan ke atas secara bergantian. Gerakan ini juga memiliki manfaat untuk memperpanjang otot toraks dan membuatnya lebih elastis serta kuat.
  • Bagi Anda yang sudah pernah mengikuti kelas yoga, pasti tidak asing dengan triangle pose. Gerakan ini memiliki manfaat untuk memperkuat otot toraks, meluruskan tulang belakang, melancarkan sistem peredaran darah, meringankan pernapasan, dan mengecilkan payudara. Anda hanya perlu berdiri tegak dengan dua kaki terbuka dan berbentuk segitiga sama kaki. Jatuhkan tubuh ke arah kanan hingga tangan kanan menyentuh kaku Anda. Lakukan hal ini secara bergantian dari arah kanan ke kiri.
Baca juga:  Skiva, Lipstik Lokal Murah Meriah yang Punya Pilihan Warna Segambreng

Selain gerakan di atas, beberapa orang melakukan gerakan camel pose untuk mengencangkan dan mengecilkan payudara. Selain itu, camel pose juga berkhasiat untuk mengatasi sakit punggung dan meningkatkan daya tahan patu-paru. Gerakannya tidak terlalu sulit, karena Anda hanya perlu berlutut dengan kedua kaki di belakang. Rentangkan badan dan kepala ke arah belakang dengan kedua tangan memegang telapak kaki seperti melakukan kayang.

[1] Soleha, Siti Nur, Edi Sucipto, Nilatul Izah. 2019. Pengaruh Perawatan Payudara terhadap Produksi ASI Ibu Nifas. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan Politeknik Harapan Bersama, Vol. 6(2): 98-106.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: