Jangan Sampai Tertipu, Begini Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu

Memakai Kosmetik yang AsliMemakai Kosmetik yang Asli

Sejak maraknya jual-beli online, kita menjadi lebih mudah memiliki akses ke sejumlah produk yang diklaim homemade atau bahkan buatan pabrik skala rumah tangga. Meski tak semuanya buruk, beberapa oknum rupanya memanfaatkan celah ini untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya dengan menawarkan produk kosmetik palsu atau tiruan dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran. Kosmetik palsu ini umumnya memiliki tampilan yang hampir sama seperti kemasan asli, namun tentunya dengan kandungan dan kualitas yang masih dipertanyakan, karena masih belum terdaftar di BPOM.

Kunci pertama memilih produk kosmetik yang legal dan aman adalah dengan memastikan produk tersebut sudah memiliki nomor registrasi dari BPOM. Kode registrasi tersebut biasanya tercantum pada kemasan. Kode registrasi produk makanan, obat, dan kosmetik berbeda satu sama lain. Jika masih merasa ragu dengan kode yang terdapat pada kemasan, kita bisa mengecek langsung status kelayakan produk tersebut di website resmi BPOM RI.[1]

Pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sendiri memang bertugas untuk mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia. Fungsi dan tugas lembaga ini menyerupai fungsi dan tugas Food and Drug Administration di Amerika Serikat dan European Medicines Agency di Uni Eropa. Bahkan untuk melindungi keamanan konsumen, BPOM pun memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk mengecek sendiri produk kosmetik, obat-obatan, maupun makanan yang hendak dikonsumsi, baik melalui website ataupun aplikasi resmi BPOM.

Baca juga:  Cara Membuat Kecap Asin untuk Bubur Ayam, Mie Ayam, dan Sajian Nikmat Lainnya

Agar lebih jelas, berikut ini kami rangkum beberapa cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu.

Kosmetik yang dijual dipasaran

Kosmetik yang dijual dipasaran

Cara Cek Keaslian Kosmetik Secara Online via Situs Resmi BPOM

  1. Buka browser pada ponsel atau PC.
  2. Kunjungi halaman cekbpom.pom.go.id.
  3. Kemudian pilih cari produk berdasarkan nomor resi BPOM atau nomor registrasi produk. Selain itu, bisa juga cari produk berdasarkan nama produk.
  4. Masukkan nomer registrasi BPOM atau nama produk kosmetik yang hendak Anda beli.
  5. Kemudian klik “Cari”
  6. Tunggu beberapa saat. Jika produk kosmetik tersebut benar-benar asli dan terdaftar di BPOM, maka secara otomatis detail informasi tentang produk akan muncul di layar. Sebaliknya, jika produk itu palsu, maka hanya tertulis keterangan “Data tidak ditemukan.”

Cara Cek Keaslian Kosmetik Secara Online via Aplikasi Cek BPOM

  1. Unduh aplikasi “Cek BPOM” di Playstore atau Appstore secara gratis.
  2. Instal aplikasi tersebut pada perangkat Anda.
  3. Buka aplikasi yang sudah terinstal.
  4. Pada jendela awal aplikasi akan tampil beberapa pilihan. Di mana Anda bisa mengecek keaslian produk kosmetik dengan menggunakan Nomor Registrasi, Nama Produk, atau lainnya.
  5. Apabila menggunakan Nomor Registrasi, masukkan nomor registrasi produk ke dalam aplikasi.
  6. Klik “Cari produk”
  7. Tunggu beberapa saat. Seperti halnya dengan menggunakan website BPOM, nantinya akan muncul data lengkap mengenai produk jika memang benar-benar asli. Jika tidak ada datanya, berarti produk itu masih belum terdaftar di BPOM.
Baca juga:  Sulit Cari Heavy Cream? Jangan Menyerah, Ini Sederet Bahan Alternatif Pengganti Heavy Cream

Selain menginputkan nomor registrasi BPOM atau nama produk, untuk mengetahui kosmetik asli atau palsu pun Anda bisa mengeceknya berdasarkan merek hingga bentuk produk kosmetik tersebut. Cukup mudah bukan? Menariknya lagi, apabila Anda mencari berdasarkan merek kosmetik, maka Anda kemungkinan dapat menemukan semua jenis produk dari brand kosmetik tersebut. Termasuk produk-produk kosmetik yang bahkan belum dirilis ke pasaran.

Nah, jika Anda menemukan kosmetik palsu yang beredar dengan bebas di pasaran tanpa izin resmi dari BPOM, maka Anda pun bisa melakukan pengaduan dengan mudah secara online. Berikut langkah-langkahnya.

Varian Kosmetik yang Sudah Terdaftar di BPOM

Varian Kosmetik yang Sudah Terdaftar di BPOM

Pengaduan Kosmetik Palsu ke BPOM

  1. Kunjungi situs resmi pom.go.id.
  2. Klik bagian “Layanan Online”
  3. Pilih “Unit Layanan Pengaduan Konsumen”
  4. Anda akan dihubungkan dengan lama khusus ULPK, lalu pilih “Form Pengaduan”
  5. Isi data diri, deskripsi produk yang ingin dilaporkan, serta tempat Anda memperoleh produk. Kemudian klik “Kirim”
Baca juga:  Selain Obati Panu, Apakah Salep 88 Bermanfaat untuk Wajah?

Nantinya pelaporan produk kosmetik palsu tersebut akan diproses oleh pihak Unit Layanan Pengaduan Konsumen BPOM. Perlu diingat juga, pastikan Anda menggunakan produk kosmetik yang memang aman dan sudah terdaftar di BPOM.

[1] Muliyawan, D dkk. 2013. A-Z tentang Kosmetik. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm 60.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: