Cara Mengawetkan Bunga Kering Supaya Tidak Mudah Berjamur

Karangan bunga kering (sumber: budnaked.com)Karangan bunga kering (sumber: budnaked.com)

Banyak orang mencoba mengawetkan bunga dengan cara mengeringkannya. Namun ternyata, cara ini tidak membuat bunga bertahan selamanya. Tak jarang pula ditemukan bunga yang sudah dikeringkan malah berjamur dan berkutu. Lalu, bagaimana agar bunga yang sudah dikeringkan tetap indah?

Sekuntum bunga yang baru saja dipetik memang tidak dapat dinikmati keindahannya dalam waktu yang lama. Padahal, harga bunga segar tidaklah murah. Untuk mempertahankan nilai estetikanya, orang-orang suka mengawetkan bunga dengan cara mengeringkannya. Pasalnya, bunga kering memiliki nilai seni sekaligus nilai jual. Bisa dibilang, mengawetkan bunga dengan metode pengeringan adalah salah satu proses berkesenian.[1]

Setelah bunga segar dikeringkan, lantas tidak dibiarkan begitu saja. Untuk menjaga keindahan bunga tersebut, Anda perlu melakukan perawatan. Berikut adalah cara mengawetkan bunga kering yang sederhana dan bisa Anda praktikkan kapan saja.

Gunakan Hairspray

Bunga kering

Bunga kering

Bunga kering yang sudah dibeli, kadang bentuknya kurang rapi, apalagi jika hanya dikemas dalam plastik tipis. Agar bunga kering bisa terlihat indah tanpa cacat sedikit pun, Anda bisa menyemprotkan sedikit hairspray. Pilihlah hairspray dengan aroma yang harum dan tidak terlalu menyengat karena hairspray dapat memengaruhi aroma bunga kering. Sebaiknya Anda memilih hairspray yang memiliki kekakuan tinggi.

Baca juga:  Info Resep & Cara Membuat Sabun Cuci Piring Sederhana

Secara perlahan, semprot bagian kelopak bunga secara merata dan biarkan mengering. Lanjutkan penyemprotan dari pangkal kelopak menuju batang bunga. Jika Anda merasa sulit meratakan hairspray, Anda bisa memakai kuas. Semprotkan hairspray pada wadah plastik dan oleskan liquid-nya pada bunga kering.

Selain membuat bunga kering lebih kaku dan awet, cara ini akan membuat warna pada bunga tidak terlalu pucat. Hairspray akan membantu memunculkan sedikit pigmen pada bunga kering. Selain itu, ada beberapa varian hairspray yang mampu membuat bunga kering menjadi lebih mengilap dan tampak hidup.

Memilih Tempat Penyimpanan yang Tepat

Menyimpan bunga kering (sumber: zucchinisisters.com)

Menyimpan bunga kering (sumber: zucchinisisters.com)

Kunci utama agar bunga kering tidak mudah berjamur atau dihinggapi serangga, yaitu tempat penyimpanan yang tepat. Pada beberapa kasus, ditemukan bunga edelweis yang berjamur dan dihinggapi kutu. Ini karena disimpan dalam vas bunga yang ada di dalam lemari. Bunga kering seperti ini tidak boleh terlalu lama ditempatkan di dalam lemari karena kurang cahaya, kurang sirkulasi udara, dan lembap.

Baca juga:  Rekomendasi Produk Ponds Untuk Masalah Kulit Berminyak Dan Kusam

Sebaiknya Anda meletakkan bunga kering di atas vas dengan pori-pori yang besar. Anda bisa menempatkan bunga kering pada vas yang terbuat dari kawat atau rotan dengan celah-celah yang banyak. Ini akan membuat media penyimpanan bunga tidak lembap dengan sirkulasi udara yang baik.

Selain itu, sebaiknya Anda menyimpan bunga di luar lemari dengan kondisi ruang yang sejuk namun tidak terkena matahari secara langsung. Konon, tempat yang tepat untuk meletakkan bunga kering adalah di ruang tamu atau meja kamar. Sehingga, bunga kering tidak hanya awet, tetapi juga memberi kesan estetika pada ruang di rumah Anda.

Membakar Bunga Kering

Bunga kering

Bunga kering

Bagi Anda yang baru saja membeli bunga kering, sebaiknya memeriksa tingkat kekeringan bunga tersebut. Ciri bunga kering yang baik adalah memiliki tekstur yang padat, keras, dan garing, tetapi tidak rapuh atau mudah sobek. Jika tingkat kekeringannya kurang, bunga mudah membusuk dan berjamur.

Jika Anda mendapatkan bunga kering dengan tingkat kekeringan yang buruk (kurang garing), maka Anda bisa mencoba mengawetkannya dengan membakarnya dalam oven. Namun, cara ini sedikit berbahaya, sehingga Anda perlu berhati-hati. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan bubuk atau granula gel silika penyerap lembap, kotak plastik tahan microwave, dan microwave.

Baca juga:  Ternyata Bisa Bikin Sendiri, Begini Resep Salad ala Pizza Hut yang Lezat

Masukkan gel silika ke dalam kotak plastik tahan panas dan tata hingga padat serta memiliki ketinggian permukaan yang sama. Setelah itu, masukkan bunga kering yang baru Anda beli. Usahakan posisinya menghadap ke atas dengan jarak antar bunga yang agak jauh. Ambil segelas air dan masukkan ke microwave bersama dengan sekotak bunga kering dan gel silica. Selanjutnya, bakar bunga kering tersebut di dalam microwave selama 2 menit menggunakan suhu rendah. Jika sudah, Anda bisa meletakkannya di meja sebagai hiasan.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar bunga kering tidak mudah berjamur, berkutu, dan busuk. Selain itu, Anda juga bisa merawat bunga kering dengan rajin membersihkannya dari debu dan menyemprotnya dengan alkohol.

[1] Prasodjo, Mutia, dkk. 2016. Merangkai Bunga Kering dan Bunga Buatan Level 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: