Cara Mudah Menenangkan Kecemasan Anak

Menenangkan Kecemasan Anak - hope1032.com.auMenenangkan Kecemasan Anak - hope1032.com.au

Kecemasan tidak hanya memengaruhi orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Rasa cemas yang dialami oleh anak-anak, tentu berbeda dengan orang dewasa. Pada anak-anak, gejala cemas bisa memengaruhi perilaku, pola tidur, dan pola makan mereka. Tentu ini akan sangat berbahaya dan berisiko penurunan kesehatan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Dengarkan Cerita Anak

Kecemasan adalah suatu perasaan takut yang tidak menyenangkan dan tidak dapat dibenarkan, yang sering disertai dengan gejala fisiologis.[1] Gejala cemas pada anak yang sering terlihat, antara lain raut wajah yang tiba-tiba berubah, menjerit, menangis, badan gemetar, dan berlari ketakutan.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan anak yang cemas, entah itu karena faktor internal atau eksternal. Dilansir dari HuffPost, sebagai orang tua, Anda tidak bisa menghindari atau mengabaikan anak yang sedang cemas. Membiarkan anak-anak dalam kecemasan, akan membuat mereka menjadi pribadi yang penakut dan berisiko stres, depresi, hingga anxiety disorder.

Salah satu cara mudah untuk mengatasi kecemasan pada anak adalah mendengarkan mereka bercerita. Sebagai contoh, jika anak Anda merasa cemas akibat mimpi buruk atau kesulitan beradaptasi di lingkungan yang baru, biarkan mereka bercerita tentang apa yang mereka alami. Dengarkan dengan baik cerita mereka dan respon dengan cara yang positif,. Ini akan membuat mereka merasa lega dan menjadi lebih berani menghadapi apa yang mereka cemaskan.

Baca juga:  Tips Membantu Anak dalam Pembelajaran Jarak Jauh
Mendengarkan Cerita Anak - www.theschoolrun.com

Mendengarkan Cerita Anak – www.theschoolrun.com

Posisikan Anda sebagai Teman

Saat Anda mendengarkan cerita anak Anda, sebaiknya posisikan diri Anda sebagai teman mereka. Anda bisa mengambil sudut pandang sebagai anak-anak yang sebaya dengan anak Anda. Ini akan mempermudah Anda untuk memahami apa yang mereka rasakan dan alami saat rasa cemas itu muncul.

Setelah Anda memahami situasi dan penyebab kecemasan pada anak, Anda bisa mengambil sudut pandang Anda kembali sebagai orang tua. Anda bisa memberikan mereka motivasi supaya mereka tidak merasa cemas lagi. Selain itu, Anda juga bisa menghibur mereka dengan hal-hal yang lebih sederhana.

Berikan juga empati kepada anak Anda yang sedang cemas dan jangan memarahi mereka. Sikap cuek juga tidak diperlukan untuk mengatasi anak yang cemas. Anak-anak yang diperhatikan dengan cara ini, biasanya akan mudah melupakan kejadian yang membuat mereka cemas.

Posisikan Anda sebagai Teman - bookriot.com

Posisikan Anda sebagai Teman – bookriot.com

Biasakan Anak di Posisi yang Kurang Nyaman

Dilansir dari helloSEHAT, Anda perlu mengajari anak untuk menghadapi kecemasannya sendiri. Tidak ada salahnya untuk membiasakan anak pada hal atau keadaan yang kurang nyaman, tetapi tidak terlalu berlebihan. Mungkin ini akan membuat mereka mengeluh seharian, tetapi mereka akan tumbuh dengan kuat dan tidak mudah cemas.

Baca juga:  Mitos Atau Fakta, Anak Perempuan Tidak Lebih Jago Matematika Dibanding Anak Laki-laki?

Saat anak Anda mulai mengomel karena tidak nyaman atau cemas, Anda hanya perlu mendengarkannya dan meresponnya dengan sewajarnya. Selain itu, jangan terlalu memanjakan mereka. Sesekali, Anda harus bersikap tegas, tetapi Anda juga perlu menjelaskan alasan mengapa Anda bersikap seperti itu. Anak-anak yang salah paham dengan tindakan yang Anda lakukan terhadap mereka, biasanya akan menjauh dan memilih untuk diam. Ini akan membuat ikatan antara anak dan orang tua menjadi renggang. Anak-anak yang seperti ini, justru akan kebingungan saat mengatasi rasa cemasnya sendiri.

Anak di Posisi yang Kurang Nyaman - www.strong4life.com

Anak di Posisi yang Kurang Nyaman – www.strong4life.com

Cari Tahu Penyebab Kecemasan

Dilansir dari tirto.id, cari tahu hal yang membuat anak merasa cemas dengan cara bertanya kepada mereka. Mungkin beberapa anak tidak akan menceritakan kekhawatiran mereka, sehingga Anda juga perlu mengetahuinya dari berbagai sumber. Sebagai contoh, Anda bisa menanyakan hal ini pada teman dekat anak Anda atau wali kelasnya.

Baca juga:  Amankah Pakai Obat Caladine Lotion Cair untuk Atasi Biang Keringat pada Bayi?

Jika cara ini tidak membuahkan hasil, yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan perubahan perilaku mereka. Anak-anak yang cemas, biasanya tingkahnya akan berubah saat diharuskan menghadapi kecemasan tersebut. Sebagai contoh, jika anak Anda cemas tidur sendiri di kamar, biasanya mereka akan sulit tidur atau ingin tidur bersama orang tuanya. Sementara, beberapa anak yang cemas dengan lingkungan luar, biasanya akan malas pergi ke sekolah atau tidak ingin pergi dari rumah.

Setelah mengetahui penyebab rasa cemas anak Anda, Anda bisa segera memikirkan solusinya. Misalnya, Anda menemani anak Anda sebelum tidur atau membelikan mereka lampu tidur yang lucu. Sehingga, mereka tidak merasa cemas lagi. Selain itu, Anda bisa mengatakan bahwa ‘tidak ada hal yang perlu dicemaskan di luar’ atau ‘teman-temanmu adalah orang yang baik’.

[1] Noverita, Mulyadi, Mudatsir. 2017. Terapi Bermain terhadap Tingkat Kecemasan pada Anak Usia 3–5 Tahun yang Berobat di Puskesmas. Jurnal Ilmu Keperawatan Universitas Syiah Kuala, Vol. 5(2): 71-82.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: