Cara Mengatasi Permasalahan dan Kondisi Rambut yang Mengganggu

cara, mengatasi, masalah, permasalahan, rambut, mengganggu, gangguan, kesehatan, folikel, ketombe, rontok, uban, lurus, pola, hidup, kebiasaan, rusak, pijat, overstyling, nutrisi, perawatan, vitamin, genetik, pria, wanita Kondisi rambut tak menentu akibat timbulnya gangguan (sumber: aootle.com)

Tidak ada orang yang terlahir dengan rusak. Jika Anda terlahir dengan lurus dan halus, bisa dipastikan pola hidup dan kebiasaan Anda lah yang membuat menjadi kering dan kusam. yang ‘stres’ besar kemungkinannya akan lebih rapuh dan mudah tumbang dibandingkan yang dirawat dengan baik.

Dilansir dari laman WebMD, ada sejumlah permasalahan atau kondisi rambut yang kerap terjadi pada maupun pria. Beberapa masalah rambut bisa menimbulkan risiko kesehatan, namun beberapa lainnya tidak mengganggu kesehatan.

Tidak Menimbulkan Risiko Kesehatan

Ketombe tidak menular. Jadi bagaimana ketombe bisa datang? Dokter tidak yakin, tetapi satu teori adalah bahwa hal itu mungkin karena pertumbuhan berlebih dari jamur. Faktor risiko lain yang mungkin termasuk kulit berminyak, stres, obesitas, dingin, cuaca kering, dan memiliki eksim atau psoriasis. Meskipun memalukan – dan gatalnya bisa mengganggu – namun ketombe tidak berbahaya.

Untuk mengurangi penumpukan sel kulit mati ketombe, cobalah menggunakan sampo anti ketombe setiap hari. Diamkan sampo selama 5 menit, lalu bilas sampai bersih. Anda mungkin perlu mencoba beberapa shampo ketombe untuk menemukan satu yang paling cocok untuk Anda. Jika suatu produk tidak menunjukkan hasil maksimal, maka coba yang lain. Jika itu tidak membantu, hubungi dokter Anda.

Jika serpihan ketombe yang Anda lihat berminyak dan berwarna kekuningan, Anda mungkin menderita dermatitis seboroik. Ini adalah kondisi peradangan kulit yang dapat terjadi di mana ada banyak kelenjar minyak, seperti dan wajah. Meskipun dermatitis seboroik berkaitan dengan hormon, jamur dan bahkan beberapa kondisi neurologis seperti penyakit Parkinson atau HIV, semua kondisi ini bisa diatasi dengan pemakaian sampo anti ketombe.

Rambut Rontok

Ilustrasi: masalah kerontokan rambut terjadi, terutama pada saat disisir (sumber: theamericanbarber.tv)

Ini bukan ukuran yang sempurna, tetapi beberapa ahli memperkirakan bahwa kita dapat menumpahkan hingga 100 atau lebih rambut sehari. Itu bukan alasan untuk alarm, juga bukan berarti Anda akan botak. Sekitar 90% dari 100.000 folikel rambut Anda memproduksi rambut pada waktu tertentu. 10% lainnya berada dalam fase istirahat (telogen), dan rambut rontok setelah sekitar 2 hingga 3 bulan. Digantikan oleh rambut baru, dan siklus pertumbuhan dimulai lagi.

Menarik rambut terlalu kencang, seperti yang bisa terjadi dengan kuncir kuda, kepang, dan cornrows – dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut patah atau rontok. Hair extension dan hairpieces kadang-kadang dapat menyebabkan alopecia traksi juga, karena berat ekstra mereka menarik rambut yang ada. Mengubah gaya rambut Anda biasanya memungkinkan rambut tumbuh kembali. Menarik rambut kembali dengan kencang untuk waktu yang lama dapat menyebabkan rambut rontok permanen.

Di antara obat-obatan yang menyebabkan kerontokan rambut, antara lain obat-obatan anticlotting, obat penurun kolesterol, antidepresan, obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), dan obat-obatan untuk menopause, pengendalian kelahiran, dan antibiotik. Biasanya, rambut tumbuh kembali ketika obat dihentikan, tetapi mungkin tidak dalam beberapa kasus.

Telogen Effluvium

Operasi, vaksinasi, melahirkan, beberapa obat, diet ketat, stres berat, masalah tiroid – dapat mendorong rambut ke keadaan telogen. Sekitar dua bulan kemudian, Anda mungkin melihat rambut rontok dan menipis – suatu kondisi yang disebut telogen effluvium, kadang-kadang digambarkan sebagai rambut ‘keluar dengan segenggam penuh’. Dalam banyak kasus, rambut baru mulai tumbuh dengan segera.

Ilustrasi: pada kulit (sumber: allthingshair.com)

Serangan pada Folikel Rambut

Di alopecia areata, sistem kekebalan tubuh Anda secara keliru menyerang folikel rambut, menyebabkan rambut rontok – sering tiba-tiba. Kebanyakan orang akan memiliki satu atau dua patch botak, yang dapat diobati dengan mudah dengan suntikan tetapi dalam beberapa kasus semua rambut tubuh rontok. Alopecia areata tidak berbahaya atau menular, tetapi bisa sangat sulit secara psikologis. Rambut dapat tumbuh kembali dengan sendirinya, dan dapat membantu tumbuh kembali lebih cepat. Sayangnya, beberapa orang mungkin  alopecia areata berulang kali.

Pola Kebotakan Wanita

Penipisan yang berkaitan dengan usia mungkin berarti rambut menipis di seluruh kepala, tetapi pola kerontokan rambut biasanya paling umum di atas kepala. Tidak seperti pria, wanita jarang mengalami kebotakan, dan mereka cenderung kehilangan rambut lebih lambat daripada pria. Berlawanan dengan kepercayaan populer, rambut yang lebih panjang tidak akan membebani akar, menyebabkan lebih banyak rontok. Minoxidil 5% diterapkan sekali sehari dapat membantu pertumbuhan rambut dan mencegah penipisan. Spironolactone dan Flutamide (obat-obatan oral) juga dapat digunakan pada wanita.

Kerusakan Rambut Akibat Sinar Matahari

Terlalu banyak sinar matahari dapat mengubah rambut Anda menjadi kering dan mudah pecah. Hal ini terutama terjadi pada mereka yang memiliki rambut pirang atau abu-abu. Dan jika Anda sudah memiliki rambut yang menipis, Anda berisiko terkena sengatan matahari di kulit kepala Anda. Memilih produk perawatan rambut dengan tabir surya memberikan perlindungan, meskipun mungkin sulit untuk melapisi rambut Anda secara merata. Itulah mengapa sebaiknya Anda memakai topi saat Anda berada di luar matahari – terutama jika kulit kepala Anda terpapar. Pilih topi yang terbuat dari kain pelindung matahari dengan UPF 30 (faktor perlindungan ultraviolet).

Luscious Locks Butuh

Mungkinkah diet ketat akan membebani rambut Anda? Dalam kasus ekstrem, itu bisa saja terjadi. Rambut Anda membutuhkan protein dan zat besi untuk tetap , bersama dengan asam lemak omega-3, seng, dan vitamin A, tetapi tidak terlalu banyak – yang dapat meningkatkan kerontokan rambut. Diet rendah kalori seringkali kekurangan nutrisi yang cukup dan dapat menghambat pertumbuhan rambut atau membuat rambut kusam dan lemas. Jika kekurangan gizi cukup besar – seperti untuk seseorang dengan gangguan makan – rambut bisa rontok.

cara, mengatasi, masalah, permasalahan, rambut, mengganggu, gangguan, kesehatan, folikel, ketombe, rontok, uban, lurus, pola, hidup, kebiasaan, rusak, pijat, overstyling, nutrisi, perawatan, vitamin, genetik, pria, wanita

Ilustrasi: rambut membutuhkan nutrisi untuk tumbuh sehat (sumber: tricovel.ca)

Membantu menjaga rambut tetap bersinar dengan makan salmon dan kenari untuk asam lemak omega-3; bayam dan wortel untuk vitamin A; kacang Brazil untuk selenium; dan tiram dan kacang mete untuk seng. Semua membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut, seperti susu rendah lemak, gandum utuh, dan sayuran. Gandakan hasilnya: Makanan yang baik untuk rambut Anda juga baik untuk jantung Anda.

Uban Dini adalah Faktor Genetik

Memiliki uban tidak selalu terkait dengan penuaan. Jika Anda belum berusia 40 tahun dan melihat lebih dari beberapa uban, kemungkinan itu akan berjalan dalam keluarga Anda. uban biasanya bukan tanda kesehatan yang buruk, meskipun anemia, masalah tiroid, kekurangan vitamin B12, dan vitiligo dapat menyebabkan penuaan dini. Anda dapat mewarnai rambut untuk menutupi uban tetapi berhati-hatilah: Beberapa orang sensitif terhadap bahan kimia dalam pewarna. Hasilnya bisa berupa kulit kepala yang dan terbakar.

Overstyling Melemahkan Rambut Anda

Menggunakan blow dry atau catokan, pewarna, pemutihan, bahkan menyisir berlebihan – semua dapat merusak lapisan luar (kutikula) rambut Anda. Ketika bagian dalam rambut terpapar, kunci Anda menjadi kering dan kusam. Meskipun tidak menyebabkan kerusakan kesehatan permanen, Anda dapat mengurangi sampai-sampai satu-satunya pilihan Anda untuk rambut sehat adalah memotongnya dan memulai kembali. Ketika datang ke rambut Anda, melakukan lebih sedikit mengarah ke rambut yang lebih sehat.

Memijat Kulit Kepala

Tidak ada bukti bahwa memijat kulit kepala Anda akan memperlambat kerontokan rambut atau memperbaiki kondisi kulit kepala – tetapi dapat melakukan keajaiban untuk menghilangkan stres. Kulit kepala Anda ditutupi dengan ujung saraf yang membuatnya sangat sensitif terhadap sentuhan. Menggosok kulit kepala Anda dapat membantu melepaskan ketegangan. Pijat juga dapat memicu pelepasan hormon-hormon yang baik seperti dopamine dan serotonin.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: