Tips Mudah Atasi Bau Badan dan Ketiak Basah

Ilustrasi: ketiak bau (sumber: myconfinedspace.com)Ilustrasi: ketiak bau (sumber: myconfinedspace.com)

Cuaca panas seringkali membuat orang resah, terutama bagi mereka yang memiliki gangguan kelenjar keringat. Dalam kondisi tersebut, biasanya keringat akan diproduksi secara berlebih. Sehingga, tak jarang orang mengalami ketiak basah dan bakal terlihat jelas saat memakai kemeja katun. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya?

Ada dua jenis kelenjar dalam tubuh yang berperan dalam memproduksi keringat, yaitu kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar apokrin banyak ditemukan pada bagian kepala, aksila, anogenital, kelopak mata, dan kelenjar mamae.[1] Sementara itu, dilansir dari HuffPost, kelenjar ekrin dapat ditemukan di seluruh tubuh, namun lebih banyak di bagian ketiak, telapak tangan, dan telapak kaki.

Gangguan kelenjar ekrin dan apokrin dapat menyebabkan produksi keringat menjadi lebih banyak. Selain menyebabkan ketiak basah, gangguan kelenjar keringat juga menyebabkan bau badan. Ini karena bagian tubuh yang lembap menjadi sarang bakteri. Aktivitas bakteri itulah yang menimbulkan aroma tidak sedap. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips untuk menghilangkan bau badan sekaligus mengatasi ketiak basah.

Mengonsumsi Obat Antiperspirant

Secara umum, antiperspirant lebih dikenal sebagai deodorant atau kosmetik luar. Namun, bagi Anda yang masih saja berkeringat, meskipun sudah menggunakan deodorant, Anda bisa membeli obat antiperspirant secara oral. Obat telan tersebut sudah dijual bebas di apotek dengan dosis rendah. Anda bisa mendapatkannya tanpa resep dokter.

Baca juga:  Perbedaan Kulit Dehidrasi & Kering

Meskipun begitu, bagi Anda yang memiliki kadar keringat terlalu banyak, Anda disarankan membeli obat antiperspirant sesuai dengan anjuran dokter. Biasanya, dokter akan meresepkannya setelah Anda melakukan sejumlah pemeriksaan gangguan kelenjar keringat.

Ilustrasi: obat antiperspirant

Ilustrasi: obat antiperspirant

Obat tersebut bisa menghilangkan bau badan dengan cara menghentikan produksi keringat berlebih. Bisa dibilang, obat ini adalah pengontrol jumlah keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar apokrin dan ekrin. Ini karena obat mengandung aluminium klorida sebagai salah satu zat untuk memperlambat atau menghentikan sistem kerja kelenjar keringat.

Detoksifikasi Ketiak

Bagi Anda yang memiliki alergi atau kurang cocok dengan obat antiperspirant, biasanya akan mengalami gejala alergi, seperti kemerahan, gatal, kulit kering, hingga infeksi. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba detoksifikasi ketiak untuk menghilangkan bau badan, sekaligus mengurangi produksi keringat di bagian ketiak.

Detoksifikasi ketiak mampu menyelamatkan baju Anda dari keringat dengan cara mengembalikan mikrobioma alami di area ketiak. Sehingga, kebiasaan tubuh untuk berkeringat secara berlebih dapat dicegah. Untuk detoksifikasi ketiak, Anda bisa memakai 1 sendok tanah liat bentonit, cuka apel, minyak kelapa, dan minyak aromaterapi.

Baca juga:  Seperti Apa Bahaya Asap Vape untuk Bayi dan Ibu Hamil?

Campur semua bahan dalam wadah plastik hingga teksturnya kental dan agak padat, seperti pasta. Setelah itu, oleskan pada ketiak dan tunggu hingga 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini selama 3-7 hari, maka keringat akan berangsur-angsur berkurang dan Anda akan terbebas dari bau badan.

Rajin Mencukur Bulu Ketiak

Dilansir dari helloSEHAT, pemakaian antiperspirant memang bisa menghambat keringat secara efektif, namun akan lebih optimal jika Anda rajin mencukur bulu ketiak. Bulu ketiak merupakan salah satu jenis rambut halus yang dapat mengubah suhu di bagian ketiak Anda menjadi lebih hangat dan lembap. Ruang seperti ini adalah salah satu tempat yang disukai bakteri.

Cukur bulu ketiak

Cukur bulu ketiak

Jika Anda mencukur bulu ketiak Anda hingga bersih, maka jumlah bakteri yang ada pada ketiak akan lebih sedikit. Sehingga, Anda bebas dari bau badan setiap hari. Selain itu, mencukur bulu ketiak sangat penting bagi Anda yang suka berpakaian terbuka di bagian lengan. Ini akan membuat tampilan Anda menjadi lebih menarik.

Baca juga:  Bedak Make Over Shade No 4 (Two Way Cake dan Silky Smooth Translucent Powder)

Hindari Makanan Penyebab Keringat

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi serta mencegah ketiak basah adalah memperhatikan bahan makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Ada banyak jenis makanan yang harus Anda hindari jika tidak ingin bau badan dan berketiak basah. Hindari atau kurangi makanan tinggi garam.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari makanan yang tinggi kolesterol, makanan pedas, jenis bawang-bawangan, minuman beralkohol, dan kafein. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi bahan makanan yang bisa menenangkan kelenjar keringat serta memperlambat sistem kerjanya, antara lain air, teh hijau, kacang almond, pisang, gandum, ubi, sayur, buah, dan makanan berkalsium tinggi.

Itulah sejumlah cara ampuh untuk mengatasi ketiak basah sekaligus bau badan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol atau aluminium klorida untuk mengatasi bau badan sekaligus menghambat keringat berlebih.

[1] Setiawan, Stanley & Pieter L. Suling. 2018. Gangguan Kelenjar Keringat Apokrin: Bromhidrosis dan Kromhidrosis. Jurnal Biomedik (JBM), Vol. 10(2): 80-84.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: