Cara Mengatasi Jerawat di Punggung & Dada

jerawat, di, wajah, kulit, tubuh, dada, dan, punggung, pakaian, keringat, tabir, surya, berjemur, sunscreen, folikel, rambut, bahan, benzoyl, peroxide, salicylic, acid, aloe vera, oats, masker, mandi, sabun, eksfoliasi, clinique, iritasi Kulit punggung bebas dari jerawat

Pecinta kegiatan berjemur, mungkin harus berhati-hati. Dengan melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, bisa menyebabkan kemungkinan Anda menderita jerawat di dada atau .

Mengapa jerawat bisa muncul bagi mereka yang gemar berjemur? Menurut dermatologi New York, Valerie Goldburt, selama musim panas, tubuh akan memproduksi lebih banyak minyak dan kemungkinan Anda akan lebih banyak berkeringat. Jadi, ketika tubuh memiliki kombinasi minyak dan keringat, jerawat akan muncul. Terlebih, ditambah dengan sunscreen atau tabir surya.

Berbicara mengenai tabir surya, ini memang bagus, dan memang harus digunakan saat musim panas. Namun, pemakaian tabir surya dapat memicu jerawat dikarenakan mungkin Anda akan mengaplikasikannya lebih banyak di badan. Tetapi, hal ini tidak hanya terjadi pada satu-dua orang saja, ada beberapa orang yang mengalami jerawat selama bulan-bulan di musim panas.

Selain dikarenakan aktivitas berjemur, jerawat di dada dan punggung bisa disebabkan karena pakaian yang kurang bisa menyerap keringat. Misalnya, setelah Anda berolahraga, namun tidak segera mandi. Pakaian yang digunakan ketika berolahraga mengandung keringat, yang jika tidak segera diganti, atau Anda tidak segera mandi, maka keringat yang menempel di pakaian, akan menempel juga di badan, sehingga bisa memicu jerawat.

Lalu, apakah jerawat di badan, sama dengan jerawat di wajah? Masih menurut narasumber yang sama, Goldburt, mengatakan bahwa jerawat di dada dan punggung cenderung sedikit berbeda dengan yang ada di wajah. Jerawat di dada dan punggung, secara teknis disebut dengan folliculitis, di mana folikel rambut menjadi terinfeksi. Folikel rambut di punggung misalnya dapat menjebak keringat dan , sehingga menyebabkan jerawat.

jerawat, di, wajah, kulit, tubuh, dada, dan, punggung, pakaian, keringat, tabir, surya, berjemur, sunscreen, folikel, rambut, bahan, benzoyl, peroxide, salicylic, acid, aloe vera, oats, masker, mandi, sabun, eksfoliasi, clinique, iritasi

Jerawat di punggung (sumber: divalikes.com)

Namun, jerawat di dada dan punggung mungkin akan terlihat sama dengan jerawat di wajah yang akan sembuh jika diobati dengan produk dan yang sama (untuk wajah). Dalam beberapa kasus, jerawat di dada dan punggung bisa dipicu oleh kopi dan susu.

Bagaimana cara mengatasinya? Jika Anda mengalami jerawat di dada dan punggung, sebaiknya mandi sesegera mungkin ketika kembali dari berolahraga atau berjemur di pantai. Dengan mandi, Anda akan membersihkan seluruh minyak di tubuh, keringat, dan juga tabir surya yang dapat membuat folikel rambut tertutupi. Sebaiknya, gunakan juga sabun mandi yang mengandung salicylic acid. Bersegeralah mandi dan gunakan produk yang dianjurkan secara rutin. Apabila Anda menggunakan sabun mandi dengan kandungan salicylic acid setiap hari, maka akan membantu mengurangi inflamasi dan pori-pori tersumbat. Untuk eksfoliasi, produk yang dianjurkan adalah Murad Acne Body Wash.

Selain sabun khusus mengatasi jerawat di dada dan punggung, Anda bisa memakai sabun wajah khusus untuk jerawat, tetapi ada syaratnya. Sabun yang boleh digunakan adalah yang mengandung asam salisilat dan bukan benzoyl peroxide. Benzoyl perixode umumnya bisa digunakan untuk jerawat di wajah, tetapi tidak direkomendasikan penggunaannya di tubuh. Anda juga bisa memakai gel untuk jerawat di dada dan punggung. Produk yang direkomendasikan yaitu Clinique Acne Solutions Spot Healing Gel. Pada beberapa orang, produk dari Clinique itu dapat mengobati bekas jerawat pada dan tubuh. Namun, apabila tidak ada hasil setelah pemakaian, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Namun, menurut dokter Elizabet Hale, produk dengan kandungan benzoyl peroxide bisa digunakan. Produk yang dianjurkan adalah Clean & Clear Continuous Control Acne Cleanser. Walaupun produk itu adalah pembersih wajah, tetapi bisa digunakan sebagai pembasmi jerawat di dada dan punggung. Tetapi, produk dengan kandungan benzoyl peroxide dapat memberikan efek pemutihan pada kain, sehingga apabila digunakan pada tubuh, lakukan pembilasan yang benar-benar bersih untuk mencegah dampak buruk pada kulit tubuh.

jerawat, di, wajah, kulit, tubuh, dada, dan, punggung, pakaian, keringat, tabir, surya, berjemur, sunscreen, folikel, rambut, bahan, benzoyl, peroxide, salicylic, acid, aloe vera, oats, masker, mandi, sabun, eksfoliasi, clinique, iritasi

Menggunakan lotion untuk jerawat (sumber: rd.com)

Di samping menggunakan produk dengan bahan khusus, sebagian orang percaya, cara mengatasi jerawat adalah dengan melakukan scrubbing. Bagi Anda yang mengalami jerawat pada dada dan punggung, menurut ahli dermatologi New York, Valerie Goldburt, berpendapat bahwa dirinya sendiri merasa kurang setuju, dikarenakan sebagian besar orang biasanya melakukan scrubbing dengan cara yang cenderung kasar. Jika Anda menggosok bagian tubuh terlalu keras, bisa menyebabkan kulit menjadi terlalu kering. Kulit yang terlalu kering, bisa menyebabkan kulit akan memproduksi minyak di wajah lebih banyak, sehingga tidak jarang malah akan menimbulkan jerawat.

Demikian pula yang terjadi pada kulit dada Anda. Kulit pada bagian tubuh itu dinilai tipis, sehingga apabila ada bekas luka akan mudah terlihat. Goldburt menyarankan untuk mandi dengan menggunakan shower puff seminggu sekali dengan gerakan menggosok perlahan memakai produk yang mengandung asam salisilat. Perlu diingat, untuk melakukan gerakan yang lembut ketika di area dada dan punggung. Setelah selesai mandi, jangan lupa untuk mencuci puff yang Anda gunakan. Apabila tidak dibersihkan, bukan tidak mungkin nantinya puff mandi itu akan menjadi sarang untuk pertumbuhan bakteri.

Selain cara-cara yang telah disebutkan di atas, ada pula beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi jerawat di dada dan punggung. Pertama, dengan menggunakan yang terbuat dari oats. Anda bisa mencampurkan oats dengan air hangat untuk dijadikan atau lulur. Gunanya adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan kotoran menumpuk di kulit berjerawat. Oats sendiri memiliki sifat anti radang yang bisa membuat kulit terlindungi dari iritasi.

Bahan lain yang bisa digunakan adalah aloe vera. Bahan ini di sebagian orang dikatakan sebagai obat ampuh dalam menyembuhkan jerawat. Kandungan astringent dan anti jamur yang dikandung aloe vera dipandang sebagai kandungan yang baik untuk mendinginkan kulit dan mengurangi iritasi dan peradangan jerawat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: