Cara Mengatasi & Alternatif Susu Formula Terbaik untuk Bayi Sembelit

Bayi minum Susu Formula - www.thebump.com

Bayi yang baru lahir biasanya perkembangan tubuh termasuk pencernaannya masih belum sempurna. Oleh sebab itu bayi sangat dianjurkan diberi ASI eksklusif untuk mendukung perkembangannya. Kadang kala para orang tua juga khawatir saat anaknya mengalami sembelit atau sulit BAB (buang air besar). Seperti apa sebenarnya gejala saat bayi mengalami BAB? Bagaimana penanganannya? Berikut ulasan lengkapnya.

Ciri-Ciri Bayi Mengalami Sembelit

  • Rewel tanpa penyebab yang jelas, bukan karena lapar, ngompol, terluka, atau sakit demam.
  • Muntah dengan frekuensi yang lebih sering dibandingkan biasanya.
  • Frekuensi buang air besar (BAB) lebih jarang dari biasanya. Umumnya, bayi buang air besar minimal sebanyak 3 kali dalam seminggu.
  • Bayi harus mengejan lebih dari 10 menit dan merasa kesakitan sebelum dapat buang air besar.
  • Fesesnya lebih kering dan keras.
  • Terdapat darah pada fesesnya.

Walaupun mengalami beberapa gejala seperti di atas, Anda mungkin tak perlu panik dulu apabila bayi Anda banyak buang air kecil dan mengalami kenaikan berat badan yang normal. Perlu diketahui, apabila BAB bayi lembut dan lancar, namun hanya keluar 4-5 hari sekali, maka hal ini masih tergolong normal dan Anda tak perlu khawatir dengan kondisi sang buah hati.

Tapi sebaliknya, apabila bayi Anda kesulitan dan merasa kesakitan tiap hendak BAB dan fesesnya keras serta berdarah, atau jika ia tak dapat buang air besar setidaknya satu kali dalam 5-10 hari, maka Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter supaya si kecil dapat memperoleh penanganan yang tepat.

Susu Formula untuk Bayi Sembelit - www.happyfamilyorganics.com

Susu Formula untuk Bayi Sembelit – www.happyfamilyorganics.com

Penyebab Bayi Sembelit

Seperti dilansir Theasianparent, sebagian besar penyebab bayi mengalami sembelit biasanya diakibatkan karena pola makannya. Selain itu, juga bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti berikut.

Kekurangan Cairan
Salah satu faktor utama penyebab BAB adalah kurangnya cairan. Bayi yang kurang terhidrasi atau memperoleh asupan cukup baik dari ASI (air susu ibu) maupun susu formula kemungkinan fesesnya akan menjadi kering atau keras hingga sulit untuk dikeluarkan.

Peralihan dari Konsumsi ASI ke MPASI
Bayi yang sedang dalam masa peralihan setelah ASI menuju MPASI (makanan pendamping ASI) biasanya akan melakukan penyesuaian terlebih dahulu lantaran masih belum terbiasa makan makanan padat yang harus dicerna dulu dalam lambung. Apalagi jika Anda memberinya makanan padat yang kurang kandungan serat. Oleh sebab itu, sebaiknya kombinasikan pula sayur atau buah-buahan yang kaya serat supaya si kecil tidak sembelit dan dapat memperlancar BAB.

Susu Formula
Komposisi nutrisi dalam sufor memang secara umum berbeda dari ASI, sehingga lebih sulit dicerna dan kadang membuat feses bayi lebih keras dan susah untuk dikeluarkan. Setidaknya terdapat beberapa jenis susu kaleng yang bisa menyebabkan BAB sulit, terutama susu formula yang sumber asam lemaknya diambil dari minyak kelapa sawit. Minyak kelapa sawit diketahui mengandung asam palmitat yang tinggi dan ketika berada dalam usus bayi akan sulit diuraikan dan bersenyawa dengan kalsium. Hal ini menyebabkan kalsium palmitat berbentuk keras dan sulit dikeluarkan melalui saluran pencernaan bayi hingga mengakibatkan sembelit.

“Kandungan yang terdapat di dalam susu formula sering kali membuat konsistensi tinja bayi menjadi lebih keras dan akhirnya membuat ia mengejan keras saat BAB. Perbedaan kandungan zat nutrisi dalam susu formula dibandingkan dengan ASI adalah kadar protein, lemak, fosfor dan kalsium yang lebih tinggi. Sehingga menyebabkan penyerapan kembali air dari feses di dalam usus lebih tinggi, yang akhirnya menyebabkan fesesnya menjadi lebih keras,” kata dr. Rifan Fauzie, Sp.A dari RSAB Harapan Kita, Jakarta

Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

Beri Minum Air
Jika bayi Anda sudah berusia 6 bulan, ternyata Anda sudah boleh memberinya air putih selain ASI. Anda bisa memberi air putih secukupnya sebagai tambahan cairan untuk mengatasi sembelit pada sang buah hati.

Memberi Jus Buah
Apabila memberi air putih saja masih belum bisa menuntaskan sembelitnya, Anda bisa memberikan jus buah apel, plum, atau pir dalam porsi kecil saja. Tetapi karena diberikan pada bayi, maka usahakan memberi jus buah asli tanpa bahan tambahan seperti gula atau sebagainya.

Ganti Susu Formula
Apabila bayi Anda mengonsumsi ASI dan susu formula, maka Anda bisa mencoba merek susu formula lainnya sesuai dengan anjuran dokter. Setelah menghentikan atau mengganti susu formula yang dikonsumsi bayi, perhatikan reaksinya. Apakah ada perubahan atau tidak terhadap BAB-nya. Anda juga bisa sambil mencoba melakukan pemijatan ringan di daerah perut si kecil secara berkala. Cara ini kabarnya bisa membantu konsistensi feses jadi lebih baik.

Cara Mengatasi Bayi Sembelit - lisaraleigh.com

Cara Mengatasi Bayi Sembelit – lisaraleigh.com

Alternatif Susu Formula Terbaik untuk Bayi Sembelit

Sebaik-baiknya makanan untuk bayi berusia 0-6 bulan adalah ASI. Tetapi terkadang ada beberapa alasan tertentu hingga tak semua ibu bisa memberikan ASI eksklusif untuk bayinya. Pada bayi yang mengalami sembelit, sebenarnya tidak ada produk khusus yang terbaik untuk sang buah hati. Susu formula yang dikonsumsi sebaiknya dari hasil konsultasi dengan dokter dan mempertimbangkan kondisi si kecil.

Namun ada beberapa merek susu formula yang diklaim baik untuk sistem pencernaan, misalnya saja seperti merk Nutricia Bebelove 1 yang diklaim membantu perkembangan bakteri di usus bayi, Enfamil A+ Gentle Care untuk membantu mengatasi masalah pencernaan bayi, Nutragimen LGG untuk bayi yang alergi laktosa, Friso Frisolac Gold yang disebut-sebut mudah dicerna oleh bayi baru lahir, SGM LLM+ Presinutri yang diklaim tidak membuat bayi diare, dan masih banyak lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: