Jangan Anggap Sepele, Begini Cara Mencuci Muka yang Benar untuk Menghilangkan Jerawat

Cara Mencuci Muka - www.healthline.comCara Mencuci Muka - www.healthline.com

Jerawat adalah permasalahan kulit yang bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari ketidakseimbangan hormon, tidak cocok dengan produk make-up atau skincare tertentu, alergi terhadap makanan tertentu, gaya hidup yang kurang sehat, hingga karena kurangnya menjaga kebersihan. Nah, bagi Anda yang berjerawat, jangan terburu panik dulu, Anda bisa menelusuri kira-kira dari mana sumber permasalahan penyebab jerawat itu. Langkah paling awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mulai menerapkan cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat.

Jika Anda salah cara membersihkan wajah bisa menyebabkan timbulnya jerawat kecil yang disebut jerawat batu. Kesalahan membersihkan wajah ini umumnya terjadi saat proses mencuci dengan facial foam. Biasanya, saat mencuci muka, Anda akan menuangkan cairan di telapak tangan lalu digosok hingga keluar busa dan diusapkan pada wajah. Ternyata, cara yang demikian dinilai keliru. Seharusnya saat menuangkan cairan sabun ke tangan, larutkan dulu dengan sedikit air.

Jerawat batu ini disebabkan karena saat memakai sabun muka, Anda tidak melarutkannya dengan air. Cara ini membuat wajah jadi terpapar konsentrasi bahan kimia pencuci muka yang berat.

Mencuci Muka untuk Menghilangkan Jerawat - www.rimma.co

Mencuci Muka untuk Menghilangkan Jerawat – www.rimma.co

Aturan membersihkan muka yang benar kenali dulu jenis sabun cuci muka Anda. Jika berjenis pasta, cara penggunaannya adalah tuang ke dalam telapak tangan lalu teteskan sedikit air, kemudian gosok hingga mengeluarkan busa, baru usap ke wajah. Hal yang sama juga berlaku pada sabun cuci muka berjenis cairan.

Baca juga:  Efek Samping Kehamilan yang Mengejutkan, Bumil Perlu Tahu!

Sebenarnya bukan sabun cuci muka yang mengandung manfaat, tetapi busanya. Jadi setiap kali cuci muka dengan facial foam, jangan lupa untuk meneteskan air agar larut, lalu digosok hingga mengeluarkan busa, kemudian barulah Anda usapkan ke wajah hingga bersih dan bilas dengan air.[1]

Selain itu, bagi yang wajahnya berjerawat maupun tidak berjerawat pun sebaiknya tidak boleh terlalu sering mencuci muka. Cucilah wajah dengan sabun atau pembersih yang lembut, maksimal 3 kali sehari. Terlalu sering mencuci wajah bisa menyebabkan kulit iritasi, dan merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak, sehingga jerawat malah makin meradang.[2]

Cara Cuci Muka yang Benar

Bersihkan Tangan Dengan Sabun

Langkah paling awal yang sangat penting dan kerap diabaikan adalah mencuci tangan. Sebelum membersihkan make-up, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih dengan cara mencuci tangan dengan sabun.

Baca juga:  Cara Penggunaan Krim Melanox yang Tepat Untuk Atasi Jerawat

Hapus Sisa Make-up

Sebelum mencuci muka, Anda bisa menghapus riasan di wajah dengan menggunakan cleanser favorit Anda, baik milk cleanser, micellar water, cleansing oil, atau bahkan cleansing balm untuk menghapus riasan waterproof. Usahakan untuk melakukan proses cleansing sampai kapas yang Anda gunakan sudah benar-benar tidak tersisa noda make-up apapun lagi.

Pakai Air Hangat

Jika ingin mencuci wajah, usahakan untuk membasuh wajah Anda terlebih dahulu dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit. Sebaiknya jangan menggunakan air dengan suhu yang terlalu panas. Lalu aplikasikan sabun muka yang lembut dan tak mengganggu keseimbangan pH kulit. Usapkan sabun muka ke seluruh wajah (kecuali area mata) selama sekitar 30 detik. Anda juga dapat sembari memijat wajah secara lembut dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari. Yang perlu diingat, jangan membiarkan sabun muka terlalu lama di wajah supaya tingkat efektivitasnya tidak berkurang serta membuat kulit jadi kering.

Membilas Wajah pakai Air Hangat - www.bilkulonline.com

Membilas Wajah pakai Air Hangat – www.bilkulonline.com

Bilas Wajah Sampai Bersih

Selanjutnya Anda bisa membilas wajah sampai bersih. Di proses pembilasan ini Anda tak perlu lagi menggunakan air hangat, melainkan memakai air dingin supaya pori-pori kulit kembali tertutup.

Baca juga:  Review Produk Maybelline Clear Smooth Mineral BB Cream

Keringkan Wajah

Langkah terakhir, keringkan wajah Anda dengan handuk lembut dan bersih atau bisa juga menggunakan facial tissue. Usahakan untuk mengeringkan wajah dengan cara menepuk-nepukkan handuk/tisu ke wajah, bukan dengan cara menggosoknya terlalu kencang. Dengan cara ini Anda bisa menjaga kulit wajah Anda yang berjerawat supaya tidak mengalami iritasi berlebih. Setelah mencuci wajah, Anda bisa melanjutkan penggunaan skincare favorit Anda seperti toner, pelembab, krim malam, hingga serum.

[1]Fu, RL. 2017. 365 Tip for Women. Jakarta: Elex Media Komputindo.

[2] Pratama, A. 2013. Kisah 1001 Mitos-Mitos Unik di Dunia. Jakarta: Grasindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: