Simpel, Ini Cara Mudah Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Cara Menanam Bunga - www.detmersons.comCara Menanam Bunga - www.detmersons.com

Bagi Anda pencinta tanaman hias, pastinya sudah tidak asing dengan bunga wijaya kusuma. Bunga ini juga disebut sebagai ratu malam, karena bunganya memang hanya mekar di malam hari. Keindahan bunga wijaya kusuma membuat orang ingin membudidayakannya. Selain itu, cara menanam bunga ini pun tidaklah sulit.

Secara ilmiah, bunga wijaya kusuma memiliki nama Epiphyllum anguliger. Tidak seperti bunga pada umumnya, jenis tanaman ini memiliki gerak skototropisme. Gerak tersebut membuat tanaman lebih cenderung menjauhi cahaya matahari. Inilah penyebab bunga hanya mampu mekar dan berfotosintesis baik di malam hari. Bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin memelihara bunga tersebut, Anda bisa menanamnya dengan cara berikut.

Siapkan Alat dan Bahan

Pertama, Anda memerlukan peralatan berkebun, seperti sekop, alat penyiram, dan gunting tanaman. Untuk bahannya, Anda memerlukan bibit bunga wijaya kusuma, pupuk, dan tanah. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan media tanam berupa pot atau polybag. Ada baiknya jika Anda menggunakan pot yang mudah digeser atau dipindahkan. Ini mempermudah proses penanaman dan pemeliharaan nantinya.

Siapkan juga lokasi tanam yang pas. Perlu Anda ketahui, menanam bunga wijaya kusuma tidak bisa sembarangan. Jika Anda ingin memiliki tanaman bunga wijaya kusuma yang subur dengan banyak bunga, Anda perlu memilih lokasi yang terhindar dari sinar matahari secara langsung. Pilihlah lokasi yang teduh atau Anda bisa menanamnya di dalam ruangan.

Menyiapkan Bibit Bunga Wijaya Kusuma

Bibit wijaya kusuma dapat diperoleh dengan cara alami dan stek. Untuk cara alami, Anda hanya perlu memisahkan rumpun bibit dan rumpun akar dari indukan tanaman bunga. Cara ini bisa dilakukan dengan memisahkan bibit siap tanam dari tanaman indukan, serta memilih indukan yang bisa dibudidayakan kembali.

Bunga Wijaya Kusuma - www.harapanrakyat.com

Bunga Wijaya Kusuma – www.harapanrakyat.com

Untuk mengetahui indukan yang bagus, Anda bisa melihat seberapa lebatnya tumbuhan yang ditanam sebelumnya. Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan postur tanaman tersebut, pilihlah bibit yang memiliki postur tumbuh ke atas dan tidak rusak.

Sementara, untuk teknik stek, Anda memerlukan pisau yang disterilkan terlebih dahulu dengan alkohol 95 persen. Pastikan pisau tersebut tajam, lalu gunakan untuk memotong daun pada indukan bunga wijaya kusuma. Pilih daun indukan yang sehat dan segar dengan warna hijau terang.

Perlu diketahui, pemotongan daun tidak bisa sembarangan, potong dengan ukuran tinggi 5 cm dan dengan pola yang sejajar atau rata. Setelah itu, beri hormon tanaman untuk menumbuhkan akar pada bibit. Diamkan hasil potongan daun selama 7 hari hingga 10 hari, dan Anda akan melihat akar pada daun yang mulai tumbuh.

Menanam Bibit Bunga Wijaya Kusuma

Siapkan media tanam berupa pot atau polybag, dan bahan media tanam berupa tanah, pupuk kompos, pupuk kandang, humus, serta pasir. Semua jenis bahan media tanam dicampur dan diaduk menggunakan sekop. Ketika mencampur bahan, Anda bisa menggunakan takaran 3:1:1:1:2 . Bahan media tanam yang sudah tercampur rata dimasukkan ke dalam pot.

Isi pot dengan menyisakan ruang di bagian atas, sekitar 4 cm. Ini bertujuan agar media tidak tumpah ketika Anda pindahkan. Buat lubang tanam di bagian tengah media tanam dengan kedalaman 5 cm untuk menempatkan bibit yang akan ditanam.

Bibit yang sudah siap tanam harus segera dipindahkan ke media tanam. Ambil bibit secara perlahan dan letakkan ke dalam lubang tanam. Posisi penanaman bibit yang baik, yaitu membentuk huruf ā€œLā€ agar tanaman dapat berdiri kokoh. Tutuplah lubang tanaman dengan tanah dan sedikit padatkan agar tanaman tidak mudah jatuh.

Bunga Wijaya Kusuma - www.goodnewsfromindonesia.id

Bunga Wijaya Kusuma – www.goodnewsfromindonesia.id

Merawat Bunga Wijaya Kusuma

Setelah Anda melakukan penanaman, agar bunga wijaya kusuma dapat tumbuh dengan baik, Anda juga perlu melakukan pemeliharaan. Perawatan pertama, Anda perlu melakukan penyiraman setiap hari atau tergantung kondisi media tanam. Penyiraman bertujuan untuk menjaga kelembapan media tanam.

Sebisa mungkin, Anda tidak menyiram bunga dan media tanam secara berlebihan. Menyiram hingga membuat air menggenang di dalam pot dapat membuat penyakit busuk akar pada tanaman. Anda hanya perlu menyiram tanaman jika tanah mulai mengering atau dalam keadaan kering.

Selain menyiram, Anda perlu melakukan pemupukan secara rutin. Gunakan pupuk organik, seperti pupuk kompos atau kandang. Pasalnya, penggunaan pupuk organik tidak akan mengubah tekstur tanah dan membuat tanah menjadi lebih subur tanpa ada unsur kimia yang mengendap. Pemupukan bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Kebersihan media tanam juga perlu diperhatikan. Lakukan penyiangan secara rutin untuk membersihkan gulma pada tanaman. Rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman dapat membuat tanaman mudah layu dan tidak mendapatkan nutrisi dengan baik. Penyiangan dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali, bersamaan dengan pemupukan.

Tanaman wijaya kusuma juga rentan terhadap hama tanaman. Anda bisa menghilangkan hama tanaman dengan menyemprotkan pestisida organik. Pestisida digunakan jika tanaman terserang hama saja, karena penggunaan pestisida yang terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan tanaman.

Itulah cara sederhana yang bisa Anda terapkan jika ingin menanam dan merawat bunga wijaya kusuma. Bunga wijaya kusuma akan mulai berbunga ketika memasuki tahun kedua dan ketiga setelah masa tanam. Untuk itu, Anda perlu melakukan pengecekan kuncup bunga setiap 6 bulan sekali. Lakukan cara di atas agar bunga wijaya kusuma Anda terjaga keindahannya. Perlu Anda ketahui juga, bunga wijaya kusuma tidak bisa diletakkan di ruangan bersuhu lebih dari 28 derajat Celcius.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: