Mudah Kok, Ternyata Begini Cara Menanam Benih Bunga Matahari di Rumah

Tanaman Bunga Matahari - www.almanac.comTanaman Bunga Matahari - www.almanac.com

Bunga matahari termasuk bunga hias yang memiliki tampilan cukup menarik, dengan warna yang umumnya memiliki perpaduan antara kuning atau oranye yang cerah. Bunga satu ini bukan hanya indah untuk dipandang, tetapi juga bisa dikonsumsi bijinya atau yang lebih dikenal dengan sebutan kuaci. Nah, jika Anda tertarik untuk memiliki bunga matahari di pekarangan, simak ulasan lengkap seputar cara menanam benih bunga matahari berikut ini.

Tentang Bunga Matahari

Menurut Dalimartha (2008), bunga matahari merupakan tanaman annual (berumur pendek, kurang dari setahun). Tanaman yang berasal dari Amerika Utara ini biasanya ditanam sebagai tanaman hias pada halaman dan taman-taman yang cukup mendapat sinar matahari. Di luar negeri, tanaman ini sudah dibudidayakan sebagai tanaman pangan.

Masih dari sumber yang sama, bunga matahari memiliki ciri-ciri tumbuh tegak, berbatang basah, berongga, tinggi 1-3 m, berambut. Daun tunggal, berbentuk jantung, ujung runcing, pangkal melekuk, tepi rata, pertulangan melengkung. Bunga besar disebut bunga cawan yang memiliki mahkota berbentuk pita di sepanjang tepi cawan, berwarna kuning dan di tengahnya terdapat bunga-bunga kecil berbentuk tabung dan berwarna cokelat. Bunga ini akan berputar sepanjang hari mengikuti arah sinar matahari. Biji berbentuk pipih dengan isi berwarna putih.

Cara Menanam Bunga Matahari

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bunga matahari termasuk bunga semusim, sehingga jika masa berbunga selesai maka tanaman ini akan mati. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab tumbuhan bunga matahari yang sudah tua dan kering akan menghasilkan ratusan biji yang kemudian dapat disemaikan lagi supaya tumbuh tanaman baru. Cara menanam benih bunga matahari pun tak sulit. Berikut langkah-langkahnya.

Menanam Benih Bunga Matahari - growingfamily.co.uk

Menanam Benih Bunga Matahari – growingfamily.co.uk

Siapkan Benih Bunga Matahari
Anda bisa menyiapkan benih atau biji bunga matahari yang akan ditanam. Anda bisa membeli benih bunga matahari dari toko-toko bibit tanaman maupun langsung mengambil biji dari bunga matahari yang sudah layu dan kering. Setidaknya ada beberapa jenis bunga matahari yang bisa Anda tanam di pot atau pekarangan, mulai dari jenis mammoth, autumn beauty, sunbeam, hingga teddy bear.

Siapkan Media Tanam
Anda bisa menggunakan media tanam seperti pot maupun polybag. Kemudian isi media tanam tersebut dengan campuran tanah dan pupuk kandang, perbandingan 70% tanah dan 30% pupuk kandang.

Penyemaian Benih Bunga Matahari
Basahi terlebih dahulu media tanam Anda dengan air. Kemudian semaikan benih bunga matahari ke media tanam yang sudah disiapkan. Selain disemai, Anda juga dapat menekan benih ke media tanah dengan bagian ujung lancip benih di bagian bawah, dan ujung atas benih agak terlihat di permukaan. Jadi, sebaiknya jangan mengubur benih bunga matahari terlalu dalam. Supaya cepat tumbuh tunas, Anda bisa meletakkan benih yang sudah disemaikan tersebut di tempat yang agak teduh.

Proses Pertumbuhan Kecambah
Sekitar 7 hari setelah benih disemaikan, biasanya biji-biji tersebut akan mulai berkecambah. Tunggu sampai kecambah tumbuh berukuran 7-10 cm dalam 2-3 minggu. Jangan lupa untuk memelihara kecambah-kecambah tersebut dengan cara rajin menyiraminya secukupnya setiap hari. Apabila tinggi kecambah sudah 5 cm, batangnya biasanya masih rentan. Anda bisa menegakkan batang-batang yang mulai bengkok tersebut dengan cara menancapkan tiang bersandar di sebelahnya. Anda juga dapat menggunakan gelas plastik yang sudah dilubangi untuk menutupi tunas yang sedang dalam masa pertumbuhan supaya tidak rusak terkena hujan atau diserang serangga.

Benih Bunga Matahari - homeguides.sfgate.com

Benih Bunga Matahari – homeguides.sfgate.com

Pindahkan ke Media Pot atau Lahan Akhir
Jika kecambah sudah tumbuh 7-10 cm, Anda bisa memindahkannya ke media pot atau lahan akhir. Caranya, siapkan lubang tanam sedalam 5 cm, kemudian pindahkan bibit-bibit bunga matahari tadi ke dalam media pot atau lahan akhir yang sudah Anda siapkan. Rajin-rajin pula menyiraminya setiap hari.

Perawatan Bunga Matahari Sampai Mekar
Selama menanti bunga matahari mekar, Anda bisa membersihkan gulma secara berkala dan lakukan pemupukan saat usia tanaman memasuki 1-2 bulan. Setidaknya bunga matahari membutuhkan waktu 2 bulan lagi hingga mulai tumbuh kuncup dan mekar sempurna. Apabila tanaman Anda telah memasuki usia 1-2 bulan dan mulai muncul tanaman remaja, Anda dapat memberinya pupuk kandang secara maksimal. Tunggu bunga matahari mekar dalam kurun waktu 45-60 hari setelah ditanam atau sekitar 90-105 hari setelah disemai dan tanaman bunga matahari Anda akan mekar dengan sempurna.

Referensi:

Baca juga:  Cara Membuat Ragi Tape Sendiri, Mudah dan Simpel

Dalimartha, Setiawan. 2008. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 5. Dahlianti R, editor. Depok: Pustaka Bunda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: