Cara Menanam & Memperbanyak Bunga Dahlia dengan Mudah

Bunga dahlia (unsplash: Ana Vicente)

Tanaman dahlia (Dahlia spp. L.) berasal dari pegunungan Meksiko. Dahlia termasuk tanaman hias yang terlambat dibudidayakan. Di Eropa, budidaya dimulai pada 1789, dari Royal Botanical Garden di Madrid, Spanyol dan menyebar ke seluruh Eropa Barat. Walaupun perkembangannya sangat lambat, pada 1841 sudah terdapat 1.200 varietas. Dahlia didatangkan ke Jawa Barat dari negeri Belanda pada masa penjajahan di abad ke-19.[1]

Tanaman dahlia yang dibudidayakan terdiri atas dahlia pohon yang tingginya bisa mencapai beberapa meter dan berupa tanaman perdu (tanaman berkayu namun tetap rendah). Bunga dahlia memiliki warna putih, kuning, jingga, violet, merah, ungu, atau campurannya. Dahlia dibedakan jenisnya berdasarkan ukuran bunga. Bunga dahlia ukuran kecil dengan diameter bunga terkecil sekitar 5 cm. Bunga dahlia besar dengan ukuran terbesar 30 cm. Spesies dahlia yang ada saat ini yaitu D. pinnata, D variabilis, D. coccinea, D. juarezii.

Panen bunga dahlia dilakukan tiga bulan setelah tanam, bunga pertama dapat dipetik dua kali seminggu sampai 4 bulan kemudian. Bunga yang siap dipetik telah mekar penuh dengan diameter 10 cm. Untuk segera digunakan, panen dilakukan ketika kelopaknya telah mekar sempurna. Untuk penggunaan jangka panjang, panen dilakukan ketika bunga mulai akan mekar.[2]

Baca juga:  Tak Punya Oven? Begini Cara Membuat Red Velvet Kukus di Rumah

Bunga dahlia sangat mudah dikembangbiakkan. Kita dapat memperbanyak tanaman bunga dahlia melalui stek batang, biji, maupun umbi. Caranya sangat mudah. Pertama, sediakan media tanam tanah yang gembur, pupuk kompos atau pupuk kandang. Kedua, masukkan pada pot atau polybag. Ketiga, tanam bibit dahlia yang sudah disiapkan, siram secara teratur, rawat dengan baik selama dua bulan, kemudian kita dapat memperoleh tanaman yang berbunga indah.[3] Berikut rincian langkah memperbanyak bunga dahlia.

Bunga dahlia (unsplash: Donna G)

Bunga dahlia (unsplash: Donna G)

Cara Perbanyakan Bunga Dahlia

Memperbanyak Bunga Dahlia Lewat Pemisahan Umbi

Di akhir masa berbunga, bunga dahlia biasanya akan mengering dengan sendirinya, kemudian diikuti dengan batang dan daun tanaman yang juga mengering. Namun di tempat itu pula nantinya akan muncul tunas baru. Nah, saat itulah Anda bisa memisahkan umbi untuk ditanam atau diperbanyak menjadi tanaman baru. Berikut caranya:

  • Rendam umbi dahlia dalam air bersi dari fungisida maupun zat penumbuh tanaman.
  • Siapkan pot ukuran 30 cm dan media tanam berupa campuran tanah, arang sekam, dan pupuk kompos.
  • Lakukan proses penanaman. Pastikan posisi tunas ada di atas, mendekati permukaan tanah. Posisikan umbi dahlia pada posisi miring atau berbaring.
Baca juga:  Warna Pigmented Coral Red dari Lipstik Inez Matte No 13 Cocok untuk Berbagai Tampilan

Nah, selama 3 hari pertama penanaman, letakkan tanaman di tempat yang teduh. Setelah itu, Anda dapat memindahkannya ke tempat lebih terbuka.

Memperbanyak Bunga Dahlia dengan Setek

  • Siapkan bahan stek dari dahlia yang sudah tumbuh pada bagian tunas ketiak dengan ukuran sekitar 7-10 cm
  • Gunakan pisau setek atau pisau yang tajam untuk memotong tunas tersebut. Pastikan pisau yang Anda gunakan dalam kondisi bersih atau tidak berkarat, agar tanaman dahlia terhindar dari penyakit.
  • Siapkan media tanam di polybag kecil yang isinya kombinasi sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 6 : 1.
Menanam bunga dahlia (pexels: Karolina Grabowska)

Menanam bunga dahlia (pexels: Karolina Grabowska)

Memperbanyak Bunga Dahlia dari Benih

  • Sebar benih bunga dahlia secara rata di atas media tanah, lalu tutup dengan tanah tipis-tipis saja.
  • Jaga kelembapan media tanam. Anda bisa menggunakan karung goni atau daun pisang yang bersih di atas media tanam apabila menanamnya di musim kemarau. Namun, jika menanam di musim penghujan, Anda dapat menggunakan plastik transparan di atas media semai untuk melindungi bunga dari cipratan air hujan.
  • Jika bibit sudah tumbuh daun sempurna sebanyak 6 helai, Anda dapat memindahkannya ke pot yang lebih besar. Gunakan media tanam berisi sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 6 : 1. Pastikan untuk memindahkan tanam secara berhati-hati supaya tak ada akar yang rusak.
  • Pastikan tanaman bunga dahlia terkena sinar matahari yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik.
Baca juga:  Aneka Kreasi Resep Cocktail Buah Kaleng yang Mudah Dicoba di Rumah

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara memperbanyak bunga dahlia? Anda bisa memilih metode mana saja yang kira-kira paling gampang untuk Anda lakukan di rumah.

[1]Gardjito, M dkk. 2015. Penanganan Segar Hortikultura untuk Penyimpanan dan Pemasaran. Jakarta: Kencana, hlm 126.

[2]Ibid., hlm 127.

[3]Suherneti, N dkk. 2009. Pendidikan Lingkungan Hidup: Untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta: Grasindo, hlm 3.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: