Ini Tips & Cara Memotong Daging Sapi yang Benar

Memotong Daging Sapi yang Benar - meatbasics101.com

Beberapa orang mungkin agak malas ketika harus memasak daging. Meski nikmat, mengolah daging bagi sebagian orang dirasa cukup merepotkan. Selain harus tahu cara membersihkan daging sapi, kambing, atau ayam dengan benar, Anda juga harus tau bagaimana cara memasak atau cara memotong daging yang tepat agar teksturnya empuk dan enak saat dimakan.

Menurut Agustina dkk (2011), ada berbagai istilah yang digunakan dalam hal pemotongan bahan sebelum memasak. Berikut jenis-jenis potongan yang mungkin Anda dapati dalam resep-resep masakan.

Jenis-Jenis Potongan Daging

Carve
Ini adalah istilah jenis irisan untuk memotong daging sapi, kambing, atau ayam utuh, dalam potongan besar. Lakukan dengan cermat, agar bisa dihidangkan sesuai porsi makan perorangan.

Chopping
Istilah chopping atau potong dalam resep, berarti Anda bebas memotong jenis bahan makanan yang dimaksud sesuai selera Anda. Meskipun demikian, potongan jenis bahan makanan tersebut harus disesuaikan dengan bahan masakan lain. Misalnya, jika Anda akan memasak tumis kangkung ayam, potongan daging ayam disesuaikan dengan potongan kangkung.

Dicing
Sesuai dengan istilahnya, dicing atau potongan berbentuk kubus, berarti bahan masakan dipotong dengan tinggi tiap sisi sama panjang. Mengenai ukurannya, sesuaikan dengan kebutuhan.

Escallope
Escallop atau escallope adalah mengiris daging sapi atau ikan tipis-tipis.

Fillet
Dalam istilah kuliner, fillet berarti mengiris tipis untuk daging, daging ayam, atau ikan tanpa tulang.

Secara umum, sebenarnya ada dua gaya potongan daging sapi yang mungkin bisa Anda coba. Yang pertama adalah memotong daging sapi searah dengan arah seratnya atau bisa juga memotong daging sapi berlawanan dengan arah serat daging. Cara atau teknik memotong daging sapi ini rupanya tidak boleh sembarangan. Anda harus mengetahui terlebih dahulu resep atau masakan seperti apa yang hendak Anda masak, nantinya potongan daging pun bisa disesuaikan dengan masakan tersebut agar bisa menghasilkan makanan yang sempurna dan layak untuk dinikmati bersama keluarga.

Cara Memotong Daging Sapi - www.seriouseats.com

Cara Memotong Daging Sapi – www.seriouseats.com

Nah, agar lebih jelas, Anda bisa menyimak ulasan lengkap mengenai cara memotong daging sapi berikut ini.

Cara Memotong Daging Sapi

  1. Sebelum memotong daging sapi atau kambing, sebaiknya bersihkan lemak atau selaput keras yang menempel pada daging terlebih dahulu. Memasukkan daging ke dalam freezer pun kabarnya juga dapat membantu mengempukkan teksturnya.
  2. Cara memotong atau mengiris daging sapi yang benar harus disesuaikan tipe masakan apa yang hendak Anda masak, sebab salah-salah justru akan membuat masakan daging Anda alot atau bahkan hancur teksturnya. Nah, jika Anda berencana memasak hidangan daging bertekstur empuk seperti steak atau tumisan, maka teknik memotong daging yang benar harus berlawanan dengan arah serat. Banyak chef terkenal yang menyarankan agar daging dipotong melawan arah serat agar lebih empuk dan mudah dikunyah.
  3. Nah, lain lagi bila Anda ingin memasak daging dalam waktu yang lama seperti rendang, dendeng, batokok, empal, pindang serani, abon, atau daging suwir. Cara terbaik untuk memotong daging untuk resep-resep tersebut adalah searah dengan serat daging itu sendiri. Dengan dipotong sesuai arah serat, maka daging-daging tersebut tidak akan mudah hancur jika diolah dalam jangka waktu yang lama.

Daging untuk tiap masakan memang memerlukan perlakuan yang berbeda. Untuk rendang misalnya, sebaiknya dipotong-dipotong dengan ukuran yang sedang. Sebab jika dipotong terlalu kecil akan mudah hancur dan dipotong terlalu besar pun waktu memasaknya jadi terlalu lama.

Sedangkan untuk steak, Anda dapat menggunakan bagian daging yang paling lunak seperti sirloin atau topside. Supaya tekstur daging lebih empuk, sebaiknya simpan daging dalam freezer sekitar semalaman dan dipotong pada keesokan harinya. Potongan daging untuk steak pun sebaiknya tidak terlalu tebal agar bumbu-bumbunya bisa lebih meresap.

Ukuran Potongan Daging Sapi - www.aliexpress.com

Ukuran Potongan Daging Sapi – www.aliexpress.com

Jika Anda merupakan pemula, Anda bisa mencoba membeli daging sedikit saja untuk kemudian mempraktikkan cara memotong daging sapi yang benar di rumah. Tetapi apabila Anda tak punya banyak waktu, Anda bisa meminta tolong pada penjual daging untuk memotongkan daging sapinya untuk Anda supaya bisa langsung diolah di rumah. Biasanya di supermarket atau pusat-pusat perbelanjaan besar daging-daging yang dijual sudah tersedia dalam wujud potongan-potongan yang lebih praktis.

Referensi:

Baca juga:  Studi: Kadar PFAS Makanan Rumahan Lebih Rendah dari Produk Kemasan

Agustina, Rahmalia, Nailul HD. 2011. Buku Pintar Ibu Rumah Tangga 365 Tip dan Kiat Praktis untuk Berbagai Kebutuhan Rumah Tangga Sehari-hari. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: