Bagaimana Cara Tepat Memijat Bayi Kembung?

Ilustrasi: bayi perut kembung (sumber: theplacefordee.com)Ilustrasi: bayi perut kembung (sumber: theplacefordee.com)

Kembung pada bayi kerap membuat para orang tua merasa kebingungan, karena gejalanya sering membuat bayi rewel dan menangis tanpa alasan. Selain itu, bayi yang kembung juga sering mengalami susah tidur. Untuk mengatasinya, sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan cara memijatnya.

Pijat bayi termasuk sebuah kebiasaan yang diturunkan dari nenek moyang. Bahkan, teknik memijat bayi sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno. Pada zaman dahulu, pijat bayi adalah salah satu jenis pengobatan yang dilakukan pada bayi dengan berbagai macam penyakit. Sehingga, pijat bayi dianggap sebagai salah satu pengobatan paling penting.

Hingga kini, kebiasaan tersebut masih sering dilakukan. Bedanya, kini pijat bayi tidak hanya dipakai untuk mengobati bayi, tetapi juga mencegah penyakit pada bayi. Selain itu, keuntungan pijat bayi adalah menjalin kasih sayang dengan orang-orang terdekat dan sesama manusia, memacu sirkulasi darah, menyehatkan jantung, menguatkan sistem pernapasan, menguatkan sistem imun bayi, menguatkan sistem pencernaan bayi, melatih stres, dan mendorong pertumbuhan susunan otot serta kelenturannya.

Agar pijat bayi semakin optimal, sebaiknya yang memijat adalah orang tua atau kerabat dekat bayi tersebut. Sehingga, bayi juga akan belajar memahami perasaan orang terdekatnya. Ini akan membuat bayi semakin peka dan belajar untuk menangkap emosi orang di sekitarnya. Sehingga, ia dapat belajar cara bersosialisasi dengan baik.[1]

Baca juga:  Ingin Bayi Anda Cepat Bicara? Lakukan Baby Talk

Sementara itu, dilansir dari HaiBunda, pijat bayi untuk menangani bayi kembung sedikit berbeda dengan memijat bayi untuk menjaga kesehatan atau menyembuhkan penyakit lainnya. Hal ini karena bayi yang kembung memiliki gangguan pada sistem pencernaannya. Terdapat gas yang berlebihan pada perut bayi yang tidak bisa dikeluarkan dengan mudah oleh bayi. Lalu, bagaimana cara tepat memijat bayi kembung?

Cara Memijat Bayi Kembung

Ilustrasi: memijat bayi (sumber: zeel.com)

Ilustrasi: memijat bayi (sumber: zeel.com)

  • Sebelum memijat, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih. Bila perlu, cuci tangan menggunakan sabun dan cairan alkohol untuk mensterilkan telapak tangan Anda. Setelah itu, buka baju bayi dan biarkan bayi dalam kondisi telanjang dada.
  • Letakkan bayi di kasur dengan alas yang sedikit kaku, namun masih membuat bayi merasa nyaman. Letakkan satu tangan Anda di bawah rusuk bayi dengan posisi kelingking menghadap bawah dan telapak tangan menghadap kaki bayi. Secara perlahan, usap tangan Anda dari perut hingga bagian atas panggul bayi.
  • Lakukan gerakan mengusap tersebut selama 1 menit agar kulit bayi terasa hangat dan bayi mulai merasa tengang.
  • Setelah bayi Anda mulai merasa tenang dan tidak rewel lagi, tekuk kedua lutut bayi secara perlahan ke arah perutnya. Pastikan telunjuk Anda menopang bagian belakang lutut bayi dengan tepat. Ini akan menjaga bentuk tulang kaki pada bayi selama proses pemijatan.
  • Luruskan kembali kaki bayi dan buat pola lingkaran searah jarum jam menggunakan telapak tangan kanan di perut bayi, kemudian diikuti tangan kiri. Lakukan gerakan pola lingkaran searah jarum jam tersebut berulang kali hingga perut bayi sedikit membaik. Biasanya, pada langkah ini, perut bayi sudah menunjukkan tanda-tanda tidak kembung lagi.
  • Jika bayi Anda masih kembung dan rewel, satukan jari telunjuk dan jari tengah Anda dan letakkan jari di bagian perut bayi bagian kiri. Tekan dengan lembut jari telunjuk Anda ke arah bawah hingga membentuk huruf I.
  • Lanjutkan dengan meletakkan jari di perut bayi bagian kiri, dan geser ke arah kanan, kemudian ke bawah dengan pola huruf L. Setelah itu, dimulai dari lipatan kaki kanan, geser jari telunjuk Anda hingga dengan pola huruf U ke arah lipatan kaki kiri.
  • Lakukan pemijatan bayi dengan pola huruf I, L, dan U di atas secara berulang kali. Setelah bayi benar-benar tenang dan rasa kembungnya hilang, pegang pinggang bayi dengan posisi kedua ibu jari berada di perutnya. Tarik ibu jari ke sisi perutnya secara bersamaan.
Baca juga:  Resep Cara Membuat Tepung Kacang Hijau untuk MPASI

Itulah serangkaian cara memijat bayi yang kembung, pelajari terlebih dahulu tekniknya agar Anda bisa mempraktikkannya pada bayi Anda. Agar kembung pada bayi cepat hilang, saat memijat bayi, Anda bisa mengoleskan sedikit minyak telon atau cream penghangat pada kulit bayi.

Setelah bayi dipijat, Anda bisa segera memberikan ASI atau susu formula bayi untuk mengisi lambungnya yang kosong akibat terlalu banyak mengeluarkan gas. Sehingga, bayi dapat tidur dengan tenang dan nyaman setelah dipijat.

[1] Sulastri, Sri. 2011. Studi Deskriptif tentang Motivasi Orang Tua Menggunakan Pijat Bayi untuk Tumbuh Kembang Anak (Skripsi). Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: