Tak Perlu Beli, Seperti Ini Cara Membuat Tepung Panir Sendiri

Tepung Panir - mbakginuk.wordpress.comTepung Panir - mbakginuk.wordpress.com

Tepung roti atau tepung panir adalah sejenis tepung yang dibuat dari roti kering yang ditumbuk dengan halus. Tepung ini gunanya untuk memberikan makanan memiliki lapisan luar yang renyah. Tepung roti biasa digunakan untuk membuat kroket, risoles, dan sebagainya. Dalam masakan Jepang ada pula tepung sejenis yang diberi nama panko, demikian seperti dilansir dari Wikipedia

Tepung roti atau tepung panir memiliki banyak sekali kegunaan. Pertama, dicampur ke berbagai makanan dengan bahan dasar daging cincang untuk menjaga kelembapannya. Kedua, untuk melumuri berbagai jenis makanan sebelum digoreng. Lapisan tepung roti akan membuat kulit gorengan menjadi renyah dan tidak mudah hancur.[1]

Berbagai gorengan yang dilapisi dengan tepung panir, selalu memberikan sensasi tersendiri. Namun, tepung panir buatan pabrik tentunya tidak segar lagi karena sudah berhari-hari dipajang dalam toko. Belum lagi kemungkinan adanya bahan pengawet di dalam tepung tersebut. Anda bisa membuat sendiri tepung panir dengan menggunakan remah roti tawar.

Cara Membuat Tepung Panir - www.thespruceeats.com

Cara Membuat Tepung Panir – www.thespruceeats.com

Resep Tepung Panir Berbumbu

Bahan Tepung Panir

Baca juga:  Tak Perlu Beli, Begini Cara Membuat Cilok Gaul yang Super Mudah & Enak
  • 500 gram roti atau sisa roti

Bumbu Tepung Panir (Opsional)

  • 2 sdm oregano kering
  • 2 sdm parsley kering
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica

Cara Membuat Tepung Panir

  1. Panaskan oven di suhu 90 derajat C. Potong-potong roti menjadi bagian lebih kecil, kemudian panggang dalam oven selama 30 menit atau hingga terlihat kering. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin.
  2. Setelah dingin, masukkan potongan roti ke dalam food processor. Jika ingin membuat tepung panir berbumbu, masukkan bumbunya di tahap ini. Kemudian blender roti bersama bumbu di dalam food processor.
  3. Tuang remahan roti yang sudah terbentuk di atas loyang yang telah dilapisi kertas roti, masukkan lagi ke dalam oven dan panggang selama kurang lebih 5 hingga 10 menit untuk membuat tepung lebih kering. Setelah dipanggang, dinginkan di atas rak sebelum dimasukkan ke dalam tempat penyimpanannya.

Yang perlu kita lakukan dalam membuat tepung panir adalah menyiapkan beberapa roti tawar lantas dikeringkan hingga kering betul (bisa di bawah terik matahari maupun diangin-anginkan di dalam oven yang sudah dimatikan tapi masih panas suhunya). Yang perlu diperhatikan, jika kita mengeringkannya di dalam oven, jangan sampai hangus yah, karena tekstur yang baik adalah jika tepung tersebut berwarna putih. Oleh karena itu sebaiknya sebelum dimasukkan dalam oven, oven tersebut sudah dimatikan dan suhunya masih panas. Setelah dikeringkan, roti tersebut kita tumbuk tapi tidak sampai lembut (masih berupa kristal-kristal kasar) disebut tepung panir kasar.[2]

Baca juga:  Tidak Perlu Mahal, Inilah Menu Cemilan Sehat Untuk Bayi 9 Bulan

Bila menginginkan tepung panir yang lebih sehat dan kaya serat, manfaatkan roti tawar whole wheat atau brown bread. Sebaiknya bagian pinggirannya dibuang agar warna tepung panir tidak terlalu gelap.[3] Bagi Anda yang ingin membuat tepung panir tapi tidak punya oven di rumah pun tak perlu khawatir, Anda tetap bisa memanfaatkan alat memasak yang ada seperti wajan teflon.

Olahan Tepung Panir - www.warriormade.com

Olahan Tepung Panir – www.warriormade.com

Resep Tepung Panir Tanpa Oven

Bahan Tepung Panir Tanpa Oven

  • 160 gram roti tawar

Cara Membuat Tepung Panir Tanpa Oven

  1. Potong-potong roti, lalu tata di atas teflon. Panggang sampai kering (tanpa minyak).
  2. Masukkan roti yang sudah dipanggang tersebut dalam food processor atau chopper. Tekstur tepung panir bisa disesuaikan dengan selera, apakah yang halus atau agak kasar.
  3. Setelah dihaluskan, tuangkan lagi ke teflon. Sangrai remahan roti tersebut dengan api kecil sampai benar-benar kering.
  4. Jika sudah cukup kering, matikan kompor. Tetap aduk tepung panir sampai suhunya turun.
  5. Setelah dingin, simpan tepung panir dalam toples dan tutup dengan rapat.
Baca juga:  Rekomendasi 5 Snack Rendah Kalori di Supermarket untuk Camilan Kamu

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuatnya? Jika Anda belum punya food processor atau chopper, Anda bisa menggunakan ulekan atau alat tumbuk semacamnya.

[1] Quinn, F. 2011. Healthy Happy Family by Farah Quinn (hlm 27). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[2] Suryana, D. 2013. Cara Membuat Tepung (hlm 13-15). Jakarta: CreateSpace Independent Publishing Platform.

[3] Apriadji, WH. 2007. Healthy Fast Food: Hidangan Sehat Cepat Saji, Favorit Anak-anak dan Seluruh Keluarga (hlm 17). Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: