Bisa Dibikin Jadi Aneka Kue, Begini Cara Membuat Tepung Kulit Pisang

Tepung kulit pisang (sumber: kenyacic.org)Tepung kulit pisang (sumber: kenyacic.org)

Pisang merupakan buah kesukaan banyak orang. Buah yang teksturnya lembut dan memiliki rasa manis ini cocok untuk dikonsumsi kapan saja. Namun, beberapa orang mungkin bingung mengolah limbah yang dihasilkan dari pisang berupa bagian kulitnya yang selama ini tak termakan. Selain dimanfaatkan sebagai pupuk, rupanya kulit pisang bisa diolah menjadi bahan pangan seperti tepung. Cara membuat tepung kulit pisang pun tidak terlalu rumit.

Kulit pisang mengandung serat pangan dalam jumlah 50g/100g, sehingga merupakan sumber serat pangan potensial. Semua jenis kulit pisang dapat diolah menjadi tepung, namun yang terbaik adalah kulit pisang raja karena memiliki struktur serat yang lebih tebal dan memiliki kandungan pati dan kalsium yang cukup tinggi. Sebagai substituen tepung, serat pangan yang terdapat di dalamnya dapat memberikan efek fisiologis, seperti penyakit cardiovascular, konstipasi, iritasi usus, kanker usus dan diabetes.

Cara Membuat Tepung Kulit Pisang

Menurut PKKPBKP (2011) pembuatan tepung kulit pisang dimulai dengan cara memotong kulit pisang kecil-kecil dengan ukuran kurang lebih 1 cm x0,5 cm dengan pisau atau alat pengiris. Kemudian merendam kulit pisang dalam larutan natrium tiosulfat dan garam selama 1 jam, setelah itu ditiriskan. Proses pengolahan tepung kulit buah dimulai dari pengeringan kulit menggunakan oven 60°C sampai kulit menjadi benar-benar kering sehingga hasil akhir yang didapat berupa tepung yang kering. Setelah kering atau kadar air kurang lebih 14 persen, potongan kulit buah dapat digiling/dihancurkan dengan menggunakan hammer mill atau ditumbuk. Hasil penggilingan kemudian diayak. Tepung kulit buah yang lolos dari ayakan dikemas dalam kantong plastik.

Baca juga:  Bolehkah Daging Beku Langsung Dimasak?

Proses pengolahan tepung kulit pisang yang dilakukan mampu menyimpan aroma khas dari pisang, sehingga menghasilkan aroma pisang pada tepung kulit pisang yang dihasilkan. Karakter rasa tepung kulit pisang adalah sedikit getir. Hal tersebut mungkin disebabkan oleh kandungan fitokimia seperti saponin yang terdapat dalam kulit pisang.

Kulit pisang (sumber: finedininglovers.com)

Kulit pisang (sumber: finedininglovers.com)

Kandungan Gizi Tepung Kulit Pisang

Rata-rata tepung kulit pisang memiliki kandungan gizi yaitu, kadar air sebanyak 6,61, abu 1,10, lemak 6,37,protein 7,16, karbohidrat 76,20, serat 36,60, kalsium 0,34, fosfor 0,26, karoten 0,14, dan antosianin 15,61%.

Kandungan proksimat, yaitu air, abu,lemak, protein, karbohidrat dan serat pada tepung kulit pisang merupakan zat gizi makro yang terbanyak dalam kulit pisang. Pada setiap bahan pangan yang paling kering sekalipun, masih terdapat kandungan air walaupun dalam jumlah yang kecil. Protein, karbohidrat dan lemak merupakan komponen penting yang terdapat dalam makanan. Serat kasar terdiri dari selulosa, hemiselulosa, danlignin. Selulosa dan hemiselulosa merupakan komponen dinding sel tumbuhan dan tida kdapat dicerna oleh manusia.

Baca juga:  Murah dan Mudah, Ini Resep Kulit Lumpia Anti Sobek

Adapun mineral yang umum terdapat pada kulit pisang adalah kalsium dan fosfor. Kulit pisang memiliki kandungan vitamin A sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu beta-karoten,sebesar 45 mg per 100 gram berat kering. Betakaroten tersebut juga berperan sebagaiantioksidan.[1]

Pemanfaatan Tepung Kulit Pisang

Menurut SelviNovianti, dosen Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung, penggunaan tepung kulit pisang tidak dapat seutuhnya menggantikan pemakaian tepung terigu. Dalam suatu resep biasanya tepung kulit pisang dapat dipakai untuk menggantikan sekitar 20% takaran dari tepung terigu.

Tepung kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka resep kue, seperti brownies, loaf cake, muffin, dan sebagainya. Beberapa orang bahkan memanfaatkan tepung kulit pisang untuk membuat pasta hingga mie kuning dengan sensasi rasa yang berbeda. Karena tepung kulit pisang disebut gluten free (bebas gluten), maka tepung ini dipercaya aman untuk orang-orang yang memiliki alergi gluten.

Baca juga:  Mudah dan Tidak Membutuhkan Modal Besar, Menjadi Karakteristik Dari Bisnis Yang Cocok Untuk Pemula

Selain membuat tepung kulit pisang sendiri, di pasaran pun sudah banyak pedagang yang menjual tepung kulit pisang. Adapun tepung kulit pisang per kemasan isi 100 gram dijual dengan harga Rp15 ribu. Dari segi harga memang lebih mahal dari tepung terigu biasa yang per 1 kg hanya sekitar Rp9 ribuan, namun tentunya itu sebanding dengan kandungan gizi dalam tepung kulit pisang yang lebih kaya.

[1]Aryani, T dkk. 2018. Karakteristik Fisik, Kandungan Gizi Tepung Kulit Pisang danPerbandingannya terhadap Syarat Mutu Tepung Terigu. Jurnal Riset Sains dan Teknologi. 2(2): 45-50.

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Simpan Banyak Manfaat, Harga Tepung Kulit Pisang Ternyata Enggak Terlalu Mahal – Konstituen.com

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: