Resep & Cara Membuat Tepung Kentucky (KFC) Crispy Sendiri

Ilustrasi: tepung ayam goreng (sumber: makeitgrateful.com)

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan kelezatan ayam goreng crispy dari Kentucky Fried Chicken (KFC). Menu fast food satu ini memang begitu mendunia. Bukan hanya karena kerenyahan tekstur luarnya, tetapi juga karena cita rasanya yang begitu berkesan. Rasa khas dari KFC ini sendiri terletak pada kombinasi bumbu-bumbu rahasia yang diciptakan oleh penemunya, yakni Colonel Sanders. Cara membuat tepung Kentucky crispy memang rumit, karena Anda harus tahu persis bahan apa yang digunakan dan berapa takaran persisnya.

Tekstur renyah fried chicken memang sangat menyenangkan. Ternyata di balik kerenyahan kulitnya tergantung pada jenis tepung yang digunakan. Hidangan asal negeri Paman Sam ini sudah dikenal sejak puluhan tahun lalu. Potongan ayam dibalut dengan tepung dan digoreng hingga garing.

Selain membeli di resto fast food, ayam berbalut tepung renyah ini juga bisa dibuat sendiri. Karenanya beberapa perusahaan bahan makanan memproduksi tepung khusus. Dengan racikan tepung bumbu ini produsen menjanjikan fried chicken yang dibuat.[1]

Baca juga:  Wajib Coba, Begini Resep & Cara Membuat Kembang Goyang yang Enak dan Renyah

Nah, jika Anda ingin lebih ekonomis dan mencoba menantang diri sendiri untuk membuat tepung Kentucky yang crispy, coba resep ala KFC Extra Crispy berikut!

Resep Ayam ala KFC Extra Crispy

Ilustrasi: ayam goreng krispy ala KFC (sumber: headtopics.com)

Ilustrasi: ayam goreng krispy ala KFC (sumber: headtopics.com)

Bahan Ayam ala KFC Extra Crispy

  • 1 ekor ayam, potong sesuka selera, pisahkan kulit dan lemak, rendam potongan daging dalam air cuka
  • 6-8 cangkir mentega, lelehkan
  • 1 telur, kocok lepas
  • 1 cangkir susu
  • 2 cangkir tepung terigu
  • 2 1/2 sdt garam
  • 3/4 sdt lada
  • 3/4 sdt penyedap rasa
  • 1/8 sdt bubuk paprika
  • 1/8 sdt bubuk bawang putih
  • 1/8 sdt baking powder

Cara Membuat Ayam ala KFC Extra Crispy

  1. Campur telur kocok dan susu. Sisihkan.
  2. Di mangkuk lain, campurkan tepung terigu, garam, lada, penyedap rasa, bubuk paprika, bubuk bawang putih, dan baking powder. Sisihkan.
  3. Angkat potongan daging ayam yang sudah direndam dalam air cuka. Pindahkan potongan ayam ke atas kertas serbet, sehingga airnya dapat mengering dengan cepat.
  4. Celupkan daging ayam ke dalam campuran telur dan susu, lalu lapisi daging ayam dengan campuran tepung kering. Celupkan lagi dalam campuran telur dan susu, lalu masukkan lagi ke dalam campuran tepung kering. Pastikan setiap potongan daging terlapisi secara merata.
  5. Celupkan ayam satu demi satu ke dalam mentega leleh panas. Goreng daging ayam selama 12-15 menit, atau sampai matang dan dagingnya berwarna cokelat keemasan.
  6. Angkat, tiriskan. Siap disajikan.[2]
Baca juga:  Tak Harus Selalu Beli, Seperti Ini Cara Membuat Cabe Kering & Bubuk

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Supaya lebih ekonomis, Anda bisa menggoreng ayam ala Kentucky ini dengan minyak goreng biasa atau minyak goreng curah. Di resep tepung Kentucky crispy lainnya, ada juga yang menambahkan rempah-rempah lain seperti jahe, kaldu bubuk rasa ayam, ketumbar, cabai merah, kunyit, bubuk basil, hingga bubuk oregano. Jika Anda ingin menambahkan rempah-rempah lain, Anda bisa menyesuaikan takarannya sesuai dengan selera.

Untuk resep ayam goreng Kentucky, Anda juga dapat menggunakan salah satu minyak sayur. Dapat ditambahkan mentega. Singkirkan busa yang timbul di permukaan selama memanaskan minyak. Perhatikan panas minyak dalam wajan. Bila minyak terlalu panas hasilnya gosong. Minyak tidak cukup panas menghasilkan ayam yang tidak renyah.

Suhu menggoreng yang ideal sekitar 185°C. Anda bisa menggunakan termometer atau masukkan roti 5 x 5 cm ke dalam minyak panas, roti harus kuning kecokelatan dalam waktu 60 detik. Jika telah mendapatkan suhu yang tepat, masukkan perlahan, satu per satu potongan ayam, dan jangan terlalu banyak. Lakukan dua atau beberapa kali penggorengan.[3]

Baca juga:  Panduan Memilih Menu Makanan Sehat

Supaya bumbu lebih meresap, ada juga yang menyarankan ayam mentah dimarinasi terlebih dahulu dengan bumbu tepung cair semalaman atau setidaknya beberapa jam sebelum digoreng.

[1] Suryana, D. 2013. Cara Membuat Tepung. Jakarta: CreateSpace Independent Publishing Platform, hlm 20.

[2] Sandra, N. 2009. Resep Rahasia ala KFC. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Anggrek, hlm 20.

[3] Erwin, LT. 2009. Yummy and Tasty: Fried Chicken. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 35.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: