Resep Cara Membuat Tepung Kacang Hijau untuk MPASI

Ilustrasi: ibu menyuapi bayi (sumber: motherandbaby.co.uk)Ilustrasi: ibu menyuapi bayi (sumber: motherandbaby.co.uk)

Bagi ibu yang baru memiliki anak pertama, pastinya dibuat kebingungan dengan berbagai macam kebutuhan bayi, apalagi soal MPASI. Apakah Anda juga kebingungan dengan varian MPASI yang bergizi untuk bayi Anda? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mencoba membuat tepung kacang hijau sebagai MPASI bayi Anda dengan cara yang praktis dan sederhana.

Mengapa Tepung Kacang Hijau Baik untuk MPASI?

MPASI sendiri merupakan makanan pendamping ASI yang harus diberikan kepada bayi sejak usianya 6 bulan ke atas. Tujuan diberikan MPASI kepada bayi, karena ASI saja tidak cukup bagi mereka, terutama untuk gizi dan seratnya. Selain itu, MPASI juga berperan sebagai salah satu cara untukĀ  memperkenalkan tekstur dan rasa makanan sejak dini.

Secara umum, MPASI berupa biskuit bayi, bubur bayi, buah-buahan, dan berbagai macam makanan olahan dari tepung. Syarat bahan makanan bisa dijadikan sebagai MPASI, yaitu harus memiliki kandungan gizi lengkap dengan kadar yang cukup. Kandungan nutrisi tersebut di antaranya, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Berikan MPASI secara berselang-seling, atau dengan menu yang berbeda-beda setiap harinya. Selain mencegah ketergantungan pada bayi, ini juga membuat mereka mengenal banyak rasa dan tekstur. Perlu diketahui, ada juga bayi yang mudah bosan dengan rasa dan tekstur makanan. Sehingga, mau tidak mau, Anda harus mengganti menu MPASI mereka.

Baca juga:  Hubungan Nyata Antara Menyusui Dengan Pencegahan Obesitas

Untuk mendapatkan karbohidrat yang cukup, Anda memang bisa memberikan tepung beras sebagai MPASI kepada bayi Anda. Meskipun begitu, Anda juga perlu mengetahui bahwa tepung beras bisa membuat bayi menjadi ketergantungan dan sulit makan jika tidak ada tepung beras. Sebagai solusi, Anda bisa menggantinya dengan tepung kacang hijau.[1] Tepung kacang hijau baik dijadikan MPASI, selain karena teksturnya yang lembut dan mudah dicerna, juga punya rasa yang lezat dan kandungan nutrisi yang lengkap.

Tepung kacang hijau (sumber: alibaba.com)

Tepung kacang hijau (sumber: alibaba.com)

Kandungan Nutrisi Tepung Kacang Hijau per 100 gr

Jenis NutrisiJumlah Nutrisi
Kalori Lemak 1,2 gr345 kal
Protein22,2 gr
Karbohidrat62,9 gr
Karbohidrat62,9 gr
Serat4,1 gr
Kalsium125 mg
Zat besi6,7 mg
Fosfor320 mg
Vitamin A157 SI
Vitamin B10,64 mg
Vitamin C6,0 mg
Air10 gr
Kacang hijau (sumber: pxhere)

Kacang hijau (sumber: pxhere)

Untuk mendapatkan semua nutrisi pada tepung kacang hijau, Anda tidak perlu membelinya. Anda cukup membuat sendiri tepung kacang hijau dengan cara yang praktis, dan bisa Anda lakukan setiap hari. Lalu, bagaimana cara membuat tepung dari kacang hijau ini?

Baca juga:  Tips dan Cara Membuat Anak Disiplin Tanpa Kekerasan

Tips Membuat Tepung Kacang Hijau

  • Sebelum membuat tepung kacang hijau untuk MPASI, Anda perlu menyiapkan alat dan bahannya. Bahan utama yang digunakan, tentu saja kacang hijau dengan kualitas baik. Ciri kacang hijau yang baik, yaitu warna kulit yang berwarna hijau, tidak kusut, dengan ukuran yang cenderung sama antara kacang satu dengan lainnya.
  • Sebagai bahan pendamping, Anda bisa menyiapkan buah pisang, ASI, dan jeruk lemon.
  • Siapkan juga alat untuk menghancurkan bahan baku, seperti blender atau alat penumbuk batu. Selain itu, siapkan sendok, panci, baskom, dan mangkuk bayi.
  • Cucilah kacang hijau hingga bersih dan tiriskan, lalu cuci juga buah lemon. Keringkan dua bahan tersebut menggunakan serbet atau tisu.
  • Masukkan 100 cc air ke dalam panci dan rebus satu genggam kacang hijau atau setara dengan 5 hingga 10 sendok makan. Kacang hijau yang sudah empuk bisa ditiriskan dan direndam di air dingin. Kupas bagian kulit kacang hijau hingga menyisakan buahnya yang berwarna putih kekuningan.
  • Masukkan kacang hijau ke dalam blender atau alat penumbuk, tambahkan irisan pisang, ASI, dan sedikit air perasan jeruk lemon. Hancurkan bahan-bahan tersebut hingga lembut dan sajikan dalam mangkuk bayi.
Baca juga:  Pentingnya Memperhatikan Perkembangan Kehamilan Usia 3 Bulan Pertama

Jika Anda malas membuat tepung tepung kacang hijau secara langsung, Anda bisa membuatnya secara lebih dan disimpan dalam keadaan kering. Cara membuat tepung kacang hijau kering, yaitu dengan menjemur atau mengoven kacang hijau yang telah direbus terlebih dahulu. Setelah biji kacang benar-benar kering, Anda bisa menghaluskannya menggunakan alat penumbuk atau blender. Tepung kacang hijau kering tersebut bisa Anda gunakan sewaktu-waktu sebagai bahan tambahan dalam pembuatan bubur MPASI.

[1] Husna, Emma dkk. 2012. Karakterisasi Bubur Bayi Instan Berbahan Dasar Tepung Millet (Panicum SP) dan Tepung Kacang Hijau (Phaseolus Radiatus) dengan Flavor Alami Pisang Ambon (Musa paradisiaca var. Sapientum L). Jurnal Teknosains Pangan Vol. 1(1): 68-74.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: