Cara Mudah Membuat Tepung Beras Merah Untuk MPASI

Tepung beras merah (sumber: seelans.com)Tepung beras merah (sumber: seelans.com)

Beras merah sering sekali dijadikan bahan untuk membuat MPASI (makanan pendamping ASI). Selain kaya akan gizi, beras merah yang sudah diolah menjadi tepung juga memiliki cita rasa yang nikmat untuk dikonsumsi buah hati Anda. Bubur beras merah instan untuk bayi pada dasarnya sudah tersedia di pasaran. Namun, jika Anda ingin membuat sendiri tepung beras yang alami tanpa bahan pengawet atau tambahan apapun, ada tips dan cara mudah yang bisa Anda ikuti.

Makanan pendamping ASI (MP-ASI) memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan zat gizi pada bayi dan balita setelah pemberian ASI ekslusif. Penambahan zat mikro menjadi salah satu carameningkatkan kualitas gizi MP-ASI. Pemberian formula modifikasi MP-ASI yang tepat berhubungan dengan peningkatan status gizi balita.

Bahan makanan sumber karbohidrat pada MP-ASI dapat berupa beras putih, beras merah, jagung, kentang, tepung terigu, dan lain-lain. Penggunaan beras merah sebagai bahan dasar MP-ASI lebih banyak dilakukan oleh pihak industri. Hal tersebut dilakukan karena beras merah memiliki rasa yang lebih manis dan memiliki manfaat kesehatan lebih banyak. Beras merah mengandung nutrisi lebih banyak daripada beras putih diantaranya protein, lemak, folat, vitamin E, dan lain-lain.[1]

Baca juga:  Update: Nutrilon Royal vs Bebelac, Mana Susu Formula yang Terbaik untuk Buah Hati?

Manfaat Beras Merah

Beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang membantu meningkatkan jumlah hormon serotonin dalam otak, yaitu senyawa kimia yang memperbaiki suasana hati dan menenangkan otak. Makanan ini juga memberikan energi untuk jangka panjang dalam jumlah besar, serta dapat menstabilkan kadar gula darah, penting juga untuk dapat tidur nyenyak. Beras merah juga mengandung vitamin B kompleks yang sangat penting untuk kesehatan fungsi otak.[2]

Beras merah (sumber: pinterest)

Beras merah (sumber: pinterest)

Dalam 100 gram beras merah terkandung berbagai nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang buah hati Anda, yakni sebagai berikut.

Kandungan Gizi Beras Merah

  • Vitamin B1: 0,4 mg
  • Karbohidrat: 77,24 gram
  • Gula: 0,85 gram
  • Serat: 3,5 gram
  • Lemak: 2,92 gram
  • Protein: 7,94 gram
  • Air: 10,37 gram
  • Kalsium: 23 mg
  • Besi: 1,47 mg
  • Magnesium: 143 mg
  • Mangan: 3,7 mg
  • Fosfor: 333 mg
  • Potasium: 223 mg
  • Sodium: 7 mg
  • Zinc: 2,02 mg
Baca juga:  Manfaat Tepung Ganyong dan Cara Mengolahnya

Nah, jika Anda tertarik memberikan MPASI dari beras merah untuk bayi Anda, berikut cara membuat tepung beras merah sendiri di rumah.

MPASI dari tepung beras merah (sumber: kreasimasakan.com)

MPASI dari tepung beras merah (sumber: kreasimasakan.com)

Resep Tepung Beras Merah untuk MPASI

Bahan Tepung Beras Merah

  • 250 gram beras merah
  • Secukupnya air
  • 1 lembar daun salam/pandan

Cara Membuat Tepung Beras Merah untuk MPASI

  1. Cuci bersih beras merah dan pastikan tidak ada kerikil, gabah, dan sebagainya. Rendam dalam air selama kurang lebih 6 jam.
  2. Tiriskan beras dan jemur atau angin-anginkan beras sampai benar-benar kering. Bisa disangrai juga jika kurang kering.
  3. Haluskan beras dengan cara ditumbuk atau diblender menggunakan dry mill.
  4. Saring tepung beras merah yang sudah halus, sedangkan yang masih kasar bisa dihaluskan lagi. Lakukan proses ini hingga seluruh beras merah menjadi halus.
  5. Sangrai tepung beras merah menggunakan api kecil. Tambahkan daun pandan/salam sebagai indikator. Sangrai tepung beras merah sampai daun berwarna cokelat. Fungsi proses sangrai ini agar tepung beras merah benar-benar kering dan awet untuk disimpan.
  6. Jika sudah disangrai, dinginkan tepung terlebih dahulu. Setelah itu, tepung beras merah bisa disimpan dalam wadah kedap udara.
Baca juga:  Dari Mana Sumber DHA dan Apa Saja Manfaat DHA yang Belum Diketahui Orang?

Tepung beras merah homemade ini dapat digunakan dalam kurun waktu 2 minggu, selama tepung tidak berubah warna atau berbau apek. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Untuk mengolahnya jadi MPASI, Anda tinggal melarutkan tepung beras merah homemade ini dengan susu (ASI atau susu formula). Bisa juga dengan mencampurkan aneka puree buah-buahan agar lebih menggugah selera Si Kecil.

[1]Aina, Q & Bayi I. 2020. Pengaruh Formulasi Kadar Protein dan Kalsium pada MP-ASI Kacang Tunggak dan Beras Merah terhadap Uji Organoleptik pada Ibu Bayi dan Uji Daya Terima pada Bayi. Jurnal Gizi. 9(1): 115-123.

[2]Febry, AB &Zulfito M. 2014. 101 Menu MPASI Sehat. Alit TP, editor. Jakarta: PandaMedia, hlm 24.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: