Cara Membuat Susu Kental Manis Sendiri di Rumah, Cukup Pakai 3 Bahan!

Susu kental manis (sumber: cookgem.com)Susu kental manis (sumber: cookgem.com)

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan susu kental manis atau yang kerap disebut SKM. Bahan satu ini sering ditambahkan dalam berbagai minuman atau kudapan agar menambah rasa manis dan gurih khas susu. Produk susu kental manis sebenarnya cukup mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang murah. Selain membeli produk susu kental manis yang sudah jadi, Anda juga bisa membuat sendiri susu kental manis di rumah dengan cara yang mudah.

Susu kental manis merupakan susu dengan kandungan gula mencapai 80%. Susu ini terbuat dari susu sapi yang dihilangkan airnya melalui proses evaporasi dan ditambahkan gula hingga berbentuk sangat kenyal. Daya tahannya cukup lama dibandingkan dengan susu segar dan biasa digunakan sebagai salah satu bahan baku makanan atau kue.[1]

Cara menggunakan susu kental manis ini, dengan menambah air sebanyak yang tertulis pada label kemasan. Susu kental manis yang diperdagangkan, ada yang sudah dicampur dengan cokelat atau rasa buah, misalnya rasa stroberi (strawberry). Susu kental manis ini dapat dibuat dari susu penuh atau susu skim.[2]

Baca juga:  Resep & Cara Membuat Mayonaise Putih serta Salad ala HokBen

Susu kental manis yang diperdagangkan biasanya dikemas dalam kaleng atau kemasan sachet. Hal yang harus diperhatikan bila akan membeli susu kental kemasan kaleng adalah kondisi kaleng apakah ada cacat atau karat, dan juga perhatikan tanggal kedaluwarsanya.

Susu kental manis yang masih tersegel dapat disimpan pada suhu ruang. Namun jika sudah terbuka, lebih baik disimpan dalam kulkas. Selain untuk menghindari semut, penyimpanan dalam kulkas dapat mencegah pertumbuhan jamur pada susu. Susu kental manis tidak boleh dimasukkan ke dalam freezer, karena bisa membuat susu membeku, dan jika sudah meleleh, kandungan susunya akan terpisah dengan lapisan yang mengandung minyak berada di atas. Lapisan tersebut tidak bisa disatukan lagi meski telah diaduk dengan air.[3]

Susu kental manisbuatan pabrik biasanya memiliki cita rasa yang cenderung manis. Nah, jika membuat susu kental manis sendiri, Anda bisa menyesuaikan tingkat kemanisannya dengan selera Anda. Cara dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat susu kental manis pun tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakan bahan dan peralatan seadanya untuk membuat susu kental manis. Berikut uraian cara membuat susu kental manis, seperti dilansir dari Thehasanvideo.

Susu kental manis (sumber: foodsguy.com)
Susu kental manis (sumber: foodsguy.com)

Resep Susu Kental Manis

Bahan Susu Kental Manis

  • 500 ml susu UHT/susu segar kemasan
  • 1 cangkir gula pasir (sekitar 180 gram atau jika suka manis bisa digenapkan jadi 200 gram)
  • 1/4 sdt baking soda/soda kue
Baca juga:  Pengganti Tepung Tang Mien Dalam Aneka Resep Makanan

Cara Membuat Susu Kental Manis

  1. Rebus gula dan susu dengan api sedang, sambil diaduk sekitar 15 menit. Setelah mendidih, atur api menjadi sedikit sedang. Aduk terus sampai larutan susu menjadi kental. Kecilkan api, setelah susu lebih kental sambi terus diaduk supaya susu tidak gosong.
  2. Matikan kompor setelah tekstur susu sudah hampir sekental susu kental manis. Tambahkan baking soda ke dalamnya. Setelah itu, teksturnyaakan berubah jadi agak berbuih dan memutih. Aduk terus dengan cepat hingga buihnya hilang. Teksturnya pun akan berubah jadi lebih lembut.
  3. Setelah buihnya hilang, teksturnyaakan sama seperti susu kental manis. Rasanya manis, gurih, dan juga legit. Dinginkan susu kental manis dan simpan dalam wadah kedap udara.

Nah, agar proses membuat susu kental manis tidak gagal, sebaiknya pastikan Anda menggunakan susu UHT. Pasalnya, jika Anda memakai susu sapi segar asli biasanya teksturnya akan pecah dan hasilnya pun tidak bisa selembut saat menggunakan susu UHT. Supaya rasa susu kental manis buatan Anda lebih gurih, Anda juga dapat menambahkan butter atau mentega ketika memasak. Masukkan butter sesaat sebelum Anda menambahkan baking soda. Karena dibuat tanpa pengawet, pastikan susu kental manis ini segera dikonsumsi agar tidak berjamur.

Baca juga:  Tak Kalah Enak, Begini Cara Membuat Sagu Mutiara Sendiri di Rumah

[1] Syarif, EK & Bagus H. 2011. Buku Pintar Beternak & Bisnis Sapi Perah. Tinton, editor. Jakarta: AgroMedia Pustaka, hlm 5.

[2]Tarwotjo, CS. 1998. Dasar-Dasar Gizi Kuliner. Jakarta: Grasindo, hlm 103.

[3]Murdiati, A & Amaliah. 2013. Panduan Penyiapan Pangan Sehat Untuk Semua. Jakarta: Kencana, hlm 102.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: