Cara Membuat Shampo Kemiri untuk Kesehatan dan Kecantikan Rambut

Keramas pakai shampo (sumber: mylargebox.com)Keramas pakai shampo (sumber: mylargebox.com)

Kemiri yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut, sering dijadikan sebagai bahan tambahan untuk membuat shampo. Untuk mendapatkan shampo kemiri, Anda tidak harus membelinya, tetapi juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat shampo kemiri tidaklah sulit, yang penting Anda sudah menyiapkan bahannya.

Manfaat Shampo Kemiri

Biji kemiri memiliki kandungan etanol, fenol, flavonoid, alkaloid, dan vitamin E.[1] Semua zat tersebut dipercaya dapat menghitamkan, menutrisi, mengatasi kerontokan, menyuburkan, menguatkan akar, mencegah kebotakan dini, melembapkan, menghaluskan, dan membuat rambut menjadi lebih berkilau.

Biji kemiri dengan sejumlah manfaatnya tersebut, tampaknya juga sudah dikenal oleh masyarakat zaman dulu sebagai salah satu bahan kosmetik rambut. Secara tradisional, biji kemiri diolah menjadi minyak rambut yang dipakai sehari-hari. Fungsinya tidak hanya merawat rambut, tetapi juga mengobati kerusakan pada rambut.

Semakin berkembangnya teknologi, biji kemiri tidak hanya dipakai untuk membuat minyak rambut, tetapi untuk membuat shampo. Shampo minyak kemiri tentunya tidak seperti shampo kemasan lainnya. Biasanya, shampo kemiri memiliki aroma wangi yang khas dan tidak terlalu menusuk. Ini karena produk tidak menggunakan parfum sebagai bahan pewanginya.

Baca juga:  Wardah White Secret Sebaiknya Untuk Umur Berapa?

Aroma wangi yang lembut pada shampo tidak bertahan lama seperti shampo kemasan pada umumnya. Karena itu, Anda bisa memakai shampo kemiri lebih sering dibanding shampo kemasan biasa. Ini juga cocok bagi Anda yang ingin melakukan perawatan rambut rusak karena sering mengganti warna rambut atau sering menggunakan catok dan hairdryer.

Selain bisa mendapatkan shampo herbal tersebut di toko offline atau online, Anda bisa membuatnya sendiri. Shampo buatan sendiri biasanya lebih sehat karena tidak dicampur dengan bahan lainnya. Selain itu, Anda bisa membuatnya dalam jumlah banyak untuk dijual lagi atau dikonsumsi sendiri sebagai persediaan di rumah.

Kemiri (sumber: twinkle.com)

Kemiri (sumber: twinkle.com)

Cara Membuat Shampo Kemiri

  • Sebelum membuat shampo kemiri, Anda harus menyiapkan biji kemiri yang sudah dikupas sebanyak 200 gr, air 550 ml, texapon atau sulfafon 1 ons, dan natrium klorida 15 gr.
  • Setelah itu, cuci biji kemiri hingga bersih dan keringkan dengan cara diangin-anginkan. Biji kemiri yang sudah kering bisa langsung dipotong kecil-kecil agar mudah dihancurkan.
  • Siapkan blender atau alat penghancur lainnya dan masukkan biji kemiri. Hancurkan biji kemiri hingga lembut dengan 100 ml air dan saring menggunakan kain saring. Agar kandungan nutrisinya tidak rusak, Anda harus melakukan proses ini dengan perlahan.
  • Simpan air perasan biji kemiri ke dalam wadah kedap udara selama 24 jam penuh di suhu ruangan. Air kemiri yang sudah berubah warna harus segera dipindahkan ke dalam panci dan masak dengan api kecil. Setelah 10 menit, Anda bisa melihat air kemiri yang berlapis. Lapisan atas adalah minyak kemiri, lapisan tengah adalah air, dan lapisan bagian bawah adalah endapan.
  • Ambil minyak kemiri dan simpan dalam wadah tertutup. Biarkan minyak kemiri hingga dingin. Proses pembuatan minyak kemiri seperti ini memang terbilang lama dan kurang praktis, namun hasil yang diperoleh adalah minyak berkualitas premium dengan warna bening. Jika Anda kesulitan melakukan proses ini, Anda bisa mendapatkan minyak kemiri dengan cara membelinya.
  • Setelah minyak kemiri jadi, gunakan sarung tangan dan goggles sebagai alat pelindung selama proses pembuatan shampo. Siapkan wadah berupa baskom plastik dan masukkan texapon/sulfafon serta natrium klorida. Aduk dua bahan tersebut hingga tercampur rata.
  • Tuang air ke dalam campuran adonan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga merata. Setelah itu, tuang minyak kemiri ke dalam adonan dan aduk hingga rata.
Baca juga:  Adalah Lemak yang Berada di Bawah Kulit, Bagaimana Cara Kendalikan Subcutaneous Fat?

Shampo minyak kemiri yang sudah jadi sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup, sehingga tidak mudah tumpah atau rusak. Jika Anda ingin membuat shampo kemiri terlihat lebih menarik, Anda bisa menambahkan sedikit pewarna makanan dengan varian warna sesuai selera.

Apabila Anda merasa aroma shampo kemiri kurang wangi, Anda bisa menambahkan beberapa bahan alami, seperti perasan jeruk nipis, minyak atsiri, minyak rempah, dan lainnya. Anda juga boleh menuangkan sedikit serum rambut untuk menambah kandungan nutrisi shampo kemiri Anda. Beberapa orang juga menambahkan tonik rambut untuk membuat shampo semakin berkhasiat.

[1] Prasojo, Annas Putro Senu & Sri Mulyani, Mufrod. 2012. Pengaruh Lama Penyimpanan terhadap Stabilitas Fisik dan Kimia Lotion Penumbuh Rambut Ekstrak Biji Kemiri (Aleurites moluccana L. Willd). Majalah Obat Tradisional UGM, Vol. 17(1): 1-7.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: