Lebih Alami, Begini Cara Membuat Saus Tomat Sendiri dengan Bahan Sederhana

Saus tomat (sumber: zenbelly.com)Saus tomat (sumber: zenbelly.com)

Saus seakan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari gorengan atau nasi dan mie goreng. Lebih-lebih karena kemasannya yang makin praktis dalam bentuk botolan maupun sachet menjadikan saus wajib nongol di meja makan. Ada banyak bahan pembuat saus favorit masyarakat Indonesia. Di antaranya saus tomat, saus sambal, saus pisang, dan saus pepaya.

Prinsip pembuatan semua saus sama. Paling tidak bahan dasar dibuat bubur terlebih dahulu untuk kemudian ditambahkan berbagai macam penyedap rasa, bumbu, rempah, dan penambah aroma. Sangat mudah dan murah.

Ciri-ciri saus tomat yang berkualitas baik bisa dilihat dari warnanya yang cenderung oranye ke merah segar. Selain itu, saus yang baik butirannya lembut, tidak menggumpal, dan tidak terlalu encer namun cukup kental. Saus tomat yang segar juga tidak akan mengandung jamur sehingga aromanya gurih, pedas, dan manis.[1]

Saus tomat kerap menjadi pelengkap saus sambal untuk menikmati berbagai hidangan, mulai dari ayam goreng, pangsit, cilok, batagor, kentang goreng, atau aneka gorengan lainnya. Bahkan saus tomat pun dapat digunakan untuk memasak hidangan khas Italia seperti pizza, spaghetti, atau aneka pasta. Oleh sebab itu, keberadaan saus tomat di rumah memang cukup penting.

Baca juga:  Rekomendasi 5 Mobil yang Cocok untuk Wanita

Saus tomat umumnya dijual dalam bentuk botolan atau sachet dengan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat menemukan beragam merek saus tomat botolan dan sachet di sejumlah toko, minimarket, atau pusat-pusat perbelanjaan terdekat.

Selain membeli saos tomat yang sudah jadi, baik dalam bentuk botolan maupun sachet, Anda juga bisa membuat saus tomat sendiri di rumah dengan cita rasa yang bisa Anda sesuaikan dengan selera. Berikut langkah-langkah membuat saus tomat yang mudah.

Resep Saus Tomat Asam Manis

Buah tomat segar

Buah tomat segar

Bahan Saus Tomat Asam Manis

  • 2 buah tomat segar
  • 1/2 buah bawang bombai (cincang kasar)
  • 1 siung bawang putih (cincang halus)
  • 1/2 jeruk lemon
  • Garam dan gula secukupnya
  • 1 sdt saus tiram (opsional)
  • 1 sdt maizena

Cara Membuat Saus Tomat Asam Manis

  1. Haluskan tomat menggunakan blender sampai halus.
  2. Tumis bawang bombai. Setelah harum, masukkan bawang putih.
  3. Tambahkan tomat yang telah dihaluskan tadi ke dalamnya. Masukkan air perasan lemon, gula, dan garam. Saus tiram juga bisa ditambahkan jika Anda suka.
  4. Tambahkan sedikit air sekitar 50 ml, lalu tes rasanya. Apabila sudah pas, Anda bisa mengentalkannya dengan maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk sampai kekentalan saus sesuai yang Anda inginkan.
Baca juga:  Bisnis Biji Plastik, Mengolah Sampah Jadi Omzet Ratusan Juta Rupiah

Resep Saus Tomat Pedas Manis

Saus tomat (sumber: firstcry.com)

Saus tomat (sumber: firstcry.com)

Bahan Saus Tomat Pedas Manis

  • 1 kg tomat merah segar yang dagingnya tebal
  • 100 gram cabai merah segar
  • 100 gram bawang putih, haluskan
  • 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit ar
  • 1 sdm garam dapur, sesuaikan selera
  • 150 gram gula pasir
  • 1 liter air (untuk merebus tomat)
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis
  • 1 sdm garam dapur (sesuaikan selera)

Cara Membuat Saus Tomat Pedas Manis

  1. Didihkan air, rebus tomat, cabe merah, dan bawang putih hingga layu. Angkat dan blender hingga halus, lalu saring.
  2. Tuangkan tomat yang sudah diblender ke dalam wajan. Masukkan garam, aduk-aduk hingga air sedikit menyusut (gunakan api kecil selama proses memasak).
  3. Masukkan gula dan air jeruk nipis, aduk-aduk. Masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dan aduk-aduk lagi hingga meletup-letup dan saus mulai mengental.
  4. Tes rasanya. Jika sudah cukup, matikan apinya. Masukkan saus dalam toples kaca dan simpan di tempat yang sejuk.
Baca juga:  Mengenali Kanker Payudara Stadium 0

Bagaimana? Mudah sekali bukan membuatnya? Anda bisa mencoba membuat saus tomat sendiri di rumah jika sedang senggang. Bahkan Anda bisa mengajak serta putra-putri Anda untuk membantu di dapur agar liburan terasa lebih menyenangkan. Perlu diingat, karena saus tomat homemade biasanya dibuat tanpa pengawet, maka tingkat ketahanannya relatif lebih singkat dibanding saus botolan yang sudah jadi di pasaran.

[1]JB Team. 2010. Bisnis Rumah Tangga Cemilan Dan Minuman. Dwi Y, editor. Yogyakarta: Joga Bangkit Publisher.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: