Cara Membuat Salad Buah Tanpa Yogurt, Praktis dan Menyehatkan

Salad buah (sumber: thespruceeats.com)

Apakah Anda ingin tampil cantik dengan kulit sehat dan tubuh langsing? Jika iya, Anda bisa mencoba beberapa program diet, berolahraga, dan mengatur asupan makan harian. Salah satu makanan yang cocok untuk Anda yang sedang diet sehat adalah salad buah, baik dengan atau tanpa yogurt. Ini merupakan menu hidangan sehat yang bisa menurunkan kadar kalori dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari, sebagai menu makan siang atau malam.

Salad buah sendiri memiliki banyak varian, tergantung saus dan bahan yang digunakan. Ada salad buah dengan saus mayonaise, salad buah dengan saus telur, salad buah dengan saus yogurt, dan masih banyak lagi. Dari semua varian salad buah yang ada, sebenarnya salad dengan saus yogurt menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin diet cepat. Meskipun begitu, banyak juga orang yang tidak suka dengan rasa asam pada yogurt. Jika Anda juga termasuk di dalamnya, berikut adalah resep sederhana yang praktis dan mudah untuk membuat salad buah tanpa yogurt.

Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuat salad buah adalah menyiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan yang digunakan sangat sederhana, Anda bisa berhemat dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Bahan yang harus disiapkan tentu saja buah-buahan. Anda bisa menggunakan berbagai jenis buah kesukaan Anda, seperti strawberry, nanas, mangga, anggur, melon, apel, pir , jeruk, buah naga, alpukat, dan lain sebagainya. Siapkan juga bahan untuk membuat saus salad buah lainnya, seperti mayonaise rendah lemak, susu UHT, keju cheddar, air perasan jeruk lemon, dan kental manis.

Baca juga:  Dimakan Dengan Nyala Api, Berani Coba Cemilan Khas India yang Satu Ini?

Peralatan yang digunakan pun bisa Anda ambil dari sekitar Anda. Anda hanya membutuhkan parutan, mangkuk berukuran sedang, dan pengaduk. Setelah alat dan bahan siap, jangan lupa untuk mencuci semua buah yang Anda siapkan sebelum membuat salad buah kesukaan Anda.

Ilustrasi: bahan membuat salad buah (sumber: thespruceeats.com)

Ilustrasi: bahan membuat salad buah (sumber: thespruceeats.com)

Membuat Saus Salad

Langkah selanjutnya, Anda harus membuat saus untuk salad buah Anda. Saus bakal membuat rasa salad buah Anda menjadi lebih lezat dan kaya rasa. Tuangkan kental manis terlebih dahulu pada mangkuk yang telah Anda siapkan, sebanyak 3 sendok makan atau sesuai selera. Setelah itu, Anda bisa menuangkan susu UHT sebanyak 4 sendok makan.

Jika Anda ingin membuat saus yang kental dan creamy, Anda bisa mengubah susu UHT menjadi susu evaporasi. Caranya mudah dan sederhana, yaitu tuangkan sebanyak 10 sendok makan susu UHT ke dalam panci. Panaskan dengan api kecil dan aduk hingga susu mengental, namun jangan sampai mendidih. Ini bertujuan untuk menghilangkan sekitar 30 hingga 65 persen kadar air dalam susu UHT, sehingga terbentuklah susu evaporasi dengan tekstur lebih kental dan creamy.

Baca juga:  Ini Tips & Cara Memotong Daging Sapi yang Benar

Campuran kental manis dan susu UHT atau susu evaporasi harus diaduk terlebih dahulu hingga rata, baru Anda bisa menuangkan mayonaise sebanyak 3 hingga 5 sendok makan. Sebagai penambah rasa, bagi Anda yang suka dengan rasa asam, bisa menambahkan air perasan jeruk lemon sekitar 1 hingga 3 sendok teh. Meskipun begitu, bagi Anda yang memiliki gangguan lambung, seperti maag, akan lebih baik jika tidak menambahkan air perasan jeruk lemon. Aduk bahan saus hingga merata dan simpan sebentar dalam lemari es.

Campur Buah dengan Saus Salad

Langkah berikutnya, Anda harus memotong kecil-kecil semua buah yang telah Anda siapkan. Ukuran potongan buah sebenarnya tidak harus terlalu kecil, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera Anda. Sebagai penambah bahan, Anda juga bisa menambahkan agar-agar berbagai macam rasa. Ini juga bertujuan untuk menambah kadar serat dalam semangkuk salad buah Anda nantinya.

Ilustrasi: mencampur saus salad (sumber: thereciperebel.com)

Ilustrasi: mencampur saus salad (sumber: thereciperebel.com)

Keluarkan saus salad buatan Anda dari lemari es, dan tuangkan semua buah yang telah dipotong ke dalam mangkuk saus salad. Aduk secara perlahan hingga semua buah terbalur rata oleh saus salad. Langkah terakhir, Anda bisa memarut keju cheddar dan menjadikannya sebagai topping. Sementara, sebagai garnish, Anda bisa menambahkan buah cherry dan daun mint di atas salad buah tanpa yogurt buatan Anda.

Baca juga:  Ingin Cepat Hamil? 8 Makanan Ini Diklaim Bisa Tingkatkan Jumlah Sperma!

Itulah resep sederhana untuk membuat salad tanpa yogurt. Resep di atas tentunya bisa Anda jadikan sebagai salah satu menu hidangan harian Anda ketika diet. Ada baiknya juga Anda membuat salad buah dengan kadar saus mayonaise dan kental manis yang sedikit, karena ini baik untuk Anda yang ingin menghilangkan lemak di tubuh.

Masih ada banyak manfaat mengonsumsi salad buah tanpa yogurt yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari melancarkan sistem pencernaan hingga memiliki kulit halus dan cerah. Kandungan vitamin serta mineral pada buah-buahan dapat menutrisi tubuh dan kulit Anda dengan baik. Ini juga salah satu alasan mengapa salad buah tanpa yogurt baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Jika Anda ingin membuat salad buah tanpa yogurt yang lebih sederhana lagi, Anda bisa menggunakan saus thousands island. Ini merupakan salah satu varian mayonaise khusus untuk membuat salad buah. Rasanya yang creamy, asam, dan sedikit manis bakal cocok untuk salad buah tanpa yogurt Anda. Tidak sulit menemukan jenis saus seperti ini, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, atau akan lebih praktis jika membelinya di toko terdekat maupun secara online.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: