Cara Membuat Salad Buah Sederhana, Kaya Manfaat untuk Diet

Salad buah (sumber: nuisonk.com)Salad buah (sumber: nuisonk.com)

Salad buah menjadi salah satu menu andalan bagi orang-orang yang sedang diet. Hal ini karena menu tersebut tidak memiliki banyak kalori dan lemak yang dapat meningkatkan berat badan. Cara membuat salad buah untuk diet juga tidaklah sulit, Anda bisa membuatnya dengan sederhana dan lebih praktis.

Salad buah sendiri merupakan campuran dari berbagai macam buah-buahan yang dipotong sesuai selera sebagai makanan alternatif pengganti makanan harian yang menyehatkan. Buah dalam salad mengandung berbagai macam nutrisi, serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.[1] Bagi Anda yang sedang diet, ada berbagai macam manfaat mengonsumsi salad buah.

Manfaat Mengonsumsi Salad Buah

  • Menurunkan berat badan. Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika makan salad buah secara teratur, Anda bisa melihat berat badan yang terus menurun. Berat badan bisa menurun dengan drastis hanya karena salad buah tidak memiliki banyak kalori dan lemak. Sehingga, jumlah kalori yang masuk akan lebih sedikit daripada jumlah kalori yang dibakar.
  • Menurunkan kadar lemak dan kolesterol. Bagi Anda yang sering mengonsumsi makanan berlemak dan berdaging, pastinya tidak ingin memiliki tekanan kolesterol tinggi. Untuk mengatasinya, Anda perlu diet dan mengonsumsi salad buah secara teratur. Buah-buahan pada salad buah akan membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mempercepat proses pembakaran lemak.
  • Mengatasi perut buncit. Bagi Anda yang sedang diet untuk mengatasi perut buncit, sebaiknya Anda menambahkan asupan salad buah dalam menu diet Anda. Anda bahkan bisa mengganti jenis makanan pokok harian dengan salad buah. Salad buah bisa membantu menurunkan kadar lemak dan mempercepat proses pembakaran lemak dengan baik di bagian tubuh tertentu, termasuk perut. Sehingga, perut yang buncit dapat kembali ke bentuk semula.
  • Menutrisi kulit dan tubuh. Saat diet, tentunya Anda akan kehilangan beberapa jenis nutrisi, termasuk vitamin dan mineral. Salah satu tanda tubuh mengalami kekurangan nutrisi bisa dilihat dari kondisi kulitnya. Jika kulit Anda tampak kering dan pecah-pecah, bisa jadi itu tanda kekurangan nutrisi vitamin dan mineral. Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan salad sebagai menu diet harian Anda.
  • Mengontrol tekanan darah. Bagi Anda yang memiliki gangguan tekanan darah rendah atau tinggi, Anda bisa mengatasinya dengan makan salad buah. Buah-buahan pada salad akan membantu tubuh untuk mengontrol tekanan darah. Terutama bagi Anda yang memiliki kondisi tekanan darah tinggi, sebaiknya Anda mengonsumsi salad buah setiap hari.
Mengonsumsi salad buah (sumber: shopee.co.id)

Mengonsumsi salad buah (sumber: shopee.co.id)

Untuk mendapatkan semua manfaat salad buah di atas, tentunya Anda perlu mengonsumsi salad buah secara rutin. Mendapatkan salad buah untuk diet tentunya tidak harus membelinya di restoran atau warung, Anda bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan seadanya.

Baca juga:  Anda Seorang Introvert? Simak Cara Berikut Untuk Bersosialisasi Dengan Orang Lain

Cara Membuat Salad Buah untuk Diet

Sebelum membuat salad buah, tentunya Anda harus menyiapkan alat dan bahannya. Siapkan talenan, pisau, sendok, dan mangkuk untuk peralatannya. Sementara, untuk bahannya, Anda bisa memilih berbagai macam buah kesukaan Anda, seperti apel, tomat, strawberry, nanas, mangga, melon, pepaya, dan lainnya.

Cuci buah yang sudah Anda pilih menggunakan air hingga bersih. Apabila Anda memiliki sabun khusus untuk mencuci buah, Anda juga bisa menggunakannya. Buah yang sudah dicuci harus dikeringkan dan dikupas, lalu potong berbentuk dadu menggunakan pisau dan talenan.

Masukkan buah yang sudah dipotong dadu di mangkuk yang sudah Anda siapkan. Setelah itu, tambahkan sedikit air perasan jeruk nipis sebagai penambah rasa agar salad buah menjadi segar dan sedikit asam. Salad buah sederhana buatan sendiri yang cocok untuk diet sudah siap disajikan.

Baca juga:  Tidak Luncurkan Produk Bedak, Amankah Paket Krim Pemutih Amos?

Jika Anda ingin makan salad buah yang tidak monoton rasanya, Anda bisa menambahkan sedikit mayonaise, taburan keju, atau madu. Anda pun bisa menambahkan yogurt rendah lemak ke dalam salad Anda agar lebih sehat, dan tambahkan kacang almond atau kacang mete sebagai topping. Dengan tambahan topping dan saus, rasa salad buah sederhana buatan Anda akan semakin nikmat. Konsumsilah salad buah dengan segelas susu atau air jeruk lemon untuk menambah manfaat dalam diet sehat Anda.

[1] Kamila, Kurniati dkk. 2018. Daya Terima Konsumen pada Inovasi Salad Buah Berbasis Sour N Spices Asian Dressing. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom, Vol. 4(3): 2306-2311.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: