Cara Membuat Sabun Cuci Piring Aroma Jeruk Nipis yang Kental

Ilustrasi: mencuci piring (sumber: svanen.se)Ilustrasi: mencuci piring (sumber: svanen.se)

Sabun cuci piring sudah menjadi salah satu kebutuhan yang penting dalam rumah tangga. Sabun satu ini biasa digunakan untuk mencuci piring, sendok, garpu, hingga peralatan memasak. Sabun cuci piring yang berkualitas baik biasanya memiliki tekstur kental serta mampu meluruhkan lemak-lemak sisa makanan dan juga menghilangkan bau yang masih menempel. Pilihan aroma sabun cuci piring biasanya menggunakan bau-bauan yang wanginya menyegarkan, seperti jeruk nipis hingga lemon.

Menurut bentuknya, sabun pencuci piring memiliki dua jenis yaitu berbentuk krim dan berbentuk cair. Sabun cuci piring cair lebih banyak digemari daripada berbentuk krim karena lebih praktis dan juga sabun lebih cepat larut dalam air. Selain itu, bau dari sabun krim lebih menyengat sehingga wanginya menempel pada peralatan masakan dan dapur dan juga membuat tangan kita menjadi kurang lembut.[1]

Sabun cair adalah jenis sabun yang berbentuk liquid (cairan) sehingga mudah dituangkan dan menghasilkan busa yang lebih banyak dan tampak lebih menarik. Sabun cair dibuat dengan semi boiled process yang menggunakan bantuan panas pada proses pembuatannya. Bahan-bahan pembuatan sabun dapat dengan mudah ditemukan di toko kimia terdekat.

Baca juga:  Info Lengkap Cara Membuat Kecap Asin untuk Mie Ayam

Bahan dasar pembuatan sabun cair meliputi SLS, texapon dan garam serta bahan aditif seperti parfum, pengawet, pengental dan zat pewarna. Pada prinsipnya dalam pembuatan sabun cair ini tidak memerlukan bahan dan peralatan yang rumit. Dalam satu paket kecil bahan baku pembuatan sabun dapat menghasilkan berliter-liter sabun cair, sehingga produk sabun yang dihasilkan juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan penggunaan sabun dalam kehidupan sehari-hari dan juga dapat dijadikan sebagai industri rumah tangga.[2]

Resep Sabun Cuci Piring Aroma Jeruk Nipis yang Kental

Ilustrasi: sabun cuci piring aroma jeruk nipis (sumber: pinterest)

Ilustrasi: sabun cuci piring aroma jeruk nipis (sumber: pinterest)

Bahan Membuat Sabun Cuci Piring

  • Texapon 2 kg
  • Natrium sulfat 4 kg
  • Pewarna secukupnya
  • EDTA 15 gram
  • Esens lemon/jeruk nipis (20 cc)
  • Foam booster 100 ml
  • Camperlan secukupnya
  • Air 10 liter

Alat untuk Membuat Sabun Cuci Piring

Baca juga:  Manfaat dan Komposisi Acnes Creamy Wash untuk Kulit Berjerawat
  • Ember besar 2 buah
  • Ember kecil 2 buah
  • Gayung
  • Pengaduk kayu

Cara Pembuatan Sabun Cuci Piring Kental

  1. Langkah pertama adalah mencampurkan Texapon dan Natrium Sulfat ke dalam wadah, lalu diaduk hingga merata dan berubah menjadi warna putih.
  2. Menambahkan air secara pelan-pelan ke dalam campuran tersebut. Air yang dimasukkan setengah dan dilanjutkan pengadukan kembali hingga tercampur dengan baik.
  3. Langkah selanjutnya lakukan penambahan camperlan pada adonan, lalu aduk semuanya supaya tercampur dengan sempurna dan rata. Selain itu, pastikan tidak ada gumpalan di dalam adonan tersebut.
  4. Menambahkan pewarna, esen lemon/jeruk nipis ke dalam campuran dan dilanjutkan pengadukan hingga tercampur sempurna.
  5. Setelah itu, tuangkan seluruh sisa air yang telah disiapkan dengan perlahan sambil terus diaduk supaya seluruh bahan tercampur secara merata.
  6. Jika sudah, masukkan foam booster ke dalam adonan yang telah terbentuk sedikit demi sedikit hingga adonannya berubah mengental, lalu tambahkan EDTA, kemudian aduk lagi sampai semuanya tercampur rata.
  7. Tambahkan parfum serta pewarna yang sebelumnya sudah dipersiapkan, lalu aduk kembali hingga rata.
  8. Sekarang sabun cuci piring cair yang berkualitas siap untuk digunakan.
Baca juga:  Kulit Tetap Sehat, Ini Tips Membersihkan Kuas Make Up

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara pembuatan sabun cuci piring yang kental? Tak hanya aroma jeruk nipis atau lemon, sebenarnya Anda juga bisa menggunakan aroma lain seperti aroma floral (bunga-bungaan), rempah seperti sereh, pandan, dan sebagainya.

Selain dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi, sabun cuci piring buatan sendiri ini juga bisa Anda jadikan ladang usaha yang menguntungkan. Anda bisa mulai menjual sabun cuci piring produksi Anda tersebut ke tetangga-tetangga terdekat, teman-teman di kantor, hingga dipasarkan secara luas di marketplace.

[1] Pernantah, PS dkk. 2021. Pemanfaatan Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia) Sebagai Antiseptik Dan Sabun Cuci Piring. Yogyakarta: Graf Literasi, hlm 29.

[2] Sulistyaningsing, E & Indah PP. 2020. Pembuatan Sabun Pencuci Piring Sebagai Peluang Usaha Bagi Ibu PKK Dusun Putat Wetan, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Jurnal Dharma Bakti-LPPM IST AKPRIND. 3(2): 94-99.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: