Cara Membuat Sabun Cair dari Sabun Batangan, Mudah dan Praktis

Menggunakan Sabun Cair - productnation.coMenggunakan Sabun Cair - productnation.co

Banyak orang lebih suka menggunakan sabun cair, karena dinilai lebih praktis dan higienis. Sifat sabun cair yang dimasukkan dalam wadah tertentu, membuat kita tidak kesulitan mendapatkan busa berlimpah ketika mandi. Anda juga bisa mengemasnya kembali dalam wadah yang lebih kecil ketika bepergian. Sayangnya, tidak semua orang bisa menjumpai sabun cair di rumahnya. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki sabun cair, Anda bisa membuatnya sendiri.

Cara membuat sabun cair cukup mudah dan praktis, Anda hanya perlu menyiapkan sabun batangan yang sudah ada. Sabun batangan sendiri merupakan salah satu jenis sabun dengan bentuk padat, dan jenis ini lebih mudah ditemui di pasaran. Berikut adalah langkah sederhana dan mudah untuk membuat sabun cair dari sabun batangan.

Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan. Tenang saja, alat dan bahan yang akan Anda gunakan bisa Anda cari di sekitar Anda. Siapkan alat berupa wadah plastik tahan panas atau baskom berukuran kecil, pengaduk berupa sendok atau spatula plastik, panci kecil, parutan, pisau, dan wadah untuk sabun cair. Anda bisa menggunakan berbagai macam wadah untuk meletakkan sabun cair yang sudah jadi, mulai botol bekas hingga botol baru.

Siapkan juga bahan utama berupa sabun batangan. Anda bisa memilih jenis dan merek sabun batangan apa pun, sesuai dengan keinginan Anda. Namun, akanlebih baik jika Anda memilih sabun batangan dengan warna putih. Sabun batangan berwarna putih akan lebih mudah diberi warna. Bahan lainnya yang perlu Anda siapkan, yaitu gliserin, essential oil, pewarna makanan, dan air. Jika Anda ingin sabun memiliki banyak manfaat bagi kulit, Anda bisa menambahkan lotion atau serum.

Mencuci Tangan Memakai Sabun Cair - www.cleanipedia.com

Mencuci Tangan Memakai Sabun Cair – www.cleanipedia.com

Memarut Sabun

Langkah selanjutnya, Anda perlu memarut sabun batangan yang sudah Anda siapkan. Ada baiknya jika Anda menggunakan merek sabun yang berbeda, Anda harus menyortirnya sesuai dengan aromanya. Sabun dengan aroma yang sama dikumpulkan jadi satu dan diparut menggunakan parutan manual. Setelah itu, timbang menggunakan timbangan manual atau digital. Bobot sabun ini nantinya menentukan jumlah air dan gliserin yang harus dicampurkan nantinya.

Perlu Anda ketahui, bahwa berat sabun batangan yang telah diparut biasanya mengalami sedikit perbedaan dengan sabun yang belum diparut. Apalagi jika Anda menggunakan banyak sabun batangan dengan berbagai macam merek. Merek tertentu kadang juga tidak memiliki berat bersih yang sama dengan yang ada di balik kemasannya, dan inilah pentingnya Anda menimbang produk. Jangan lupa untuk memasukkan hasil parutan sabun batangan ke dalam baskom atau wadah plastik yang telah Anda siapkan.

Melelehkan Sabun Batangan

Sebelum melelehkan sabun batangan, Anda harus mengukur air terlebih dahulu. Siapkan air dengan suhu normal dan timbang hingga beratnya mencapai dua kali berat parutan sabun batangan. Sebagai perbandingan, Anda bisa menyiapkan sabun batangan, air, dan gliserin sebanyak 2:4:1. Air yang telah siap bisa dimasukkan ke dalam panci dan didihkan terlebih dahulu. Masukkan air yang baru mendidih dengan suhu di atas 80 derajat Celcius ke dalam baskom yang berisi sabun batangan, lalu masukkan gliserin dan aduk bahan hingga tercampur rata dan sabun batangan meleleh dengan sempurna.

Perlu Anda ketahui, gliserin memiliki fungsi untuk menghaluskan dan melembutkan kulit Anda ketika menggunakan sabun cair. Di toko bahan kimia, gliserin dijual dalam bentuk batangan maupun cair. Lebih praktis dan mudah jika Anda memilih gliserin cair, karena Anda tidak perlu melelehkannya. Gliserin padat dapat dilelehkan bersama dengan parutan sabun batangan, meskipun sedikit memakan waktu.

Mandi Pakai Sabun Cair - www.niveausa.com

Mandi Pakai Sabun Cair – www.niveausa.com

Apabila air panas kurang efektif, Anda bisa langsung membuat sabun cair di dalam panci dan memasaknya. Cara ini terbilang lebih efektif, karena sabun dan gliserin akan cepat meleleh dan tercampur rata. Meskipun begitu, jika Anda memilih cara ini, Anda harus sesering mungkin mengaduk bahan dalam panci. Ini bertujuan agar sabun cair tidak gosong dan dapat bercampur secara merata.

Ada juga cara lain yang bisa Anda coba untuk melelehkan sabun batangan dan gliserin, yaitu dengan menggunakan microwave. Cara ini juga praktis dan mudah, Anda tinggal meletakkan ketiga bahan tersebut dalam wadah tahan panas dan memasukkannya ke dalam microwave dengan suhu 80 derajat Celcius selama 5 menit hingga 10 menit agar bahan meleleh sempurna. Setelah meleleh, keluarkan dari microwave dan aduk hingga rata.

Pemberian Warna dan Aroma

Setelah sabun benar-benar mencair, Anda bisa mengubah warna dan memberi aroma yang Anda sukai. Untuk warna, Anda bisa menggunakan warna makanan yang biasa dijual di pasaran. Pewarna makanan dipilih karena lebih aman untuk digunakan dan tidak akan meninggalkan bekas di tubuh. Berilah dua tetes hingga tiga tetes pewarna makanan pada sabun cair dan aduk hingga rata. Tambahkan esensial oil yang Anda miliki sebagai bahan tambahan untuk mengubah atau menambah aroma.

Essential oil juga memiliki fungsi untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang ketika menggunakan sabun. Ini karena essential oil bersifat aromatherapy, Anda bisa memanfaatkan berbagai varian essential oil, seperti jasmine, sandalwood, rose, tea tree, dan masih banyak lagi. Setiap varian essential oil memiliki manfaatnya masing-masing, tidak hanya sebagai penenang pikiran saja.

Setelah sabun cair diberi campuran warna dan essential oil, jangan lupa untuk mengaduknya hingga rata. Anda bisa meletakkan sabun cair buatan Anda di dalam wadah yang telah Anda siapkan. Masukkan ke dalam wadah tertutup, seperti botol atau plastik, agar aroma dan warnanya lebih awet.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: