Resep & Cara Membuat Pilus Kencur (Cikur)

Pilus kencur/cikur (sumber: shopee)Pilus kencur/cikur (sumber: shopee)

Anda pernah menikmati sajian berkuah bakso aci khas Bandung? Ya, para pedagang kuliner asal Bandung memang ahlinya dalam mengolah aci (tepung kanji) menjadi aneka hidangan yang menggugah selera. Sesuai namanya, bakso aci pada dasarnya berkonsep layaknya bakso daging pada umumnya yang menggunakan kuah kaldu. Bedanya, bakso aci biasanya menggunakan adonan yang mirip cilok, yakni berbahan dasar tepung kanji. Yang membuat bakso aci makin sedap adalah cara penyajiannya yang disertai topping pilus cikur (kencur).

Hal lain yang membuat bakso aci terasa istimewa karena kuahnya yang biasanya terasa gurih dan pedas karena menggunakan bumbu-bumbu seperti bawang putih, cabai, kaldu, dan juga kencur. Sajian ini sering dilengkapi dengan aneka isian lainnya seperti cuanki lidah, kerupuk kulit (rambak), tahu goreng, dan masih banyak lagi.

Nah, pilus cikur alias pilus kencur sendiri merupakan camilan berbentuk bulat dan kecil yang hampir seperti pilus kemasan di pasaran. Namun, pilus cikur memiliki tekstur renyah cenderung keras dengan cita rasa kencur yang lebih kental. Camilan satu ini bisa disantap begitu saja, namun di kuliner Bandung biasanya disuguhkan sebagai topping untuk hidangan seperti bakso aci dan seblak.

Hidangan bakso aci yang kenyal dan berkuah jika dipadukan dengan pilus kencur yang renyah tentunya akan membuat suasana makan jadi lebih semarak dan menggugah selera. Pilus kencur banyak dijual dalam wujud yang sudah jadi dan siap santap. Harga pilus kencur atau pilus cikur ini sekitar Rp34 ribuan per 1 kg (kilogram).

Selain membeli pilus kencur dalam wujud yang sudah jadi dan siap pakai, Anda sebenarnya juga bisa mencoba membuat pilus cikur sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan mudah kok, Anda hanya perlu menyiapkan dua jenis tepung, yakni tepung beras dan tepung tapioka (kanji). Kemudian, Anda bisa menambahkan air serta bumbu-bumbu seperti garam, kaldu bubuk, dan tak ketinggalan kencur. Nah, agar lebih jelas, Anda bisa menyimak resep dan cara membuat pilus kencur yang mudah berikut ini!

Resep Pilus Kencur

Bahan Pilus Kencur

Baca juga:  Resep & Cara Membuat Sambal Pisang Goreng Khas Makassar
  • 5 sendok tepung beras
  • 2 sendok tepung tapioka
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm (sendok makan) penyedap jamur
  • 100 ml air
  • Minyak untuk menggoreng
  • Bumbu halus: 3 siung bawang putih, 2 siung kemiri, 2 ruas besar kencur

Cara Membuat Pilus Kencur

  1. Haluskan bumbu dan campurkan dengan tepung beras dan tepung tapioka. Tambahkan garam, penyedap, dan air. Aduk sampai kalis, lalu bentuk bulat-bulat kecil.
  2. Goreng di minyak dingin (minyak goreng yang masih dalam kondisi belum dipanaskan, belum dinyalakan apinya. Begitu adonan pilus dimasukkan, kompor baru dinyalakan dengan api kecil-sedang hingga pilus matang. Hal ini dilakukan agar mencegah pilus meledak-ledak saat digoreng). Setelah kekuningan, tiriskan pilus 5 menit. Lalu, goreng lagi ke minyak panas hingga teksturnya keras. Jangan terlalu lama saat menggorengnya agar tidak terlalu keras.
  3. Istirahatkan dahulu pilus yang sudah digoreng. Tunggu dingin sekitar 5 menit. Kemudian, pilus bisa disajikan bersama makanan berkuah seperti bakso aci, seblak, atau hidangan lainnya.

Bagaimana? Cukup mudah bukan membuat pilus cikur alias pilus kencur? Bakso aci lebih seru disajikan dengan kacang sukro atau pilus cikur (kencur). Sebagai tips, jika Anda hendak membuat pilus kencur dalam jumlah banyak dan wajan yang digunakan tidak cukup untuk menggoreng semua adonan sekaligus, maka sebaiknya setelah proses menggoreng pertama selesai, tunggu minyak gorengnya dingin terlebih dahulu baru dilanjutkan proses menggoreng berikutnya sampai adonan habis.

Agar tetap renyah, Anda bisa menyimpan pilus kencur yang sudah dingin dalam toples atau wadah tertutup dan kedap udara. Dengan demikian, Anda memiliki simpanan pilus kencur untuk menikmati aneka sajian lain. Selain untuk teman bersantap, pilus kencur juga nikmat untuk dimakan sebagai camilan di saat senggang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: