Simpel Banget, Begini Resep dan Cara Membuat Pie Buah Mini Tanpa Oven

Pie buah mini (sumber: pinterest)Pie buah mini (sumber: pinterest)

Jajanan seperti pie memang cocok untuk dinikmati kapan saja. Meski ada yang berukuran besar, pie dengan topping buah-buahan yang berukuran mini tampaknya lebih banyak peminatnya. Selain bahan-bahannya yang mudah ditemui, Anda juga bisa membuat sendiri pie buah ukuran mini dengan cara yang sederhana, bahkan tanpa menggunakan mixer maupun oven.

Pie merupakan salah satu jenis produk pastry yang terdiri atas adonan kulit (pie shells) dan topping, biasanya berbentuk lembaran, bulat, mangkuk, bunga teratai, dan sebagainya. Kulit pie berbahan dasar tepung terigu. Kulit pie merupakan salah satu produk pastry dengan karakteristik renyah, kering, dan gurih. Bahan dasar untuk membuat kulit pie adalah tepung terigu, mentega, telur, dan garam.

Adonan dasar kulit pie dibedakan menjadi dua macam, yaitu adonan menyerupai pasir (mealy pie dough) dan adonan menyerupai biji kacang (flaky pie dough). Perbedaan kedua adonan tersebut terletak pada bagaimana lemak tercampur ke dalam adonan. Untuk adonan mealy lemak lebih tercampur masuk ke dalam tepung, sedangkan adonan flaky lemak dipotong-potong atau dicampur ke dalam tepung sampai menjadi butiran-butiran.[1]

Baca juga:  Mudah & Siap Santap, Begini Cara Membuat Cuanki Instan

Bagian kulit pie memang biasanya dipanggang dengan oven pada suhu tertentu supaya dapat matang, mengeras, danteksturnya renyah. Akan tetapi, jika Anda tak memiliki oven pun tak perlu berkecil hati. Anda bisa memanfaatkan wajan atau cetakan kue cubit yang terbuat dari bahan teflon anti lengket, kemudian memasaknya di atas kompor. Berikut langkah-langkahnya.

Resep Pie Buah Mini Tanpa Oven

Bahan Kulit Pie

  • 200 gr tepung terigu
  • 100 gr mentega
  • 1 butir telur
  • Topping buah-buahan, sesuaikan selera
Kulit pie buah (sumber: makanabis.com)
Kulit pie buah (sumber: makanabis.com)

Bahan Isian Pie

  • 3 sachet susu kental manis @40 gr
  • 2 biji kuning telur
  • 1/4 sdt vanila (boleh dilewati)
  • 2 sdm maizena
  • 200 ml susu full cream

Cara Membuat Pie Buah Mini Tanpa Oven

  1. Buat kulit pie terlebih dahulu. Aduk terigu dan mentega pakai garpu sampai tercampur rata (menggerindil kecil-kecil). Kemudian masukkan telur 1 butir. Aduk pakai tangan hingga tidak lengket. Cetak ke cetakan kue cubit, tusuk-tusuk dengan garpu supaya kulit pie tidak menggelembung. Masak dengan api kecil hingga matang, sisihkan.
  2. Buat isian pie. Campur maizena dengan sedikit susu full cream, sisihkan.
  3. Campur susu kental manis, kuning telur, vanilla, susu full cream, dan campuran maizena tadi, aduk hingga rata. Masak hingga mengental.
  4. Tunggu sampai fla tidak terlalu panas. Lalu masukkan dalam piping bag.
  5. Isikan fla tersebut ke kulit pie, hias dengan buah, sajikan.[2]
Baca juga:  Bisa Dinikmati Sebagai Teh Herbal, Begini Cara Mengeringkan Bunga Telang

Untuk menikmati pie buah mini tersebut, Anda bisa menyimpannya dalam kulkas terlebih dahulu supaya rasanya dingin dan lebih enak. Pie memang umumnya dipanggang menggunakan oven agar hasil kulit-nya lebih sempurna. Meski demikian, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti supaya sukses dalam membuat pie sendiri di rumah.

Pie buah mini (sumber: endeus.tv)
Pie buah mini (sumber: endeus.tv)

Tips Sukses Membuat Pie

  • Gunakan bahan-bahan yang berkualitas.
  • Timbang bahan secara sempurna dan teliti.
  • Jangan mengaduk adonan terlalu lama dengan tangan.
  • Gunakan air es agar lebih renyah hasil kuenya.
  • Olesi cetakan secara merata dan tipis agar kulit pie mudah terlepas.
  • Pastikan udara di dalam ruangan sejuk bahkan dingin saat membuat adonan dan mencetak pie.
  • Gunakan sedikit taburan tepung saat menggiling atau mencetak pie agar tidak lengket, tetapi jangan terlalu banyak karena akan mempengaruhi rasa dan tekstur.
  • Jika akan mengisi tartlet (pie kecil) dengan vla/cream lainnya, sebaiknya diberi dasar/olesi dengan cokelat leleh dahulu agar pie tidak basah.
  • Tusuk-tusuk kulit pie dengan garpu agar tidak menggelembung saat dipanggang.[3]
Baca juga:  Cara Membuat Cooking Cream Serbaguna dan Bechamel Sauce

Bagaimana? Cukup mudah kan cara dan tips membuat pie buah mini tanpa oven? Untuk topping buah-buahannya, Anda bisa memakai aneka buah favorit Anda, seperti irisan kiwi, apel, anggur, nanas, dan sebagainya.


[1]Sunarharum, WB dkk. 2020. Olahan Apel Dan Stroberi (Pastry Dan Pie) Serta Pengemasannya. Malang: Media Nusa Creative, hlm 3.

[2]Cooking with Hel. 2020, 8 Februari. Bikin Pie Buah gak pakai oven, gampang buatnya [Video]. YouTube. www.youtube.com/watch?v=jmHKD_1OcGs

[3]Ismayani, Y. 2010. Pie Lezat Ala Cake & Coffee Shop. Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 5.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: