Rekomendasi Resep MPASI Tepung Beras untuk Bayi Usia 6 Bulan

Tepung beras (sumber: factoryshoponline.co.za)Tepung beras (sumber: factoryshoponline.co.za)

Bagi Anda yang bingung memilih MPASI untuk si kecil, jangan khawatir. Banyak bahan di dapur Anda yang bisa dijadikan MPASI. Salah satu bahan dasar yang baik untuk bayi adalah tepung beras. Cara membuat MPASI dari tepung beras juga tidak sulit, bahkan Anda bisa menambahkan beberapa bahan lain sebagai penambah rasa.

MPASI, atau biasa disebut dengan makanan pendamping ASI, adalah makanan peralihan dari ASI menuju makanan keluarga. Bayi diberi MPASI pada usia 6 hingga 24 bulan. MPASI sendiri selain berfungsi sebagai makanan peralihan, juga untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang semakin meningkat. Nah, dari sekian banyak bahan dapur yang ada, tepung beras merupakan salah satu jenis bahan yang bernutrisi dan mudah diolah menjadi MPASI.[1]

Resep MPASI Tepung Beras Original

  • Sebelum membuat MPASI dari tepung beras, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan dan alatnya. Bahan yang digunakan, yaitu tepung beras segala merk dan jenis, air hangat, dan santan.
  • Untuk tepung beras, Anda bisa menggunakan varian tepung beras putih atau merah. Sementara itu, untuk memperkenalkan rasa tepung beras putih dan merah yang berbeda, Anda bisa membuat MPASI tepung beras merah dan putih secara berselang-seling.
  • Siapkan alat memasak, seperti panci, sendok, spatula, dan mangkuk bayi.
  • Masukkan satu sendok makan tepung beras ke dalam panci dengan air hangat dan aduk hingga rata. Setelah itu, nyalakan api kompor dan aduk hingga mendidih. Hindari menyalakan kompor sebelum tepung larut, karena dapat menyebabkan tepung menggumpal.
  • Tuangkan santan, sekitar 2 hingga 3 sendok teh ke dalam panci sebagai penambah rasa. Setelah adonan sedikit kental dan creamy, tuangkan ke dalam mangkuk sebanyak 2 hingga 3 sendok. Atur kekentalannya dengan menambahkan air dan sajikan.
  • Untuk membuat aroma bubur menjadi lebih menggugah selera, Anda bisa menambahkan daun pandan atau daun jeruk.
Baca juga:  Rangkaian Produk Optimals White Oriflame Untuk Pemutih Tubuh

Selain membuat MPASI tepung beras original tanpa rasa, Anda bisa membuat bubur tepung beras yang lebih berwarna dengan banyak tambahan bahan, seperti berikut.

Resep MPASI Tepung Beras Labu Siam

Bayi mengonsumsi MPASI (sumber: merkbagus.id)

Bayi mengonsumsi MPASI (sumber: merkbagus.id)

  • Siapkan bahan utama, seperti 2 sendok makan tepung beras dan 2 potong labu siam berukuran kecil. Sebagai bahan tambahan, Anda bisa menyiapkan 1 potong tahu, 1 sendok makan daging cincang lembut, 1 siung bawang putih cincang, dan 1 lembar daun salam.
  • Masukkan tepung beras ke dalam panci dengan air secukupnya, lalu aduk hingga tepung larut. Nyalakan kompor dan aduk tepung hingga mengental.
  • Potong-Potong labu siam dan tahu, lalu rebus di panci lain hingga empuk dan tambahkan bawang cincang serta daun salam. Tiriskan dan angin-anginkan semua bahan hingga dingin.
  • Masukkan labu siam, tahu, bawang cincang, dan daging giling yang sudah dingin ke dalam blender. Setelah itu, aduk hingga lembut dan masukkan lagi ke dalam panci. Hal ini karena daging belum dimasak. Setelah cukup kental dan matang, masukkan ke dalam wadah dan campur dengan adonan bubur tepung beras.
  • Masukkan bubur yang sudah jadi ke dalam mangkuk bayi secukupnya, dan sajikan saat masih hangat.
  • Untuk beras yang digunakan, Anda bisa menggunakan jenis beras merah maupun beras putih. Namun, kebanyakan orang lebih suka menggunakan beras putih.
Baca juga:  Nutrilon Produksi Dua Varian Berbeda, Apa Perbedaan Nutribaby Reguler dan Nutribaby Royal?

Dua resep di atas bisa Anda coba di rumah. Anda bisa membuat bubur tersebut secara selang-seling dengan menambahkan berbagai macam sayuran atau buah-buahan, seperti sayur bayam, jagung, tomat, alpukat, pisang, dan lain-lain. Meskipun resep di atas tidak sulit, Anda juga perlu memahami mengapa bubur tepung beras banyak dipilih menjadi MPASI.

Tepung beras memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, seperti karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Kandungan nutrisi yang lengkap tersebut tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil, tetapi juga dapat meningkatkan daya tahan serta menjaga kesehatan anak.

Selain itu, tepung beras juga diperkaya dengan vitamin B yang berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Vitamin ini pun berperan penting dalam metabolisme tubuh, melancarkan peredaran darah, menstabilkan enzim dalam tubuh, serta menambah energi.

Baca juga:  Ciri-Ciri Sindrom Asperger & Autisme Pada Anak Dan Balita

[1] Dewi, Niken Permata. 2013. Karakteristik Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) dari Tepung Beras, Tepung Pisang dan Pisang Masak (Kepok dan Agung) (Skripsi). Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: