Ternyata Gampang, Begini Cara Membuat Minyak Daun Kelor Sendiri

Minyak Daun Kelor - www.medicalnewstoday.comMinyak Daun Kelor - www.medicalnewstoday.com

Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae.Kelor merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat, berumur panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan kondisi panas ekstrem. Tumbuhan ini kerap digunakan sebagai bahan pangan dan obat di Indonesia. Bahkan biji kelor kabarnya dapat dimanfaatkan sebagai penjernih air skala kecil.

Selain itu, kelor kerap diolah menjadi minyak untuk berbagai keperluan pribadi atau industri. Minyak kelor telah lama digunakan sebagai obat tradisional dan topikal sejak zaman kuno. Minyak kelor menyimpan segudang manfaat, mulai dari berperan sebagai agen pembersih dan pelembap untuk kulit maupun rambut, bersifat antiinflamasi, dipercaya mampu meredakan jerawat, bersifat anti-penuaan karena kandungan antioksidan yang tinggi, menyembuhkan luka ringan dan luka bakar, hingga menguatkan rambut. Berikut cara membuat minyak kelor.

Cara Membuat Minyak Daun Kelor

  1. Cabut daun kelor dari batangnya. Kemudian bilas dengan air mengalir sampai bersih agar tidak ada debu atau kotoran yang menempel. Jumlah daun kelor yang Anda gunakan tergantung dari jumlah minyak yang ingin Anda ekstrak.
  2. Saring daun kelor yang telah dicuci bersih tadi dan angin-anginkan sampai kering.
  3. Setelah daun kelor kering, Anda bisa mencincangnya degan pisau supaya ukurannya lebih kecil.
  4. Siapkan sebuah wadah atau mangkok kecil tahan panas. Tambahkan carrier oil seperti grapeseed oil (minyak biji anggur), coconut oil (minyak kelapa), olive oil, atau semacamnya yang bermanfaat untuk Anda. Masukkan potongan daun kelor tadi, aduk sampai rata. Pastikan daun kelor tenggelam seluruhnya dalam minyak.
  5. Panaskan panci, tambahkan sedikit air ke dalamnya untuk digunakan sebagai double boiler.
  6. Sebelum air mendidih, masukkan mangkok berisi carrier oil dan daun kelor tadi di dalamnya. Panaskan dengan metode double boiling.
  7. Setelah air mendidih, aduk minyak kelor tersebut dari waktu ke waktu untuk memastikan minyak telah benar-benar meresap seluruh zat dalam daun kelor. Masak sekitar 40 menit.
  8. Jika minyak sudah berubah warna dan menyerap warna daun kelor, matikan api dan angkat. Biarkan sampai minyak dingin.
  9. Apabila minyak sudah dingin, saring untuk memisahkan minyak dari daun kelor.
  10. Anda dapat menyimpan minyak daun kelor dalam wadah kedap udara dan gunakan kapan saja.[1]
Baca juga:  Asam Salisilat, Pertolongan Ampuh untuk Masalah Jerawat

Selain dari daunnya, minyak kelor juga bisa diperoleh dari bagian biji atau dalam Bahasa Inggris disebut moringa seeds oil. Manfaat minyak biji kelor juga tak kalah banyak. Berikut ulasannya.

Tanaman Daun Kelor - portaljogja.pikiran-rakyat.com

Tanaman Daun Kelor – portaljogja.pikiran-rakyat.com

Cara Membuat Minyak Biji Kelor

  1. Beli atau panen buah kelor yang berwarna coklat, keras, renyah, dan berlubang. Jangan menyertakan biji yang masih berwarna hijau kecuali Anda ingin menggunakannya untuk memasak. Biji yang belum matang tidak akan menghasilkan minyak.
  2. Buang kulit terluar yang berwarna coklat dari biji. Anda dapat melakukannya secara manual atau Anda dapat menggunakan lesung dan alu. Bagaimanapun, cangkang harusnya dapat lepas dengan mudah.
  3. Panggang biji dalam wajan dengan api sedang sampai bagian dalamnya berubah sedikit kecokelatan.
  4. Kulit tipis di sekitar biji tetap terang, meskipun bagian dalam biji sudah gelap dan gosong. Oleh karena itu yang terbaik adalah memotong biji menjadi dua untuk melihat apakah sudah berwarna cokelat keemasan.
  5. Panaskan air dan tuangkan biji kelor ke dalamnya. Didihkan sampai minyaknya naik. Didihkan selama sekitar 20 menit lagi.
  6. Angkat minyak dari atas air mendidih, dan biarkan hingga dingin.
  7. Untuk menghilangkan kandungan air di dalam minyak, masukkan minyak yang sudah didinginkan ke dalam lemari es selama satu jam. Minyak akan menggumpal dan terpisah dari air.
  8. Angkat minyak lagi dari atas, dan biarkan mengendap pada suhu kamar sebelum menuangkannya ke dalam wadah.
Baca juga:  Sederet Merek Parfum Wanita yang Paling Tahan Lama dan Awet Wanginya

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat minyak kelor sendiri di rumah? Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan kelor sebagai superfood atau bahkan diekstrak minyaknya, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk mulai menanam tumbuhan kelor di rumah.

Manfaat Daun Kelor - doktersehat.com

Manfaat Daun Kelor – doktersehat.com

[1] Onyx Food Hill. “Moringa Oil (Miracle oil): How to make moringa hair oil for hair growth & skin | Moringa leaves oil.” Youtube. YouTube, 3 Oktober 2020. Web. 18 November 2020.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: