Tak Perlu Lagi Pakai MSG, Ini Cara Membuat Micin Alami di Rumah

Micin/vetsin/MSG (sumber: cbc.ca)Micin/vetsin/MSG (sumber: cbc.ca)

Sebagian masyarakat Indonesia memang tak bisa dilepaskan dari penggunaan bahan penyedap buatan seperti MSG atau yang kerap disebut micin. Padahal, ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai penyedap alami pada masakan. Penggunaan micin atau bahan penyedap pabrik ini biasanya didasari karena beberapa orang tidak tahu mengenai cara membuat micin alami dan bahan apa saja yang bisa secara otomatis menambah kelezatan suatu hidangan.

Monosodium Glutamat yang biasa disingkat sebagai MSG sudah lama dikenal dan dipakai di Indonesia sebagai “bahan penyedap” masakan. Di Indonesia, MSG lebih dikenal dengan sebutan “vetsin” yang sebenarnya merupakan nama/merk dari salah satu produk bumbu penyedap.

Vetsin begitu terkenal di masyarakat Indonesia, sehingga semua produk MSG dari pabrik-pabrik lain yang muncul belakangan seperti Ajinomoto, Sasa, Miwon, dan lain-lain, disebut juga sebagai vetsin, seolah-olah sudah menjadi nama generik MSG.

Sebagai bahan penyedap masakan, MSG memang mampu menguatkan dan meningkatkan rasa serta aroma bahan makanan pokok yang dimasak, sehingga hasil masakan tersebut terasa lebih enak dan gurih dengan aroma yang lebih menarik. Itu sebabnya, bila suatu saat masakan kita sehari-hari dirasakan kurang enak, kurang gurih, atau aromanya kurang menarik, entah disebabkan oleh resep atau campuran bumbu yang kurang tepat, atau memang kita kurang menguasai seni memasak yang baik, dengan memberi MSG sebagai bahan penyedap ke dalam masakan, kekurangan ini dapat diatasi.

Baca juga:  Referensi Berbagai Cemilan Diet di Indomaret & Alfamart Beserta Harganya
Micin/vetsin/MSG (sumber: phunutoday.vn)

Micin/vetsin/MSG (sumber: phunutoday.vn)

Selain sebagai penyedap masakan, MSG juga mampu menghilangkan rasa tidak enak yang terdapat pada bahan makanan tertentu. Misalnya menghilangkan rasa “langu” pada masakan kentang. Selain itu, MSG juga dapat memadukan berbagai rasa yang terdapat pada masakan sup dan saus.

Di Indonesia, MSG dibuat dengan menggunakan bahan baku dari tetes tebu (molasses) melalui proses peragian atau fermentasi, seperti pada proses pembuatan tape, kecap, cuka, bir, dan sebagainya. Tetes tebu atau molasses ini adalah hasil sampingan dari proses penggilingan tebu di pabrik-pabrik gula putih, yang banyak terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain itu, MSG juga dapat dibuat dari bahan baku lain seperti tapioka (singkong) dan sejenisnya.

Hasil peragian tetes tebu tersebut berbentuk kristal murni dan putih, menyerupai bentuk garam dapur. Kristal MSG ini selain mudah larut dalam air, juga mudah bercampur dengan berbagai jenis bahan makanan.[1]

Baca juga:  Bagaimana Cara Mengupas dan Membuat Tepung Kacang Hijau?

Sebagai pengganti penyedap buatan, kita bisa pakai bahan penyedap alami. Bahan-bahan yang berfungsi sebagai penyedap alami, misalnya terasi, petis, ebi, santan, dan tempoyak. Pemakaian bumbu daun hanya akan menambah aroma pada masakan dan tidak memberi rasa gurih.[2]

Nah, jika Anda ingin mencoba membuat “micin” alami di rumah, caranya sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda dapat mengikuti resep berikut ini!

Resep Penyedap Alami

Ilustrasi: menaburkan penyedap rasa pada masakan (sumber: elle.com)

Ilustrasi: menaburkan penyedap rasa pada masakan (sumber: elle.com)

Bahan Penyedap Alami

  • 1 kg udang segar
  • 1,5 ons bawang merah
  • 1 ons bawang putih
  • 2 sdm (sendok makan) garam krosok
  • 1 sdm gula pasir

Cara Membuat Penyedap Alami

  1. Buang bagian kepala udang, sisakan bagian badan saja. Lalu, cuci bersih dan tiriskan.Goreng udang hingga benar-benar kering.
  2. Kupas bawang merah dan bawang putih, goreng juga hingga matang.
  3. Blender udang goreng bersama bawang merah dan bawang putih yang telah digoreng tadi sampai lembut.
  4. Jika bahan-bahan tersebut sudah halus, goreng lagi tanpa minyak (disangrai). Tambahkan garam krosok dan gula pasir, goreng dengan api kecil hingga terasa ringan dan kering sekitar 45 menit. Kemudian, blender lagi hingga teksturnya benar-benar halus.
  5. Bahan penyedap alami tersebut bisa disimpan dalam toples dengan tutup rapat/kedap udara. Tambahkan sedikit saja pada aneka masakan atau sambal.
Baca juga:  Emotional Eating (Stress Eating), Melampiaskan Stres dengan Makan Berlebihan

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat micin alami sendiri di rumah? Pastikan Anda memiliki blender atau food chopper yang memang bagus untuk menggiling bumbu hingga halus.

[1] Tobing, HAL. 2009. Yang Benar dan Salah Tentang MSG Masak Sehat Dengan Bumbu Penyedap (MSG) (hlm 5-6). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[2] Tim Dapur Demedia. 2012. Aneka Lauk Lezat Tanpa Penyedap (hlm 5). Ayu K, editor. Jakarta: Demedia Pustaka.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: