Info Resep & Cara Membuat Berbagai Macam Mayonaise untuk Burger

MayonesMayones

Bagi penggemar western food tentunya sudah tak asing dengan mayones. Bahan satu ini sekarang banyak dijadikan cocolan untuk kudapan seperti french fries (kentang goreng), gorengan lainnya, hingga sebagai pelengkap atau campuran dalam salad, sandwich, maupun burger. Selain membeli dalam wujud kemasan yang sudah jadi, mayonaise juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan dan cara-cara yang mudah.

Tentang Mayones

Mayonaise adalah saus berwarna putih yang sebenarnya bukan asli dari Indonesia tetapi kini sudah banyak dijumpai sebagai kondimen makanan Indonesia (Gardjito, 2013). Lebih lanjut dalam Wikipedia dijelaskan bahwa mayones atau mayonais (mayonnaise) adalah salah satu jenis saus yang dibuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam, dan cuka. Mayones umumnya digunakan sebagai perasa pada makanan seperti selada atau sandwich. Mayones ada yang hanya menggunakan kuning telur saja atau menggunakan sari buah lemon atau mustard sebagai perasa.

Resep Mayonaise Homemade

Mayones Tanpa Telur

Cara membuat mayo tanpa telur sangat mudah. Mayo tanpa telur bisa menjadi solusi aman menikmati berbagai kudapan bagi Anda yang alergi telur atau mungkin seorang vegan. Yang pertama bisa Anda lakukan adalah mencampurkan 3 sdm (sendok makan) air perasan jeruk lemon dan 2 cangkir susu kedelai. Biarkan selama beberapa saat. Lalu tambahkan 1/4 sdt (sendok teh) garam, 1/4 sdt bubuk paprika, dan 1/4 sdt mustard. Aduk lagi campuran tersebut hingga merata.

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan minyak zaitun secara perlahan dan aduk terus adonan mayonnaise sampai tercampur dan teksturnya mengental. Jika sudah selesai, Anda dapat memindahkan mayones pada wadah kedap udara dan simpan dalam kulkas sampai teksturnya berubah menjadi kaku.

Aneka macam mayones (sumber: dietdoctor.com)

Aneka macam mayones (sumber: dietdoctor.com)

Mayones Tanpa Mustard

Siapa bilang membuat mayones sendiri itu merepotkan dan bahan-bahannya terlalu sulit dicari? Anda tetap bisa membuat mayones tanpa mustard dengan rasa yang tak kalah enak.

Bahan-Bahan:

Baca juga:  Setelah Ombre, Kini Muncul Tren Warna Rambut Baru Motif Kotak-Kotak!

 

  • 1 butir telur ayam
  • 250 ml minyak sayur
  • 2 sdt air jeruk nipis
  • 1 sdt cuka putih
  • Garam secukupnya

 

Cara Membuat:

Pecahkan telur dalam mangkuk yang agak tinggi, lalu campurkan air jeruk nipis, cuka, dan garam ke dalamnya. Masukkan juga minyak sayur, lalu kocok dengan mixer atau alat kocok manual hingga mayones berubah warna jadi putih dan cukup kental. Simpan mayones buatan Anda itu dalam wadah tertutup dan letakkan dalam kulkas agar lebih awet.

Mayones Pedas

Bahan-Bahan:

  • 250 gram mayones original (bisa dengan resep yang telah dijelaskan sebelumnya)
  • 6 sdm saus sambal atau sesuai selera
  • 3,5 sendok makan susu kental manis (opsional)
  • 3,5 sendok teh saos tomat
  • 3,5 sendok teh air jeruk nipis atau jeruk lemon
  • Gula dan garam bubuk secukupnya
Mayones pedas (sumber: Pinterest)

Mayones pedas (sumber: Pinterest)

Cara Membuat:

Baca juga:  Menjaga Dari Kerusakan, Berikut Ini Perawatan Produk Kerajinan Dari Bahan Lunak

Anda tinggal menyiapkan mayones rasa original dalam sebuah wadah, kemudian masukkan semua bahan yang telah disebutkan ke dalamnya. Aduk rata, kemudian tambahkan gula dan garam bubuk sesuai selera. Aduk lagi sampai tercampur dan mayonis pedas pun siap dikombinasikan dengan roti sandwich atau burger yang lezat.

Mayones dengan Mustard & Margarin

Bahan-Bahan:

  • 1 sdm mustard
  • 300 ml susu
  • 30 gr tepung maizena
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 3 sdm air jeruk nipis
  • 1/2 sdt merica
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

Rebus susu, campurkan dengan tepung maizena sambil terus diaduk. Jika sudah mengental, masukkan kuning telur dan aduk hingga rata, angkat, lalu dinginkan. Jika sudah dingin, Anda dapat mencampurkan margarine, mustard, air jeruk nipis, penyedap rasa, merica, dan garam. Kocok dengan mixer kecepatan rendah, lalu angkat. Mayones pun siap digunakan.

Anda bisa mencoba sendiri resep mayones mana yang kira-kira paling sesuai dengan kebutuhan dan juga selera Anda bersama keluarga. Apabila Anda merasa kerepotan atau tak punya banyak waktu untuk membuat mayones sendiri di rumah, Anda juga bisa membeli mayones kemasan yang sudah jadi di minimarket atau pusat-pusat perbelanjaan. Saat ini sudah banyak mayones kemasan sachet, jar, atau bahkan botol yang dibanderol dengan harga murah di pasaran.

Referensi:

Baca juga:  Resep dan Cara Memasak Rumput Laut Kering Jadi Hidangan yang Lezat

Gardjito, Murdijati. 2013. Bumbu, Penyedap, Dan Penyerta Masakan Indonesia. Hardiman I, editor. Jakarta (ID): PT Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: