Cara Membuat Masker Bengkoang di Rumah

Wanita Menggunakan Masker - (Sumber: grid.id)Wanita Menggunakan Masker - (Sumber: grid.id)

Jika Anda ditanya mengenai manfaat bengkoang, mungkin sebagian besar akan menyebutkan jika  bengkoang bagus untuk kesehatan kulit karena dipercaya dapat membuat kulit menjadi cerah alami.

Bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit.

Bengkoang memang sudah lama dikenal sebagai bahan dasar masker yang sering digunakan kaum hawa sejak dulu. Berikut adalah cara membuat masker bengkoang di rumah.

Wanita Menggunakan Masker - (Sumber: grid.id)

Wanita Menggunakan Masker – (Sumber: grid.id)

Langkah Pembuatan:

  • Siapkan bengkoang yang memiliki ukuran cukup besar/sedang
  • Kupas bersih kulit bengkoang tersebut
  • Cuci bengkoang tersebut
  • Potonglah bengkoang menjadi beberapa bagian
  • Setelah itu parut bengkoang tersebut
  • Peraslah air yang terdapat pada bengkoang yang sudah di parut
  • Diamkan perasan air bengkoang tersebut sampai terbentuk endapan putih
  • Pisahkanlah air perasan tersebut dengan gumpalan tepung yang berada di dasar
  • Gumpalan tepung tersebut adalah yang akan menjadi masker bengkoang

Cara Pemakaian Masker Bengkoang

  1. Cara pemakaian masker bengkoang tersebut adalah dengan mengoleskan gumpalan tepung yang tadi mengendap pada bagian bawah ke bagian muka Anda, kemudian ratakan di seluruh wajah.
  2. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit, kurang lebih sekitar 10-15 menit.
  3. Jika sudah kering, bilas wajah Anda menggunakan air hangat, dilanjutkan dengan air dingin yang berguna untuk menutup pori-pori anda. Setelah itu keringkan wajah Anda dengan selembar lap yang halus.

Selain itu, bengkoang juga dapat dicampurkan dengan bahan alami lain seperti jeruk nipis, madu bahkan putih telur. Anda juga dapat mencampurnya dengan minyak zaitun. Untuk membuatnya, dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kupas bengkoang, peras, dan endapkan airnya semalam.
  2. Ambil endapan tersebut lalu campur dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Aduk masker tersebut sampai berbentuk seperti krim.
  3. Langkah selanjutnya bersihkan wajah terlebih dahulu agar kotoran tidak menghambat penyerapan.
  4. Lalu oleskan secara merata masker tersebut ke seluruh bagian kulit wajah.
  5. Agar meresap secara sempurna diamkan selama 1 jam.
  6. Setelah agak terasa kaku, bilas masker tersebut dengan air dingin.

Langkah-langkah di atas adalah yang harus dilakukan apabila Anda ingin membuat masker dari buah bengkoangnya langsung. Jika Anda termasuk orang yang suka segala sesuatu yang praktis, atau tidak memiliki banyak waktu kalau harus membuat masker bengkoang sendiri, sekarang sudah banyak produk masker bengkoang yang dikemas dalam bentuk sachet atau tube.

Salah satu produk masker bengkoang yang cukup dikenal di kalangan perempuan adalah masker bengkoang keluaran Mustika Ratu. Produk ini termasuk praktis cara penggunaan nya.

Untuk harga Mustika Ratu Masker Bengkoang Tube 125gr dijual seharga Rp 21.900. Sedangkan untuk kemasan sachet 15gr dijual harga Rp 8.000. Masker bengkoang tersebut dapat Anda temukan dan beli dengan mudah di toko-toko, bisa juga dibeli melalui online.

Jika Anda ingin mencoba menggunakan masker tersebut, berikut alat dan bahan serta langkah pembuatannya.

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan masker. Anda dapat menggunakan mangkuk kecil, atau anda mempunyai tempat khusus untuk adonan masker lebih disarankan.
  2. Tuangkan bubuk masker ke dalam wadah tersebut. Kalau masker berbentuk sachet, Anda dapat menuangkannya sesuai kebutuhan. Jika dirasa cukup, kemudian tambahkan air. Air yang digunakan dapat air biasa, air kran, air hangat, atau air putih. Tetapi lebih disarankan air mawar untuk hasil yang lebih maksimal.
  3. Setelah itu aduk sampai masker itu berupa pasta. Tidak terlalu cair, juga tidak terlalu encer.
  4. Oleskan pada wajah anda. Hindari area mata dan mulut. Karena area ini tergolong sensitif.
  5. Diamkan sekitar 10-15 menit sampai produk ini meresap.
  6. Kemudian bilas dengan air hangat, atau dengan kain yang sudah direndam air.

Dengan menggunakan produk masker bengkoang dalam bentuk tube lebih mudah lagi, karena anda tidak perlu memakai air mawar. Anda hanya perlu mengeluarkan isi produk tersebut lalu anda oleskan pada wajah anda. Diamkan 10-15 menit, kemudian bilas.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda sebaiknya melakukan tips-tips di atas secara rutin. Tidak perlu melakukan semua tips yang diberikan, Anda bisa menggunakan salah satunya saja. Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil yang didapat maksimal, antara lain:

  • Jangan menggunakan masker sebelum wajah bersih dari kotoran, sisa keringat, dan debu. Sebab kandungan masker tidak akan meresap secara optimal.
  • Hindari menggosok wajah secara berlebihan, karena akan membuat wajah Anda mengalami iritasi dan bahkan peradangan.
  • Proses pengeringan tidak perlu menggunakan handuk, cukup dengan membiarkannya kering secara alami saja.
  • Penggunaan masker bengkoang yang baik setelah mandi secara rutin minimal 2 kali sehari.

Bengkoang berasal dari Amerika tropis termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Orang Jawa menyebutnya sebagai besusu (/bəsusu/).

Tumbuhan tersebut merupakan liana tahunan yang dapat mencapai panjang 4-5m, sedangkan akarnya dapat mencapai 2m. Batangnya menjalar dan membelit, dengan rambut-rambut halus yang mengarah.

Daun majemuk pada umbi tersebut berbentuk menyirip beranak daun 3; bertangkai 8,5-16 cm; anak daun bundar telur melebar, dengan ujung runcing dan bergigi besar, berambut di kedua belah sisinya; anak daun ujung paling besar, bentuk belah ketupat, 7-21 × 6–20 cm ke bawah.

Bunga bengkoang berkumpul dalam tandan di ujung atau di ketiak daun, sendiri atau berkelompok 2-4 tandan, panjang hingga 60 cm, berambut coklat. Tabung kelopak bentuk lonceng, kecoklatan, panjang sekitar 0,5 cm, bertaju hingga 0,5 cm.

Selain itu, juga terdapat mahkota putih ungu kebiru-biruan, gundul, panjang lk. 2 cm. Tangkai sari pipih, dengan ujung sedikit menggulung; kepala putik bentuk bola, di bawah ujung tangkai putik, tangkai putik di bawah kepala putik berjanggut. Buah polong bentuk garis, pipih, panjang 8–13 cm, berambut, berbiji 4-9 butir.

Kandungan dalam bengkoang yaitu umbinya mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium. Umbi ini juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90%. Rasa manis berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin (bukan insulin), yang tidak bisa dicerna tubuh manusia.

Buah Bengkoang Sebagai Bahan Masker - (Sumber: glutawhiteplus.com)

Buah Bengkoang Sebagai Bahan Masker – (Sumber: glutawhiteplus.com)

Walaupun umbinya dapat dimakan, bagian bengkuang yang lain sangat beracun karena mengandung rotenon, sama seperti tuba. Namun hal ini dapat diatasi dengan meminum air kelapa hijau. Bengkuang konon dapat digunakan untuk memperlancar buang air besar karena ia mengandung serat yang lebih tinggi daripada mangga.

Manfaat bengkoang antara lain:

  • Karena rasa manis berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin (bukan insulin), yang tidak bisa dicerna tubuh manusia. Sifat ini berguna bagi penderita diabetes atau orang yang berdiet rendah kalori.
  • Walaupun umbinya dapat dimakan, bagian bengkuang yang lain sangat beracun karena mengandung rotenon, sama seperti tuba. Racun ini sering dipakai untuk membunuh serangga atau menangkap ikan, terutama yang diambil dari biji-bijinya.
  • Meski beracun, biji bengkuang pun dapat dijadikan bahan obat. Biji yang ditumbuk dan dicampur dengan belerang digunakan untuk menyembuhkan sejenis kudis. Sementara, di Jawa Tengah, setengah butir biji bengkuang dapat digunakan sebagai obat urus-urus.
  • Mengobati sariawan. Biasanya jika yang disarankan hanyalah jeruk, namun ternyata bengkoang mengandung vitamin C cukup tinggi dan bisa mengobati sariawan anda. untuk mengobati sariawan secara langsung, buat jus bengkoang  kemudian kumur-kumur di mulut lalu buang, atau meminumnya perlahan agar jus tersebut terkena sariawan yang dimaksud.
  • Menjaga kesehatan wanita usia lanjut. Wanita usia lanjut akan mengalami menopause yang menyebabkan tubuh tidak lagi berpenampilan menarik atau lebih cerah dan juga segar. Hal ini bisa dibantu oleh bengkoang yang mengandung esterogen yang bisa membantu wanita usia lanjut terlihat lebih cerah dan juga menarik. Konsumsi umbinya atau dalam bentuk jus setiap 2 hari sekali atau satu minggu 3 kali.
  • Mengurangi penyakit maag. Maag bisa disebabkan karena tingginya asam lambung. Dengan begitu konsumsi saja bengkoang yang diklaim merupakan buah yang dingin dan juga mengandung alkali. Dengan begitu, bengkoang bisa membantu menurunkan produksi gas dalam lambung dan juga asam lambung.
  • Membuat kulit lebih sehat. Seperti yang dikatakan tadi, bahwa bengkoang mengandung vitamin C dan B yang berguna untuk kulit. Bengkoang akan menyebabkan kulit lebih sehat dan terawat. Serta membuang kulit mati. Parut bengkoang kemudian tempelkan pada wajah dan kulit, setelah itu diamkan selama 30 menit dan bilas. Bengkoang juga sering digunakan sebagai campuran bahan perawatan tubuh wanita.
  • Mendinginkan kulit. Jika sehabis keluar dari ruangan, sinar matahari menerpa kulit dan menyebabkan kulit panas hingga timbul kemerahan. Jika begitu, gunakan saja buah bengkoang. Iris dan tempelkan pada kulit yang memerah. Karena bengkoang mengandung alkali, maka bengkoang akan terasa dingin. Lebih bagus jika ditaruh pada lemari es.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bengkuang mengandung fitonutrien yang ternyata berguna untuk tubuh. Nutrien ini yang terkandung bisa memberikan nutrisi pada tubuh dan meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga akan menyebabkan tubuh terhindar dari virus atau bakteri. Konsumsi buah bengkoang rutin selama seminggu satu atau dua kali untuk menyehatkan tubuh.
  • Mencegah penuaan dini. Karena bengkoang mengandung vitamin C, maka dapat membantu mengatasi masalah penuaan dini, dengan cara digunakan sebagai masker.
  • Melancarkan pencernaan
  • Mengobati batu ginjal
  • Mengobati penderita beri-beri. Beri-beri merupakan penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin B1. Bengkoang mengandung vitamin B1 yang cukup banyak.
  • Mencegah asma. Bengkoang mengandung magnesium sebesar 3% dari buah tersebut. nyatanya, magnesium dapat meringankan penderita asma. Pasien asma kronis mungkin dapat menormalkan napas mereka dengan bantuan suplemen magnesium, yang membantu dalam relaksasi otot-otot bronkus dan menormalkan pernapasan.
  • Menjaga pigmen tubuh
  • Mencegah timbulnya jerawat. Sama halnya seperti lemon atau alpukat, selain mengandung vitamin C, buah bengkoang mengandung bahan yang dinamakan Niacin yang bisa membersihkan jerawat karena bersifat antibakteri.

Bengkoang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga bagi kecantikan. Umbi ini sudah lama dikenal sebagai bahan dasar berbagai produk kecantikan, yang bertujuan untuk memutihkan, mencerahkan kulit, baik wajah maupun tubuh.

Sebagai salah satu bahan dasar dari masker, bengkoang dapat dibuat langsung dari buahnya, atau Anda membeli produk masker yang sudah jadi di toko terdekat, bisa berupa masker bubuk atau pasta.

Untuk cara pemakaian masker sudah dijelaskan di atas, tetapi untuk hasil yang didapat, bisa saja berbeda pada setiap orang. Hal ini disebabkan karena kondisi dan jenis kulit orang yang berbeda pula.

Selain menggunakan bengkoang, dalam membuat kulit tampak lebih cerah, mungkin Anda juga dapat memberikan perlindungan terhadap kulit dengan menggunakan produk yang mengandung SPF. Kandungan ini dipercaya dapat mencegah dampak buruk dari sinar UV.

Anda juga dapat menggunakan lulur bengkoang, atau lulur lain, setelah beraktivitas di luar. Tindakan ini disarankan khususnya bagi Anda yang banyak menghabiskan waktu di lapangan/yang sering terkena sinar matahari.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: