Cara Membuat Masker Belerang Sendiri dan Manfaatnya

Ilustrasi: wanita memakai masker (sumber: healthline.com)Ilustrasi: wanita memakai masker (sumber: healthline.com)

Sudah ada banyak produk masker kulit wajah yang diklaim memiliki banyak manfaat. Salah satu yang populer dan diminati banyak remaja saat ini, yaitu masker belerang. Meskipun begitu, masker belerang di pasaran harganya tidak murah. Sebagai solusi hemat, Anda bisa membuat masker belerang sendiri, dengan cara yang mudah dan sederhana.

Belerang atau sulfur sendiri merupakan salah satu unsur non-logam yang bisa ditemukan dengan mudah di alam. Belerang adalah bagian dari asam amino metionin yang penting untuk kehidupan manusia.[1] Penggunaan belerang tidak hanya sebagai obat, tetapi juga bisa digunakan untuk bahan campuran dalam kosmetik dan skincare seperti masker.

Manfaat Masker Belerang

Masker belerang dipercaya memiliki banyak manfaat, terutama bagi kulit yang bermasalah. Hal ini karena, pada dasarnya sulfur memang digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Bahkan, beberapa produk sabun mandi maupun sabun wajah menggunakan campuran sulfur. Pada kulit tubuh, belerang dapat menyembuhkan penyakit kulit, seperti gatal-gatal, ruam, kadas, kurap, eksim, dan infeksi.

Sementara, untuk kulit wajah, Anda bisa memakai belerang sebagai obat jerawat. Belerang yang merupakan bagian dari asam amino metionin dapat meredakan jerawat pada kulit, serta membersihkan komedo di kulit.[2] Sulfur yang juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi dapat membuat bakteri penyebab jerawat serta kuman di kulit menjadi bersih.

Baca juga:  Treatment Dermapen di Rumah, Ini Pengalaman Sejumlah Wanita
Ilustrasi: memakai masker belerang (sumber: verywellhealth.com)

Ilustrasi: memakai masker belerang (sumber: verywellhealth.com)

Selain dapat mengatasi permasalahan jerawat dan komedo, sulfur juga diklaim bisa digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat dan flek hitam di wajah. Belerang akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah dan menyisakan sel kulit yang baru tanpa noda.

Karena sel-sel kulit dapat beregenerasi dengan baik, memakai masker belerang dikatakan dapat membuat Anda menjadi awet muda. Kulit wajah akan terhindar dari keriput serta garis-garis halus di sekitar mata dan bibir. Bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin mencoba mengaplikasikan masker belerang, berikut cara mudah dan praktis untuk membuat masker belerang.

Cara Membuat Masker Belerang

Sebelum Anda membuat masker belerang, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Siapkan peralatan berupa mangkuk plastik, sendok, dan kuas masker. Siapkan juga bahan pembuatan masker, seperti bubuk belerang dan air secukupnya. Untuk bubuk belerang, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

Belilah bubuk sulfur yang memang aman untuk digunakan sebagai bahan campuran masker. Biasanya, bubuk belerang tersebut berwarna keabu-abuan, sedangkan belerang dengan warna kuning atau cokelat biasanya digunakan sebagai obat atau campuran bahan kimia. Anda bisa membelinya di situs jual beli online.

Bubuk belerang/sulfur (sumber: hollowayag.com)

Bubuk belerang/sulfur (sumber: hollowayag.com)

Ambil 2 sendok makan bubuk belerang, atau Anda bisa memperkirakannya sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu masukkan ke dalam mangkuk. Tuangkan sedikit air dan aduk masker dengan kuas hingga menjadi pasta. Masker belerang sederhana ini bisa digunakan setiap 3 hari sekali sebagai obat jerawat, dan seminggu sekali sebagai perawatan kulit.

Baca juga:  Kesal Dengan Benjolan Kecil di Bawah Mata? Oleskan Produk Krim Retinol untuk Milia

Cara mengaplikasikan masker belerang juga tidak sulit. Anda hanya perlu mengoleskan pasta pada permukaan kulit wajah. Biarkan masker menempel pada muka Anda selama 10 menit hingga 15 menit, atau hingga masker sedikit mulai kering. Bilas dengan air dan sabun wajah hingga bersih, dan keringkan kulit wajah dengan handuk.

Selain menggunakan campuran air, Anda bisa mencampur berbagai macam bahan alami ke dalam masker belerang. Campurkan jenis-jenis bahan alami, seperti air mawar, madu, minyak zaitun, dan minyak kelapa. Pilihlah salah satu bahan tersebut sebagai campuran masker belerang dengan perbandingan antara sulfur dan bahan alami sebanyak 2:1.

Setiap bahan campuran tentu memiliki kandungan yang berbeda, dengan manfaat yang berbeda pula. Misalnya, masker belerang dan madu yang memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat sekaligus menutrisi kulit dan melembapkan kulit. Masker ini cocok bagi Anda yang memiliki kondisi kulit kering berjerawat.

Baca juga:  Perawatan Kulit Saat Usia Dewasa

Campuran minyak zaitun dan belerang yang digunakan sebagai masker juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Selain dapat menghilangkan noda bekas jerawat, masker ini memiliki kegunaan untuk mencerahkan kulit dan memperbaiki kulit yang rusak. Hal ini karena minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk menyembuhkan kulit.

[1] Siregar, Sepridawati & Nora Idiawati Siregar. 2016. Analisis dan Pemanfaatan Unsur Belerang dan Salinitas Lumpur Bledug Kuwu di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Jurnal POSITRON Jawa Tengah, Vol. 6(1): 40-42.

[2] Puspitasari, Majestha Rouli & Puguh Riyanto. Pengaruh Pemakaian Sabun Sulfur terhadap Jumlah Lesi Akne Vulgaris: Penelitian Klinis pada Mahasiswi Penderita Akne Vulgaris yang Diberi Terapi Standar Tretinoin 0,25% + TSF 15. Jurnal Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, Vol. 5(4): 1243-1250.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: